10 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Siapa yang tidak tahu buah bengkoang? Buah yang biasa dijumpai pada makanan rujak, salad atau asinan tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan? Tak hanya digunakan sebagai bahan makanan saja, ternyata masih banyak manfaat dari tanaman yang yang masuk dalam umbi putih ini. Bengkoang yang mempunyai nama latin Pachyrhizus Erosus ini masuk dalam kelompok kacang ubi jalar.

Buah yang mempunyai warna putih ini mempunyai tekstur berair dan rasanya yang renyah. Dan biasanya, buah satu ini banyak dimanfaatkan untuk produk kecantikan. Akan tetapi, manfaat bengkoang untuk kesehatan tidak hanya untuk wajah saja. Banyaknya kandungan nutrisi esensial pada buah ini bekerja ampuh untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat bengkoang yang lainnya?

Bengkoang

1. Kesehatan Pencernaan

Bengkoang mengandung elemen penting yang dibutuhkan tubuh karena mengandung tingkat serat dimana kandungan tersebut berguna untuk membantu meningkatkan curah feses. Dengan Anda mengonsumsi buah satu ini menjadikan pencernaan menjadi lancar sehingga terhindar dari sembelit.

2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Perlu diketahui bahwa bengkoang mengandung vitamin C yang berperan penting untuk merangsang sel-sel darah putih. Apabila produksi sel darah putih berjalan stabil maka pertahanan tubuh pada penyakit akan semakin kuat. Tak hanya itu, manfaat bengkoang juga bagus untuk melawan bakteri, jamur, virus dan beberapa penyakit pathogen alami yang nantinya akan merugikan tubuh.

3. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Tak hanya vitamin C saja, bahkan bengkoang juga kaya akan kalsium dimana kandungan tersebut membantu mengelola tekanan darah. Fungsi kalium merupakan vasodilator yang mampu mengurangi ketegangan sehingga pembuluh darah menjadi lebih rileks. Apabila pembuluh darah rileks maka akan menurunkan intensitas stress pada sistem kardiovaskuler.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Bengkong kaya akan kandungan B6 dimana kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan fungsi otak serta kemampuan kognitif. manfaat bengkoang lain juga masih pada kandungan vitamin B6 yang bekerja untuk meningkatkan sistem metabolisme dan berbagai efisiensi pada sistem organ.

5. Mengatur Sirkulasi Darah

Adanya kandungan zat besi dan tembaga pada buah bengkoang juga berguna untuk menjaga kestabilan pada sistem peredaran darah. Kedua mineral tersebut merupakan elemen penting untuk pembentukan sel darah merah. Dengan begitu, maka oksigen yang akan didistribusikan ke seluruh tubuh akan berjalan dengan lancar.

6. Kesehatan Tulang

Adanya kandungan seperti zat besi, mangan, magnesium dan tembaga yang terdapat pada bengkoang berperan penting untuk pendorong utama untuk kepadatan tulang. Ya, kandungan mineral ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang yang kuat, penyembuhan tulang rusak dan mempercepat pembentukan tulang baru. Sehingga secara tidak langsung manfaat bengkoang bisa mencegah munculnya osteoporosis.

7. Menurunkan Berat Badan

Bengkoang termasuk dalam makanan yang rendah kalori sehingga sangat bagus bagi Anda yang tengah mencoba menurunkan berat badan. Makanan rendah kalori ini diperkaya dengan nutrisi yang sehat karena bengkoang mengandung 35 kalori pada tiap 100 gramnya. Untuk itu, manfaat bengkoang lainnya juga bisa untuk dijadikan camilan sehat yang cocok bagi mereka yang sedang melakukan program diet tanpa harus mengurangi kadar gizi pada makanan.

8. Membantu Pertumbuhan Bakteri Baik

Manfaat bengkoang yang selanjutnya yakni bisa meningkatkan bakteri baik yang berguna untuk kekebalan tubuh. Peran bakteri baik ini berguna untuk mengeluarkan racun, racun, kolesterol dan gula berlebih pada tubuh. Dengan begitu, proses diet Anda akan berjalan dengan maksimal.

9. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh menjadi manfaat bengkoang yang luar biasa. Ya, hal ini dikarenakan saat kebanyakan serat pada usus maka kandungan pada bengkoang akan mengikat lemak dan kolesterol jahat dan mengeluarkannya melalui feses. Tak hanya serat pada usus ini membantu menyerap kolesterol pada empedu.

10. Bagus Untuk Kesehatan Saraf Otot

Saat saraf otor sering terganggu ketika melakukan olahraga, maka Anda bisa mengonsumsi bengkoang sebagai solusi terbaik. Bengkoang bisa mengatasi stress otot juga terlebih jika Anda kurang melakukan olahraga. Saat otot terasa sehat dan tidak stress, maka berbagai aktivitas seperti olahraga akan terasa lebih menyenangkan.

11. Meningkatkan Retensi Mineral

Orang yang tengah menjalani program diet osteoporosis, maka sangat cocok untuk mengonsumsi buah bengkoang. Ya, hal ini dikarenakan dalam buah bengkoang terdapat retensi terhadap mineral. Jika Anda sedang melakukan program diet untuk meningkatkan kesehatan pada tulang dan menjaga kestabilan kepadatan tulang, maka buang bengkoang menjadi pilihan yang tepat.

Selanjutnya manfaat bengkoang lainnya sangat bagus untuk bagi penderita diabetes karena karbohidrat diubah menjadi glukosa yang sederhana. Sehingga untuk Anda yang menderita diabetes bengkoang ini aman dikonsumsi meskipun rasanya manis tanpa harus khawatir gula darah menjadi naik.

Baca Juga : Manfaat Dahsyat Buah Semangka

Dengan Anda konsumsi buah bengkoang secara rutin atau menjadikan sebagai camilan maka manfaat bengkoang di atas dapat Anda dapatkan dengan mudah. Selalu sediakan buah bengkoang untuk persedian dirumah untuk menjaga tubuh selalu sehat. Semoga bermanfaat.