6 Khasiat Bawang Putih Mentah Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Bawang putih. Ya, komponen masak yang nyaris tak pernah absen dari dapur Anda ini ternyata menyimpan segudang khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Meski menelan mentah-mentah bawang putih terkesan aneh untuk sebagian besar orang. Namun anjuran untuk mengkonsumsi bawang putih tanpa dimasak rupanya mempunyai alasan tersendiri.

Menilik manfaat bawang putih yang begitu banyak, rasanya sayang sekali jika anda memasak dan mengolah bawang sampai sangat matang. Cara seperti ini justru akan merusak kandungan nutrisi yang tersemat di dalamnya. Nah, bagi Anda yang ingin menggasak nilai plus bawang putih, Anda bisa mengonsumsinya dua kali seminggu.

Menurunkan Kolesterol
Kolesterol yang menumpuk hingga melampau abang batas dapat memicu penyakit kronis yang membahayakan tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Postgraduate Medicine, 10 gram bawang putih mentah yang dikonsumsi tiap hari selama dua bulan sukses menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Peneliti dari Rafsanjan University of Medical Science juga memaparkan bahwa memakan bawang putih mampu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kolesterol jahat. Adapun sampel dari studi ini ialah peserta Pakistan Journal of Pharmaceutial Sciences yang diminta untuk menyantap 10 gram bawang putih mentah selama 42 hari.

Mencegah Penyakit Jantung
Kabar baik ini diterbitkan oleh The Journal of Nutrition. Melalui penelitian ini, disebutkan bahwa manfaat bawang putih sangat efektif untuk membantu mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang memompa darah ke jantung.

Tak hanya itu saja, makan bawang putih mentah juga sangat manjur untuk mencegah pembentukan dan penumpukan plak pada arteri koroner. Berita ini tentu menjadi informasi yang baik untuk Anda yang mempunyai berbagai jenis gangguan pada jantung dan sistem metabolisme. Oleh karena itu, mulai sekarang Anda bisa waspada dan berhati-hati, selain mencoba menyertakan bawang dalam keseharian Anda, tak ada salahnya jika Anda mulai melancarkan gaya hidup sehat.

Menurunkan Risiko Kanker
Patut Anda catat baik-baik, bawang putih punya kandungan senyawa sulfur bioaktif. National Center Institute Amerika Serikat mengungkapkan bahwa senyawa tersebut mampu mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Sulfur bioaktif tersebut berfungsi untuk memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak, mampu melindungi tubuh dari zat karsinogen, dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat.

Manfaat bawang putih yang ketiga ini tentu menjadi kabar gembira bagi mereka yang takut dengan ancaman kanker pankreas, hingga kanker paru-paru. mengingat penyebaran sel kanker yang begitu cepat dan nyaris tanpa tanda-tanda, metode alami ini bisa Anda masukkan dalam daftar referensi.

Mengendalikan Hipertensi
Darah tinggi merupakan peringatan penting bagi penderitanya. Selain larangan untuk mengonsumsi sayuran dan daging, penderita hipertensi juga harus pandai mengendalikan emosi mereka. Beruntunglah karena Anda mendapati bawang putih yang mampu menyuplai polisufida ke dalam tubuh Anda. Senyawa ini akan membantu menstabilkan dan membuka pembuluh darah supaya tidak memperoleh tekanan yang kuat.

Maka dari itu, jika Anda punya riwayat darah tinggi, tak ada salahnya jika Anda mulai menerapkan metode pengobatan herbal mulai saat ini. Dengan syarat Anda mengetahui porsi yang pas agar tidak ada akibat buruk yang menimpa anda sendiri. Makan bawang putih mentah selama tiga bulan ternyata ampuh menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg.

Mengobati Infeksi
Pada bawang putih, terdapat senyawa aktif allicin yang mampu menumpas antivirus, antimikroba, dan antijamur yang sangat baik untuk melumpuhkan beragam organisme yang memicu penyakit. Tak mengherankan jika sejumlah penyakit umum dapat diatasi dengan mengkonsumsi bawang putih.

Penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Adcances in Therapy menunjukkan bahwa makan bawang putih mentah saat musim flu bisa meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mencegah datangnya penyakit. Sistem imunitas manusia yang melemah akan dengan mudah menjadi pintu masuk bagi virus, kuman, dan patogen mengembangkan hidupnya. Manfaat bawang putih yang lain ialah menyembuhkan peradangan.

Mengatasi Rambut Rontok
Jika selama ini anda dibingungkan dengan rambut yang rontok, kini saatnya Anda bernafas lega. Ya, selain lemon, lidah buaya, atau minyak zaitun, bawang putih adalah solusi untuk anda menghentikan kerontokan rambut yang selama ini meresahkan Anda. Alopecia atau kebotakan yang disebabkan oleh penyakit autoimun tersebut dapat dikendalikan dengan mengonsumsi bawang putih yang mampu mendorong pertumbuhan rambut dan memperkuat rambut di kulit kepala.

Bila Anda tidak kuat dengan aroma yang ditimbulkan, Anda dapat membeli gel bawang putih dan mengoleskannya pada bagian kulit rambut yang mengalami kebotakan. Penggunaan gel ini cenderung lebih efektif lantaran Anda tak menanggung bau mulut yang ditimbulkan selepas mengunyah bawang putih.

Sebagai informasi terakhir, Journal of Neurochemistry juga mempublikasikan manfaat bawang putih yang mampu menjaga otak dari kerusakan kognitif. Zat SAC dan antioksidan pada bawang putih bekerja menghambat plak pada sistem saraf pusat.