10 Langkah Mudah Berjualan Laris Di Instagram

Saat ini instagram bukan hanya sekedar tempat untuk mengekspresikan diri, tapi lebih banyak digunakan sebagai tempat untuk mengais rejeki. Bahkan bisa dibilang bahwa instagram merupakan salah satu media jualan online shop yang sedang hits. Karena sedang hits inilah, maka saingan pun banyak, sehingga kamu yang mau meraup banyak penjualan dan untuk dari instagram perlu melakukan trik-trik cara berjualan laris di instagram berikut ini.

Jualan Di Instagram - 10 Langkah Mudah Berjualan Laris Di Instagram

1. Feed atau Profil Instagram Yang Menarik

Salah satu faktor mengapa orang lebih suka membuka instagram adalah karena biasanya di media sosial tersebut terpampang gambar yang lucu-lucu dan bikin penasaran. Nah, buat kamu yang mau jualannya laris manis dengan menggunakan media instagram ini. coba deh desain tampilan feed instagram kamu menjadi lebih cantik, lebih menarik dan bikin betah buat mata memandang.

2. Manfaatkan Hastag

Selain merapikan feed akun olshop kamu dan jangan lupa upload berbagai foto yang menarik agar pelanggan tertarik untuk mantengin lama. Ketika upload konten, baik itu gambar maupun video, jangan lewatkan untuk menambahkan caption atau keterangan foto yang menarik, informative dan mudah dipahami.

Hashtag juga sangat diperlukan untuk menggaet pelanggan datang mengunjungi atau mengfollow akun instagram kamu. Tapi pastikan ya, hashtags yang kamu pakai itu memiliki nilai jual, sesuai dengan produk yang kamu upload dan termasuk hashtags popular yang banyak orang gunakan. Misalnya kamu jualan sepatu, hastag yang kamu pakai bisa #jualansepatumurah, #jualansepatucewek, #sepatuboot dan lain sebagainya

3. Terapkan Teknik SFS (Shout For Shoutout)

SFS ini merupakan sebuah teknik cara berjualan di internet dengan melakukan kerja sama. Kerja sama dilakukan tentulah dengan orang atau akun yang memiliki produk yang berbeda. Misalnya akun kamu jualan fashion, sementara akun target kerja sama SFS kamu tidak boleh fashion, melainkan produk kesehatan, kecantikan, kebutuhan rumah tangga atau yang lainnya. Kedua akun nantinya akan sepakat untuk saling mempromosikan akun satu dan lainnya.

Tentu teknik dan kerja sama ini membutuhkan syarat dan ketentuan yang wajib disepakati oleh kedua belah pihak. Selain bisa membantu untuk saling mengenal online shop satu dan lainnya, cara ini juga ampuh untuk menambah followers secara gratis sekaligus melambungkan nama online shop kedua belah pihak tentunya.

4. Gunakan Jasa Endorse

Menggunakan jasa endorse selebgram menjadi salah satu trik marketing cara berjualan di instagram biar laris manis. Prosedurnya gampang kok. Kamu Cuma perlu menghubungi pihak endorse selebgram. Jika telah sepakat, maka nantinya endorse selebgram tersebut akan mempromosikan barang atau produk yang kamu jual di instagram.

Cara ini dipercaya ampuh mendatangkan keuntungan dan penjualan. Harga yang kamu keluarkan untuk paid endorse selebgram akan segera tertutup lunas dalam waktu yang cepat. Hal ini masuk akal sih, karena selebgram pasti adalah orang yang memiliki popularitas yang tidak main-main, sehingga orang akan percaya dengan apa yang mereka sampaikan.

Apalagi jika endorse fashion dan makeup. Lha kalau endorse selebgramnya menarik dari ujung kaki sampai ujung rambut kepala, siapa juga yang nggak pengen seperti selebgram tersebut. Iya kan? Namun, dalam hal ini kamu kudu pinter-pinter cari endorse selebgram yang professional dan cocok dengan brand produk yang kamu tawarkan.

5. Perhatikan Waktu Upload & Posting Produk

Upload di instagram tidak bisa sembarangan. Apalagi jika tujuannya adalah untuk berjualan dan berpomosi. Kamu kudu mencari waktu yang tepat untuk melakukannya. Dalam hal ini kamu perlu memahami karakter dan kebiasaan dari target market brand kamu. Usahakan untuk selalu konsisten melakukan upload foto produk pada jam-jam tertentu.

Misal target market kamu adalah orang kantor, kamu bisa upload pas jam-jam istirahat ngantor dan pas sekiranya sedang dalam perjalanan berangkat dan pagi menuju kantor. Atau jika secara umum, waktu terbaik untuk upload di instagram adalah pada pukul 07.00 pagi, pukul 12.00 siang, dan pukul 22.00 malam. Selain itu, kamu juga tidak boleh upload lebih dari 100 dalam sehari, karena bisa di banned instagram. Minimal 20 sudah pas lah.

6. Branding Dengan Kontes Berhadiah

Siapa orang yang tidak suka dikasih hadiah? Apalagi jika hadiah tersebut merupakan barang kebutuhan dan bentuknya unik lagi menarik. Pastilah orang akan berbondong-bondong mengikuti kontes yang hadiahnya menggiurkan tersebut. Selain kontes, kamu pun bisa mengadakan acara lainnya yang tetap menjadikan hadiah sebagai daya tariknya, seperti kompetisi dan tantangan melakukan sesuatu yang seru.

Cara seperti ini tergolong membranding diri. Tujuannya adalah agar followers atau calon konsumen teringat selalu dengan produk kamu atau istilah kerennya branding awareness. Selain itu, cara seperti ini juga sekaligus bisa menjadi ajang promosi untuk olshop kamu lho. Jadi sekali mendayung, satu, dua pulau terlampaui deh.

7. Upload Testimoni Dan Bukti Transaksi

Ulasan menjadi point penting dalam menentukan apakah seseorang akan mengambil keputusan untuk membeli ataupun meninggalkan. Itulah pentingnya testimoni, sehingga kamu wajib untuk menyertakannya ke dalam instagram. Hal ini bertujuan jelas agar followers atau calon konsumen kamu tergoda untuk membeli atau memakai produk dari olshop yang kamu kelola tersebut.

Testimoni tentang kepuasan pelanggan akan sangat ampuh dalam mempengaruhi otak calon konsumen. Tapi tetap, dalam hal ini kamu harus berlaku jujur. Artinya, testimony tersebut bukan rekayasa saja. Tapi benar-benar dari pelanggan, karena kepuasan pelanggan patut menjadi prioritas. Tujuannya jelas agar olshop kamu terus melaju, berkembang dan sukses.

Kamu pun bisa mengupload bukti transaksi. Tujuannya agar orang mau membeli produk yang kamu tawarkan karena berdasarkan dengan trust. Trust atau kepercayaan inilah yang muncul dari adanya bukti transaksi, sehingga onlineshop kamu memang laku dan patut dilarisi. Kamu juga bisa menambahkan bukti foto pada saat barang dipacking dan barang dikirimkan. Trik ini akan mengungkapkan bahwa toko kamu memang memiliki kredibilitas yang mumpuni.

8. Hadirkan Promo Bersyarat

Pernah nggak sih kamu dapat informasi bisa mendapatkan sebuah promo tapi harus melakukan tahap ini dan itu? Ribet dan bikin males, kan? Nah, kamu bisa belajar dari pengalaman tersebut, bahwa konsumen suka dengan hal-hal yang mudah. Apalagi jika diberi promo menarik. Percayalah dengan kamu memberikan promo dengan syarat yang mudah dilakukan oleh semua target market, maka berjualan di instagram yang laris manis itu gampang.

Tentu saja kamu tidak harus menghadirkan promo setiap saat. Cukup pada saat moment-moment tertentu saja. Selain promo, kamu juga bisa menghadirkan diskon, buy 1 get 1 free, free ongkir untuk pembelian dalam jumlah tertentu dan lain sebagainya. Cara seperti ini dipercaya ampuh untuk mendorong instagrammers untuk lebih mempertimbangkan membeli produk di instagram atau online shop kamu.

Berbisnis melalui media instagram memang tidak bisa menentu. Namun jika kamu menggelutinya dengan penuh ketekunan, kreativitas dan kerja keras, percayalah bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses dan perjuangan. Jika selama ini kamu merasa onlineshop yang kamu iklankan di instagram sepi, coba saja terapkan beberapa cara berjualan di instagram agar laris manis seperti yang telah dijelaskan di atas.