Bekas Jerawat

Posted on

Jerawat adalah permasalahan yang umum bagi setiap orang, terutama usia remaja. Jerawat timbul karena adanya bakteri atau kotoran yang masuk ke pori-pori wajah. Mulanya, akan timbul rasa pegal dan sakit di bagian jerawat. Jerawat yang timbul berbentuk benjolan kecil dan biasanya ada di bagian wajah berminyak.
Anda bisa menyembuhkan jerawat dengan berbagai cara, salah satunya adalah menggunakan perasan jeruk nipis. Namun, setelah jerawat sembuh, akan meninggalkan bekas luka di wajah, apalagi jika Anda memencet jerawat sembarangan. Pastinya hal ini akan membuat Anda kurang percaya diri bukan?
Jangan khawatir, kini cara menghilangkan bekas jerawat cukup mudah, bahkan hanya menggunakan bahan alami dengan cara sederhana. Penasaran bahan alami apa saja yang mampu menghilangkan bekas jerawat dalam waktu singkat? simaklah ulasan berikut ini!

Kentang

Siapa yang menyangka bahwa ternyata mampu menghilangkan bekas jerawat? Ya, selain untuk bahan masakan dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh, kentang juga memiliki khasiat menghilangkan bekas jerawat. Flek-flek hitam yang ada di wajah akan terangkat dan wajah cerah seketika.
Nah, cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan kentang sangatlah mudah, Anda hanya perlu menempelkan irisan kentang pada bagian bekas jerawat atau flek hitam. Diamkan irisan kentang tersebut selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal, terapkanlah cara ini 3 kali dalam seminggu.

Mentimun

Mentimun dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi, namun selain itu, mentimun juga bisa menghilangkan bekas jerawat di wajah. Hal ini karena terdapat kandungan vitamin A, C, serta magnesium di dalam mentimun segar.
Untuk menghilangkan bekas jerawat menggunakan mentimun, sama seperti kentang, yakni iris tipis lalu tempelkan pada bekas jerawat dan tempelkan selama 30 menit. Setelah berjalan 30 menit, bilas wajah Anda dengan air dingin. Cara ini juga mampu menghidrasi kulit.

Lidah Buaya

Tumbuhan yang satu ini sangat kaya akan manfaat, selain mampu menutrisi rambut dengan baik, lidah buaya juga mampu menghilangkan bekas jerawat dalam waktu singkat. Zat aloesin yang terkandung di dalamnya berperan untuk mencegah penggelapan kulit.
Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya yakni dengan mengambil gel lidah buaya. Haluskan gel tersebut, kemudian oleskan pada area bekas jerawat, bisa pula mengoleskannya pada seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.

Lemon

Anda pun bisa menghilangkan bekas jerawat menggunakan lemon, karena terkandung asam alfa hidroksi alami dalam perasan air lemon. Selain itu, lemon juga mampu mempercepat revitalisasi kulit.
Nah, cara pengaplikasiannya cukup mudah, yakni dengan mengoleskan perasan lemon pada bagian bekas jerawat. Biarkan olesan tersebut hingga mengering, kemudian bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal, lakukanlah cara tersebut setiap dua kali sehari.

Baking Soda

Siapa bilang baking soda hanya digunakan untuk membuat kue? Anda bisa menggunakannya sebagai bahan menghilangkan bekas jerawat. Ya, hal ini karena terkandung sodium bicarbonate dalam baking soda yang sangat ampuh mengangkat sel kulit mati pada wajah.
Cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan baking soda adalah dengan menjadikannya scrub. Anda bisa mencampurkan baking soda dengan air hingga mengental, kemudian oleskan pada bagian bekas jerawat. Diamkan campuran tersebut selama 2 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Madu

Sudah tak diragukan lagi, madu memang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh serta menjaga kecantikan wajah. Banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, termasuk antibiotik yang akan mencegah infeksi pada jerawat.
Cukup dengan oleskan madu murni pada bagian wajah yang berflek hitam atau bekas jerawat, biarkan hingga mengering, kemudian bilas dengan air hangat. Madu juga bisa dijadikan campuran beberapa bahan alami lainnya, seperti kentang, lemon, baking soda, dan lainnya kemudian diaplikasikan pada wajah sebagai masker.

Bawang Putih

Selain sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih juga sangat ampuh menghilangkan bekas jerawat di wajah. Hal tersebut dikarenakan adanya senyawa thiacremonon sulfur sebagai anti bakteri.
Anda hanya perlu menghaluskan bawang putih menggunakan blender. Jika sudah halus, oleskan bawang putih tersebut pada bekas jerawat, kemudian diamkan selama 2 menit. Setelah selang 2 menit, bilaslah dengan air hangat.

Tomat

Tomat sangat kaya akan vitamin A dan vitamin C, sehingga mampu mengencangkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat. Nah, karena manfaatnya yang sangat besar untuk kulit wajah ini, tak heran bila banyak yang menggunakan tomat sebagai masker wajah.
Cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan tomat tentu saja dengan menjadikannya masker wajah. Cukup dengan haluskan buah tomat menggunakan blender, oleskan pada wajah, diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.
Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan alami dan cara sederhana. Anda tak perlu membeli produk kecantikan yang mahal dan mengandung bahan kimia, karena bahan alami saja sudah mampu menghilangkan bekas jerawat seketika. Untuk hasil maksimal, lakukanlah cara di atas secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *