5 Arti Mimpi Ini Sering Jadi Kenyataan, Benarkah Demikian ?

Banyak orang yang penasaran dengan arti mimpi yang mereka alami semalam. Mungkin kamu termasuk salah satunya. Wajar saja sih, karena sebagian besar mimpi itu emang bikin penasaran. Apalagi kalau mimpi yang kamu alami terasa nyata seolah benar-benar sedang kamu alami. Misalnya, pernah nggak sih kamu mimpi dikejar-kejar sesuatu sampai kamu ketakutan dan bangun-bangun keringat membanjiri seluruh tubuh? Ternyata mimpi seperti ini bisa dijelaskan secara psikologis, lho!

Kebanyakan, arti mimpi itu dikaitkan dengan mitos-mitos atau hal-hal yang belum tentu nyata. Dalam hal ini, tentu kita perlu bijak dalam menafsirkan mimpi. Jangan sampai salah tafsir. Apalagi jika tafsiran tersebut buruk, sehingga mempengaruhi jiwa atau psikolois kamu. Jangan lah, ya!

Arti mimpi yang bisa dijelaskan secara psikologis berikut ini tidak akan sampai membuat kamu sedih, down, merasa ketakutan atau hal-hal yang dapat berakibat buruk bagi kejiwaan kamu. Penasaran seperti apa mimpi-mimpi yang bisa dijelaskan secara psikologis tersebut? Ini dia!

Tidur - Ilustrasi
Tidur – Ilustrasi

Mimpi terjatuh

Kamu pernah mimpi terjatuh? Pasti pernah, kan? Bahkan tidak jarang ada kasus orang mimpi terjatuh yang tiba-tiba terbawa ke alam nyata. Artinya mimpi jatuh, tapi badan pun ikut jatuh dari ranjang. Kan sakit! Ternyata menurut psikologis, arti mimpi terjatuh menunjukkan bahwa barangkali kamu terlalu fokus dan serius dalam menanggapi sesuatu hal. Entah itu skripsi, ujian seleksi CPNS, atau yang lainnya.

Beralasan juga kenapa mimpi jatuh bermakna bahwa kamu sedang memikirkan sesuatu yang membuat kamu begitu fokus sampai lupa waktu. Sehingga hal tersebut terbawa sampai tidur dan muncullah mimpi ini, akibat dari otak dan jiwa yang merasa kelelahan. Selain itu, arti mimpi seperti ini juga dapat dijelaskan secara nyata, misal saat kamu merasa lelah atau mengantuk, tetapi masih saja berkutat pada pekerjaan, alhasil kamu mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan, seperti terpeleset, terjatuh, dan lain sebagainya. Pernah mengalaminya?

Sebenarnya, kamu bisa mencegah untuk tidak mimpi terjatuh. Caranya adalah dengan bersantai sejenak. Fokus boleh dan itu perlu, tapi jangan terlalu berlebihan. Tubuh dan pikiran juga butuh istirahat. Jadi, kamu bersantailah sejenak. Jangan terlalu fokus dan seolah terlalu kuat memegang kendali tersebut. Biarkan apa yang kamu pikirkan berjalan seperti apa adanya, sebagaimana kehendak Tuhan. Namun hal ini bukan berarti kamu harus bersikap pasrah. Bukan! Kamu cukup berjuang dan berusaha semaksimal mungkin dan percaya pada kemampuan kamu sendiri. Selebihnya, biarkan Tuhan yang bekerja melalui kuasaNya. Setuju?

Mimpi dikejar-kejar sesuatu yang menakutkan

Mimpi dikejar-kejar sesuatu yang menakutkan sering sekali dialami oleh banyak orang. Mungkin kamu pernah juga mengalaminya? Saat mengalami mimpi seperti ini, rasanya kamu pasti akan ketakutan dan tidak jarang membuat keringetan yang berlebihan. Iya, kan?

Pada saat kamu mimpi dikejar-kejar, coba deh pikir-pikir apakah saat ini kamu sedang punya masalah apa tidak? Jika iya, pastilah masalah yang sedang kamu pikirkan tersebut belum memiliki solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Mimpi seperti ini bisa menunjukkan bahwa kamu saat ini sedang frustasi dalam menghadapi masalah yang kamu alami. Saking bingungnya, kamu sampai kepikiran terus menerus hingga tidur pun masih memikirkannya. Alhasil, otak pun akan bekerja sekalipun kamu dalam keadaan tidur dan muncullah mimpi seperti ini.

Gigi copot atau tanggal

Arti mimpi gigi copot atau tanggal selalu dikaitkan dengan akan adanya seseorang yang kita sayangi meninggal atau sakit dalam waktu dekat ini. Tentu ini tidak seratus persen benar. Bisa jadi mimpi yang datang pada kita saat ini hanyalah bisikan setan yang ingin menakut-nakuti. Oleh sebab itu, kita perlu bijak dalam menafsirkan dan menanggapinya.

Menurut psikologis, mimpi gigi tanggal atau copot artinya kamu sedang kurang atau krisis percaya diri. Kenapa? Karena gigi merupakan sebuah simbol kekuatan atau kepercayaan diri. Jadi jika kamu mimpi gigi copot atau tanggal bukan berarti bakal kehilangan saudara atau keluarga, tapi kamu sedang krisis percaya diri saja.

Coba pikirkan, apakah kamu sedang dihadapkan dengan sesuatu yang membutuhkan kekuatan atau kepercayaan diri atau tidak. Jika iya, ya jangan terlalu terpuruk jika memang saat ini kamu belum memiliki kekuatan untuk percaya diri menunjukkan kemampuan kamu. Berfikirlah sejenak, tenangkan diri dan perlahan tunjukkan hal positif dalam diri kamu yang bisa memunculkan kekuatan dan kepercayaan diri. Jangan anggap ini beban, tapi anggap saja kamu sedang menghadapi tantangan. Hidup kan emang penuh tantangan, kan? Jadi, enjoy saja lah.

Mimpi Tidak Pakai Busana

Mimpi tak berbusana? Ini bukan perkara tabu atau sejenisnya. Faktanya mimpi tersebut juga sering dialami oleh banyak orang. Mungkin kamu termasuk. Arti mimpi tak pakai baju ternyata dapat dijelaskan secara psikologis. Apabila kamu mimpi seperti ini, coba pikir-pikir ulang apakah saat ini kamu sedang dilanda rasa gugup atau malu tidak? Karena mimpi dalam kondisi seperti ini apalagi di depan umum ini merupakan simbolisasi diri dari rasa gugup atau malu akibat diekspos ke khalayak orang banyak.

Rasa gugup atau malu yang sedang kamu alami mungkin hasil dari kejadian di dunia nyata yang berhubungan dengan banyak orang. Misalnya mungkin kamu baru saja naik jabatan, mendapatkan pekerjaan, atau apapun yang berhubungan dengan banyak orang. Jika memang benar hal ini yang kamu alami, harusnya kamu tidak perlu malu. Karena terkadang kamu perlu terbuka dengan orang lain atau menunjukkan bakat, agar orang lain melihat bakat kamu tersebut.

Menghadiri Pesta Atau Hiburan

Mimpi tidak selalu berkaitan dengan yang buruk-buruk. Pernah nggak kamu mimpi sedang berada di sebuah pesta, hajatan atau acara yang menyenangkan tapi secara tiba-tiba? Nah, ini termasuk salah satu contoh mimpi yang baik dan menghibur. Dari sudut pandang psikologis, mimpi ini menunjukkan bahwa kamu sedang berada dalam situasi dan rasa sukacita dalam kehidupan.

Mungkin misalnya, kamu baru saja menerima hadiah atau kejutan dari seseorang yang spesial atau teman baik mungkin. Hadiah atau kejutan tidak selalu dalam bentuk barang yang indah, berharga dan mewah. Bisa dalam bentuk apa saja asal bisa membuat hati kamu senang dan berbunga-bunga.

Itulah beberapa mimpi yang paling sering dialami oleh orang. Ternyata mimpi-mimpi tersebut dapat dijelaskan oleh ilmu psikologis. Ilmu ini terasa lebih nyata dan masuk akal tentunya. Dari pada kamu harus mempercayai mitos-mitos tentang arti mimpi yang banyak beredar di masyakat, buku dan bacaan tentang mitos-mitos. Bisa-bisa setelah kamu membaca, malah kepikiran dan stress. Padahal pada dasarnya mimpi itu hanyalah bunga tidur semata. Jadi, santai saja dalam menanggapinya. Jangan malah jadi menambah beban pikiran. Setuju?