7 Tips Memilih Model Baju Batik Yang Cocok Untuk Wanita Gemuk

Posted on

Biarpun tanggal 2 Oktober yang notabene adalah Hari Batik Nasional sudah lewat, tapi menggunakan batik tak hanya pada momen tersebut. Sudah sepantasnya kita sebagai warga negara bangga dengan batik, karena batik merupakan salah satu hasil karya anak bangsa yang telah mendunia. Siapa bilang batik cuma bisa dipakai untuk acara formal? Batik ternyata bisa untuk acara apa saja. Santai pun bisa, asalkan kamu tahu cara memilihnya. Buat kamu yang punya tubuh lebih subur, berikut ini beberapa model baju batik yang cocok untuk wanita gemuk buat kamu pilih.

Batik Wanita Gemuk

1. Dress Dan Blouse Batik Warna Dasar Gelap

Dress selalu bisa bikin wanita terlihat lebih seksi. Sekalipun kamu berbadan besar, bisa juga tampil elegan dengan batik dress. Namun batik yang dipilih haruslah yang berbahan dasar warna gelap. Warna gelap di sini tidak selalu warna hitam, lho. Kamu bisa memilih dress batik dengan warna coklat tua, biru dongker ataupun merah maroon. Dengan pakaian model baju batik seperti itu, tubuh ekstra kamu bakal kelihatan elegan dan seksi.

Saat mengenakannya, jangan lupa percaya diri dan senyum. Karena kedua hal tersebut juga modal besar yang bisa bikin kamu tampil lebih menarik dan gampang dilirik. Kamu juga bisa menerapkan tips yang sama dalam memilih blouse.

2. Kerah Model Sabrina

Untuk menyamarkan ukuran badan kamu yang jumbo, coba deh perlihatkan bagian atas, terutama pundak. Salah satunya dengan memamerkan pundak kamu yang lebar dengan model batik kerah Sabrina. Batik dengan kerah Sabrina bakal sukses mengkamuflase badan terlihat lebih kecil. Pundak lebar kamu ditunjukkan untuk menarik perhatian dan tubuh kamu pun bisa terlihat lebih kurus.

Kerah model Sabrina ini memang jenis kerah yang didesain sengaja untuk menampilkan kecantikan bagian pundak. Kerah yang terbuka lebar seperti ini tidak akan bikin kamu terlihat besar. Sebaliknya, kerah Sabrina bakal bikin kamu terlihat lebih kecil. Baik model dress maupun blouse, kamu bisa dengan mudah menemukannya di pasar ataupun toko.

3. Pilih Batik Dengan Motif Kecil

Siapa bilang orang gemuk tidak bisa bermain dengan motif? Asal tahu aturannya, pasti bisa dan cocok kok. Motif yang wajib dihindari oleh orang bertubuh ekstra adalah motif berukuran besar. Kenapa? Karena dengan motif seperti itu justru hanya akan membuat tubuh kamu terlihat lebih lebar dan jelas. Sebaliknya, baju batik dengan motif bunga kecil akan sangat pas untuk menyamarkan bentuk tubuh kamu yang besar. Biar kelihatan sama kecil dan imutnya dengan motif baju batik yang kamu kenakan.

Kalau masih ragu, coba saja cek di majalah ataupun sosial media. Pasti banyak orang-orang big seperti kamu yang bisa terlihat lebih kurus dengan dress maupun blouse batik dengan motif berukuran kecil. Kalau bepergian dengan baju batik motif kecil, kekurangan dan kelemahan dari bagian tubuh kamu bakal tertutup dengan batik motif kecil tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa memilih baju batik dengan motif tidak terlalu penuh. Artinya, model batik tersebut tetap memiliki motif, tapi motifnya tersebut memiliki jarak antara satu dan lainnya. Tujuan adanya jarak ini adalah untuk menyiasati badan gemuk kamu agar bisa terlihat lebih ramping dan kurus.

Sebaliknya, wajib dihindari baju dengan motif jaraknya yang berdekatan. Apalagi posisinya penuh hingga menutupi seluruh permukaan pakaian kain tersebut. No way! Model seperti itu hanya akan membuat badan kamu semakin bervolume besar dan berisi, sehingga wajib dihindari, ya.

4. Model batik Dengan Ikat Pinggang

Ikat pinggang juga bisa bikin perut kamu yang buncit dan besar jadi lebih kecil atau langsing. Jadi jangan ragu buat milih baju batik berikat pinggang. Dengan adanya tambahan aksesoris ikat pinggang, maka bagian tengah badan kamu, terutama pinggang dan perut akan terlihat lebih ramping dari sebelumnya. Selain itu, ikat pinggang akan memberikan batasan jelas antara bagian atas dan bawah tubuh kamu.

Saat ini banyak model baju batik berikat pinggang yang bisa kamu pilih. Namun sebelum membeli, pastikan kamu benar dalam memilihnya. Pilihlah batik yang memiliki bagian khusus ikat pinggang. Hal ini bertujuan agar tubuh kamu bisa terlihat lebih ramping.

Selain itu, ikat pinggang yang nantinya kamu pilih juga harus jauh dari kesan mencolok. Tujuannya agar ikat pinggang tersebut tidak mengganggu desain baju secara keseluruhan. Untuk model baju batik seperti ini kamu perlu mencobanya terlebih dahulu dan pastikan baju tersebut tidak sesak, terutama pada bagian ikat pinggang.

5. Bermain Dengan Kerah “V”, why not?

Tidak hanya kerah Sabrina, kerah V juga recommended banget buat kamu yang punya bentuk tubuh ekstra. Dari desainnya saja sudah jelas menunjukkan bagaimana kerah “V” ini memiliki bentuk besar di atas dan semakin runcing alias langsing ke bagian bawah. Jadi sangat cocok buat kamu yang berbadan bongsor. Model batik kerah V ini akan membuat kamu terlihat lebih kurus dengan akses leher yang lebih jenjang dan seksi.

Sebaliknya, kerah yang mencekik leher sangat tidak disarankan untuk kamu. Apalagi jika kerah model seperti itu membuat kamu menjadi tidak nyaman. Seratus persen dihindari, ya. Baik situasi formal maupun non formal, blouse ataupun dress batik berkerah V dapat kamu pilih untuk memberikan rasa percaya dan tampil lebih menarik.

6. Model Baju Batik Peplum

Model baju peplum sangat pas dikenakan oleh kamu yang punya ukuran tubuh besar. Jadi nggak heran jika banyak wanita berukuran tubuh besar yang mengenakannya. Apalagi kini model baju peplum ini juga hadir dalam bentuk batik dengan aneka pilihan warna dan ukuran. Jadi kamu pun bisa dengan gampang memilihnya. Baju dengan model peplum ini akan membuat tubuh, terutama pinggang terlihat lebih kecil dan ramping. Selain itu, potongannya yang unik, mampu menambahkan sisi menarik dari penampilan.

7. Batik Model Babydoll

Baju model babydoll sangat cocok sekali untuk kamu yang punya badan berukuran jumbo. Model baju seperti ini memiliki batasan khusus antara bagian dada sampai bagian perut ke bawah. Bagian bawah juga punya ciri khas berupa rok yang melengkung ke dalam. Rok inilah yang menjadi keunggulan dari model baju seperti ini, karena dapat membentuk bagian bawah tubuh terlihat lebih kecil. Selain itu, baju babydoll juga dapat menampilkan kesan manis, feminim dan imut. Wanita dengan tubuh berukuran jumbo juga bisa tampil imut. Salah satunya dengan model baju batik babydoll ini.

Itulah beberapa desain model baju batik yang recommended buat dikenakan oleh kamu yang punya ukuran tubuh yang lebih berisi. Selain model, kamu juga perlu memperhatikan pilihan bahan. Pilihlah batik dengan bahan katun, spandex atau bahan lain yang tidak kaku. Bahan-bahan semacam ini dapat mengikuti bentuk badan dan mengkamuflase ukuran tubuh big kamu ke tampilan yang lebih ramping dan langsing. Yang pasti, bahan seperti ini tidak kaku dan bisa bikin kamu tampil nyaman dan percaya diri. Selain itu, hindari baju yang ukurannya kebesaran karena hal tersebut justru bisa bikin kamu terlihat lebih big.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *