7 Manfaat Dan Kandungan Gizi Beras Hitam Untuk Kesehatan

Beras hitam memang masih belum terlalu akrab untuk masyarakat Indonesia, karena memang masyarakat Indonesia biasanya lebih sering mengkonsumsi beras putih atau pun beras merah. Namun semakin kesini, beras ini semakin banyak dicari karena semakin banyak orang yang memahami manfaat beras hitam, bahkan manfaatnya jauh lebih banyak ketimbang beras putih.

Seperti yang Anda tahu, hingga kini masih ada beberapa kalangan yang masih memperdebatkan manfaat beras putih, karena dianggap hanya membuat kenyang saja, namun serat, vitamin, serta nutrisi lain yang dibutuhkan tidak terlalu banyak terkandung di dalamnya. Nah, jika Anda mulai tertarik untuk mengonsumsi beras hitam secara rutin, ini lho beberapa manfaat beras hitam yang bisa Anda dapatkan.

Melancarkan Pencernaan
Masalah pencernaan memang bisa dikatakan sebagai salah satu masalah kesehatan yang paling umum, namun tetap saja akan mengganggu kenyamanan Anda dalam beraktivitas. Masalah pencernaan juga sangat dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Untungnya, beras hitam memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan Anda. Tidak hanya membuat Anda menjadi lebih nyaman, pencernaan yang lancar juga akan sangat membantu metabolisme tubuh lebih stabil, sehingga kesehatan dan kelangsingan tubuh Anda lebih terjaga.

Melindungi Jantung
Penyakit jantung sudah menjadi salah satu penyakit paling menakutkan bagi masyarakat Indonesia. Sayangnya, penyakit ini juga menjadi salah satu penyakit yang paling sering ditemui, entah di dalam keluarga Anda atau lingkungan sekitar. Mengingat sangat pentingnya organ jantung, tentu Anda memiliki kewajiban yang lebih untuk senantiasa menjaga kesehatannya. Kabar baiknya, beras hitam membantu melindungi jantung Anda. Tak hanya itu, beras hitam juga memiliki kemampuan untuk mengurangi kolesterol LDL yang selama ini sering kali menjadi penyebab bagi kesehatan tubuh.

Bisa Meningkatkan Ketajaman Fungsi Otak
Seperti yang Anda tahu, otak merupakan salah satu organ utama dari tubuh, bahkan ketika salah satu bagian tubuh Anda memiliki keterbatasan, jika otak masih bisa bekerja dengan baik, maka Anda tetap bisa mencari solusi untuk mengatasi keterbatasan tersebut, berbeda jika otak Anda yang sudah memiliki masalah, maka anggota tubuh lain akan menjadi sangat terpengaruh karenanya.

Manfaat beras hitam yang satu ini dikarenakan beras ini memiliki kandungan antocyanin, dimana zat tersebut sangat membantu dalam meningkatkan fungsi kognitif otak dan juga ketajaman memori seseorang. Itu sebabnya, orang yang sudah memasuki usia senja cukup sering disarankan untuk mengonsumsi beras hitam setiap harinya sehingga bisa menghindari kepikunan.

Mengontrol Berat Badan
Seperti yang sudah disinggung sedikit tadi, beras hitam juga ternyata sangat efektif untuk mengontrol berat badan seseorang. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan beras hitam memiliki serat yang lebih banyak, bertekstur lebih padat namun jauh lebih rendah kandungan kalorinya. Dalam 85 gram beras hitam, terdapat 43 gram karbohidrat, 200 kcal, 6 gram protein, 3 gram serat dan hanya 2 gram lemak di dalamnya. Kandungan ini jauh lebih baik dan sehat jika dibandingkan dengan beras putih maupun beras merah.

Berguna Mencegah dan Mengelola Diabetes
Siapa yang tidak pernah mendengar nama penyakit yang satu ini? Bahkan bisa dikatakan bahwa penyakit diabetes merupakan penyakit sejuta umat. Miris memang, namun kebiasaan buruk dalam memilih makanan secara asal sangat berperan besar dalam hal ini. Untungnya, manfaat beras hitamyang kelima ialah dapat memabntu Anda mencegah penyakit diabetes, juga mengelolanya bagi Anda yang sudah terlanjur mengudap penyakit ini.

Hal ini dikarenakan kandungan serat yang berkali lipat lebih tinggi dari beras lainnya, sehingga membuat tubuh lebih lama dalam mencernanya. Tidak hanya itu saja, beras atau nasi hitam juga mempunyai GI alias Indeks Glikemik yang lebih rendah, yakni hanya sebesar 42.3 saja.

Sangat Baik Untuk Detoks Hati
Organ lain yang bisa dilindungi dengan mengonsumsi beras hitam ialah hati. Hal ini dibuktikan oleh beberapa penelitian, bahwa beras hitam memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan kesehatan hati, terlebih untuk urusan mencegah terjadinya perlemakan hati, tidak terkecuali perlemakan hati alkoholik. Sayangnya, manfaat beras hitam yang satu ini masih kurang diketahui oleh masyarakat banyak, sehingga mereka masih merasa aneh ketika melihat seseorang lebih memilih mengonsumsi beras hitam dibandingkan beras putih ataupun beras merah.

Mencegah Letih, Lelah dan Lesu
Keadaan tersebut memang sangat mengganggu Anda, apalagi Anda yang memang memiliki pekerjaan yang sangat banyak untuk diselesaikan setiap harinya. Manfaat beras hitam yang satu ini dikarenakan beras hitam mempunyai kandungan zat besi dan magnesium. Selain kedua zat tersebut masih ada lagi nutrisi lainnya yang sangat baik di dalam beras hitam, contohnya magnesium, Vitamin B1, B2, B3, B6 dan E, ada juga fosfor, zinc dan lain sebagainya.

Nah, dengan 7 manfaat beras hitam yang sudah disebutkan tadi, semoga Anda memiliki alasan dan pertimbangan yang lebih ya, mengapa Anda patut mencoba mengkonsumsi nasi hitam dibandingkan nasi yang Anda konsumsi saat ini.