8 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui !

Posted on
Apa itu belimbing wuluh dan apa bedanya dengan belimbing biasa? Meski namanya mirip, namun belimbing wuluh beda jauh dengan belimbing biasa, mulai dari segi bentuk, ukuran, dan warnanya. Ya, ukuran belimbing wuluh hanya sebatas ibu jari dan warnanya hijau. Belimbing wuluh ini sangat cocok dijadikan rujak, karena lebih segar dari buah lainnya.
Selain segar, buah yang satu ini juga memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Seperti buah pada umunya yang mengandung vitamin, belimbing wuluh pun mengandung vitamin C. Terdapat pula kandungan asam folat, sulfur, kalsium oksalat, peroksida, glukosid dan kalium sitrat, yang merupakan senyawa lain yang terkandung dalam belimbing wuluh.
Nah, karena banyaknya nutrisi yang dimilikinya, maka banyak pula manfaat belimbing wuluh yang bisa Anda peroleh. Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja, namun juga bermanfaat bagi kecantikan wajah. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk simak ulasan berikut!

Mengobati Batuk

Batuk adalah penyakit yang sering dialami banyak orang bukan? Terutama batuk berdahak. Dahak pada tenggorokan akan memberi efek gatal, sehingga batuk semakin parah. Nah, Anda tak perlu khawatir, karena salah satu manfaat belimbing wuluh adalah mengobati batuk berdahak. Buatlah ramuan belimbing wuluh dengan cara menyiapkan 3 belimbing wuluh, beberapa butir adas manis, gula dan air. Rebus bahan-bahan tersebut hingga air tersisa sedikit. Selanjutnya saringlah rebusan tersebut dan minum airnya setiap pagi dan malam hari.

Mencegah Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi akan membuat jantung kesulitan memompa darah, jadi jangan biarkan hal itu terjadi. Untuk mengatasi hipertensi, Anda bisa gunakan belimbing wuluh. Sejak zaman dahulu, ramuan belimbing wuluh memang dipercaya mampu menormalkan tekanan darah. Nah, cara membuat ramuan belimbing wuluh untuk mencegah hipertensi adalah dengan merebusnya bersama daun seledri. Tunggulah hingga air rebusan tinggal setengah, lalu minum air rebusan tersebut seminggu sekali.

Mengatasi Penyakit Diabetes

Manfaat belimbing wuluh selanjutnya adalah mengobati penyakit diabetes. Zat asam yang terkandung pada belimbing wuluh sangat membantu menekan gula darah, sehingga kadar gula darah berada di posisi normal. Caranya yakni dengan merebus belimbing wuluh segar dengan air satu gelas. Jika air sudah tersisa setengah gelas, angkatlah dan peras belimbing wuluh. Anda bisa meminum air rebusan dan perasan tersebut dalam keadaan dingin.

Mengatasi Jerawat

Jerawat di wajah pasti sangat mengganggu penampilan Anda bukan? Rasa kurang percaya diri dan rasa ketidaknyamanan timbul saat adanya jerawat. Nah, atasilah masalah jerawat ini dengan belimbing wuluh. Ya, tak hanya berperan menjaga kesehatan organ dalam, namun manfaat belimbing wuluh juga untuk menghilangkan jerawat. Anda bisa mengonsumsi air rebusan belimbing wuluh untuk menutrisi kulit dari dalam, bisa pula menjadikannya masker untuk menutrisi kulit dari luar.

Mengatasi Panu

Pernah menderita panu? Tentunya penyakit ini akan mengurangi kepercayaan diri Anda bukan? terlebih jika yang terkena panu adalah bagian lengan, kaki, dan leher yang sangat mudah terlihat. Nah, Anda bisa atasi penyakit yang satu ini dengan menggunakan belimbing wuluh. Tempelkanlah parutan belimbing wuluh pada bagian panu secara rutin. Dengan begitu, jamur penyebab panu akan mati dan panu pun menghilang. Kulit cerah dan sehat pun bisa Anda dapatkan.

Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori yang besar sangat rentan terhadap debu dan kotoran, terutama pori-pori wajah. Kotoran tersebutlah yang menyebabkan timbulnya jerawat, komedo, dan permasalahan kulit wajah lainnya. Tak perlu khawatir, karena salah satu manfaat belimbing wuluh adalah mengecilkan pori-pori. Anda bisa menjadikannya masker dengan cara ditumbuk halus atau diblender, kemudian tambahkan sedikit air garam. Jika sudah tercampur rata, aplikasikanlah pada wajah, diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

Merawat Bibir

Memiliki permasalahan pada bagian bibir? Bibir kering dan hitam? Maka atasilah dengan belimbing wuluh. Ya, belimbing wuluh yang dihaluskan dan digosok-gosokkan pada bibir akan mengembalikan pigmen bibir dalam waktu singkat. Anda tidak perlu membeli lipstick mahal atau produk kecantikan lainnya untuk memerahkan bibir, karena belimbing wuluh saja sudah membuat bibir merah merona dan tetap lembab. Lakukanlah perawatan bibir ini secara teratur agar menghasilkan bibir mempesona.

Mengobati Sariawan

Selain memerahkan dan melembabkan bibir, manfaat belimbing wuluh lainnya adalah mengobati sariawan. Tentu saja, karena belimbing wuluh memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri. Parutlah belimbing wuluh lalu oleskan pada bagian yang terkena sariawan. Memang rasanya cukup perih, namun dijamin sariawan di mulut akan sembuh seketika. Untuk hasil maksimal, lakukanlah pengobatan ini 3 kali sehari.
Nah, itulah beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan. Jadi, Anda bisa menyalurkan nutrisinya dengan meminum rebusan air belimbing wuluh atau dijadikan masker. Lakukanlah beberapa cara di atas secara rutin untuk hasil maksimal, sehingga Anda tak perlu membeli produk kecantikan yang mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *