10 Air Terjun di Malang Dengan Pemandangan Paling Indah

Beberapa tahun belakangan ini, Malang disorot sebagai salah satu kota wisata paling diminati wisatawan dari seluruh Indonesia. Bahkan tidak sedikit turis asing yang sudah pernah mencicipi serunya liburan di kota sejuk ini. Selain pantai dan gunung, Malang memiliki banyak air terjun. Berikut ini ada daftar 10 air terjun di Malang yang punya pemandangan sekitar paling cantik dan menakjubkan. Kalau kamu yang sedang mencari destinasi wisata alam yang bisa bikin liburan jadi seru dan menyehatkan, kunjungi saja beberapa air terjun di Kota Malang berikut ini.

1. Coban Tumpak Sewu

Coban Tumpak Sewu

Di perbatasan Malang-Lumajang terdapat sebuah air terjun yang sangat terkenal. Namanya Coban Tumpak Sewu. Coban dalam bahasa Jawa berarti air terjun dan sewu berarti seribu. Seperti nama yang disematkan, air terjun yang lokasinya berada di Tamanayu, Pronojiwo ini memiliki beberapa air terjun sekaligus di sekitarnya. Ketinggiannya mencapai 180 meter dengan airnya yang deras membuat air terjun ini mirip sekali dengan air terjun Niagara. Selain kecantikan air terjun dan alam sekitarnya, kamu bakal dimanjakan dengan kualitas airnya yang jernih, sejuk lagi menjernihkan. Cocok banget buat kamu yang pengen cari tempat refreshing murah dan asyik.

2. Coban Rondo

Coban berarti air terjun. Di Malang kamu akan menemukan banyak coban-coban. Nah salah satu coban atau air terjun paling eksotis di Malang selanjutnya bernama Coban Rondo. Rondo berarti janda. Dinamakan Coban Rondo, karena air terjun ini menyimpan kisah pilu seorang janda yang suaminya dibunuh oleh Joko Lelono, karena ingin memiliki cintanya. Pilu, deh ceritanya. Namun suasana sekarang tidak sepilu itu kok. Bahkan cenderung ceria, karena banyak sekali wisatawan yang berlibur ke sini, terutama pas weekend dan hari libur nasional.

Selain menawarkan pemandangan alam yang cantik menggigit, ada banyak fasilitas pendukung, termasuk wahana-wahana seru, dari mulai rafting, panahan, hingga labirin. Kamu bakal bisa seru-seruan seharian di sini. Kalau capek atau lapar, kamu tidak usah khawatir, karena di sekitar spot wisata ini mudah ditemukan jajanan khas Malang yang pastinya enak dan bikin kenyang. So, jika kamu butuh referensi tempat wisata alam paling menarik di Malang, salah satunya datang aja ke Coban Rondo yang beralamat di Desa Pandensari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang ini.

Baca Juga : 10 Kuliner Lezat Khas Kota Malang

3. Coban Ciblungan

Kamu pecinta slow speed photography? Jika iya, Coban Ciblungan yang terletak di Ampelgading, Malang sangat recommended buat kamu datengin. Selain memiliki air terjun yang airnya meluncur deras ke sungai yang tingkat kedalamannya tidak terlalu dalam, hijau-hijauan yang sejuk nan mendamaikan, Coban Ciblungan juga dikelilingi oleh banyak batu-batu besar yang pas buat background spot foto kamu. Selain untuk refreshing, air terjun ini juga cocok buat foto pre wedding lho.

Tidak hanya itu, fasilitas penunjang di Coban Ciblungan juga cukup memadai, sehingga kamu bisa liburan nyaman di sini. Setelah puas mainan air, kamu bisa ganti baju di ruang ganti atau kamar mandi yang lokasinya berada dekat dengan rumah penduduk. Penduduk sekitar air terjun ini sangat ramah. Kamu juga bisa menikmati wisata budaya di sini yang masyarakat sekitarnya merupakan para petani cengkeh dan kopi. Wisata alam dapet, wisata budaya dapet dan bisa nambah pengalaman hidup nih.

4. Coban Rais

Kamu termasuk pecinta wisata alam air terjun, tapi sering malas ke lokasi karena jauh dari kota? Tenang, kamu bisa datang ke Coban Rais. Air terjun yang berada di Dusun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Kota Wisata Batu ini mudah dijangkau dan dekat dengan Kota Batu. Kalau lagi trip ke Kota Batu, jangan lewatkan menikmati pesona air terjun yang memiliki ketinggian 80 meter. Saking tingginya, Coban Rais menjadi air terjun paling tinggi di Kawasan Malang Timur. Eh, kamu bisa lho mencoba spot foto terbaru di taman dengan bunga-bunga cantik dan ayunan ekstrem.

5. Coban Talun

Nggak salah banget kalau kamu nyari air terjun di Malang yang cantik dan mengagumkan lalu jatuhnya pada Coban Talun ini. Keindahan air terjunnya bakal bikin kamu terpana saking cantiknya. Karena cantik, maka kamu bisa ambil angle foto dari mana saja. Bahkan air terjun ini juga bisa menghasilkan foto seperti di wallpaper komputer lho. Kamu yang hobi fotografi, wajib datang ke sini.

Air terjun yang terletak di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini memiliki batu-batu cadas di sekitar air terjun yang tebingnya begitu hijau. Jadi pas banget buat menyegarkan mata, pikiran dan hati. Kamu juga bisa lho melihat pelangi kalau sedang beruntung.

6. Coban Jahe

Air terjun ini memiliki nama yang unik. Kamu pasti membayangkan kalau di Coban Jahe terdapat banyak tanaman jahe. Eits, anggapan itu salah. Tidak ada satupun tanaman jahe di sekitar air terjun ini. Lalu, mengapa air terjun ini dinamakan jahe? Nama jahe sendiri berasal dari TNI yang ‘pejahe’ atau meninggal di kawasan tersebut pada saat masa penjajahan.

Terlepas dari sejarah namanya, air terjun yang berada di Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung ini memang layak masuk list liburan kamu ke Malang. Itu karena pemandangannya yang masih alami, segar dan bersih. Terdapat kolam dangkal yang sangat asyik buat spot main air dan basah-basahan. Kalau kamu ke sini, jangan lupa bawa baju ganti. Kamu bisa main air sepuasnya di sini.

7. Banyu Anjlok

Mau lihat air terjun yang menyatu dengan pantai? Datang saja ke Dampit, Desa Tritoyudo, Malang. Di sini kamu bakal menemukan air terjun Banyu Anjlok. Ketinggiannya tidak terlalu tinggi seperti air terjun pada umumnya, namun air terjun ini tetap terlihat unik dan menarik. Terutama pada musim penghujan, debit air terjun ini akan melimpah, sehingga menciptakan pemandangan yang seru. Ditambah dengan airnya langsung jatuh ke pantai kemudian mengalir ke laut sehingga menyajikan pemandangan yang sangat unik.

8. Coban Glotak

Menikmati pemandangan alam di pedalaman memberikan kesan tersendiri. Suasana yang masih sangat asri, sejuk, segar, alami dan sehat pastinya bikin betah. Jika kamu ngaku pecinta alam sejati, pasti tertarik menaklukan Coban Glotak yang berlokasi di pedalaman Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir atau di lereng Gunung Kawi. Meskipun tersembunyi di pedalaman, namun lokasi air terjun ini tidak terlalu jauh dari Kota Malang, yaitu hanya berjarak sekitar 15 kilometer saja. Kalau berniat ke sini, jangan lupa siapkan fisik yang prima, karena kamu bakal melewati medan yang berat.

9. Coban 7 Tumpang

Satu air terjun saja sudah bikin takjub, bagaimana jika air terjun sebanyak 7 sekaligus dalam satu tempat? Tentu itu bakal jadi pemandangan yang sangat indah, seperti Coban 7 Tumpang yang berada di Duwet Krajan, Tumpang, Malang. Air terjun ini menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis dengan 7 aliran yang bersumber dari 1 mata air. Sebelum sampai ke Coban 7 Tumpang, kamu bakal disuguhi Coban Tunggal yang memiliki debit air yang besar dan deras. Jadi, kamu bisa menikmati 2 air terjun dalam satu perjalanan. Wah, bisa puas-puasin menikmati pesona alam dan lebih dekat dengan kedamaian nih.

10. Grojokan Sewu

Tidak hanya di Solo saja yang punya Grojokan Sewu, tapi di Malang juga ada lho. Jika Grojokan Sewu Solo tempatnya cukup jauh dari keramaian, Grojokan Sewu yang ini lokasinya mudah dijangkau. Lokasinya berada tepat di sisi kiri Jalan Raya Malang-Kediri atau sekitar 35 kilometer dari Kota Malang atau tepatnya di Desa Bendoasri, Kecamatan Pujon. Dalam perjalanan menuju salah satu air terjun cantik di Malang ini, kamu bakal melintasi jembatan yang membentang di atas Sungai Konto. Selain wisata alam, di sini kamu bisa berwisata budaya. Terutama mengenal adat, karena di dekat air terjun ini terdapat bangunan untuk ritual sembahyang masyarakat sekitar.

Baca Juga : 10 Pantai Di Malang Dengan Pemandangan Menakjubkan

Refreshing ke alam memang ampuh banget buat usir segala jenis stress dan kepenatan hidup. Apalagi jika refreshingnya ke air terjun di Malang yang punya pesona alam yang luar biasa indah. Bahkan kamu bisa refreshing ke air terjun dan pantai sekaligus, lho. Jadi, kalau ke Malang, sempatkan diri buat menikmati liburan ke air terjun recommended di atas. Nggak bakal nyesel deh.