Aneka Ide Bisnis Kreatif Yang Menghasilkan

Bisnis di bidang kreativitas terbukti akan memberikan hasil yang lebih cepat dibandingkan dengan bisnis konvensional yang lebih dulu ada dari dahulu kala. Hal ini dianggap wajar, karena bisnis yang didasari oleh ide-ide kreatif akan menghasilkan karya yang unik sehingga bernilai jual yang tinggi. Bagi kamu yang lagi bingung mau bisnis apa, coba pilih salah satu dari aneka ide bisnis kreatif berikut ini. Selain mudah dieksekusi, bisnis-bisnis ini juga minim modal. Meskipun demikian, hasilnya sangat menggiurkan.

1. Jasa fotografi Unik

Saat ini trend selfie dan wefie sangat pesat dan digemari oleh banyak orang. Bahkan dari anak kecil hingga orang tua dan bahkan kakek hingga nenek pun gemar jeprat jepret mengabadikan foto mereka. Nah, dari fenomena ini, kamu bisa mengambil ide kreatif untuk menyediakan jasa foto unik yang sebelumnya belum pernah ada dan belum pernah terpikirkan oleh orang lain. Misalnya saja studio rumah foto terbalik.
Saking uniknya konsep studio foto ini, sampai rata-rata pengunjung per hari bisa mencapai ratusan orang. Apalagi jika masa liburan datang, maka daftar pengunjung akan semakin pesat. Kamu bisa mengambil inspirasi dari Upside Down yang terinspirasi dari film Upside Down. Seperti namanya, konsep studio foto ini jungkir balik. Artinya semua perabotan dibikin hasilnya seperti beneran dalam posisi terbalik, sehingga menghasilkan foto yang unik.

2. Bisnis furniture unik

Bicara tentang rumah beserta isinya memang tidak ada matinya. Meskipun desain atau model perabotan telah tersedia pilihan yang sangat banyak, namun masyarakat yang cenderung suka sesuatu yang unik dan lain daripada yang lain butuh perabotan yang berbeda dari desain yang ada. Nah, kamu bisa nih memanfaatkan kesempatan ini dengan menyediakan furniture unik, seperti kursi set dari drum dan ban bekas. Selain menyulap barang bekas menjadi barang yang unik, ide bisnis kreatif ini juga bisa mendatangkan omset yang menggiurkan lho.
Bagaimana tidak menggiurkan jika tiap unit bisa dihargai Rp 300.000, bahkan Rp 1.200.000 per paketnya. Sementara modal yang dikeluarkan untuk membeli drum dan ban bekas tergolong murah. Memang sih, bisnis furniture unik ini butuh ilmu dan keterampilan. Namun jika kamu mau telaten menjalaninya, hasilnya akan terasa indah. Atau jika kamu memang kurang bakat atau minat bikin sendiri, kamu bisa menjadi marketing dari produk furniture unik dari barang bekas ini.
Selain mendaur ulang barang bekas, kamu juga bisa membuat atau menjual peralatan rumah tangga yang memiliki tampilan lucu yang terbuat dari rotan, seperti keranjang baju kotor, tempat mainan anak, kotak aksesoris, tempat lampu, tempat tisu dan lain sebagainya. Karakternya pun macam-macam, seperti boneka sapi, boneka beruang, Winnie the Pooh, Hello Kitty dan lain sebagainya. Pastilah orang akan lebih tertarik untuk membeli. Selain itu, dana yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini juga tidak mahal, yakni Rp 10 juta dengan omzet mencapai Rp 50 juta tiap bulannya. Apa tidak wow itu?

3. Bisnis makanan duka cita

Di setiap acara yang happy-happy pastilah makanan yang tersedia ada banyak variasinya dan rasanya pun enak-enak. Begitu juga tampilannya yang cerah, ceria dan menggiurkan. Tapi itu sudah terlalu umum. Untuk bisnis kreatif, kamu perlu memilih ide bisnis yang anti mainstream.
Misalnya menyediakan makanan untuk acara duka cita. Toh dalam hidup ini tidak selalu bahagia yang terjadi, tapi duka cita juga sering kali menghampiri dan kita tidak kuasa untuk menolaknya kan? Nah, manfaatkan kesempatan ini untuk menjalankan bisnis makanan duka cita. Bukan berarti kamu akan bersenang-senang di atas penderitaan orang lain lho.
Ide seperti ini dicetuskan oleh David Storke yang merasa miris melihat bunga duka cita yang nasibnya berakhir tragis terbuang sia-sia. Padahal harga bunga duka cita kan mahal. Daripada buat bikin bunga duka cita akan lebih bermanfaat jika menyediakan menu makanan duka cita. Karena keluarga yang ditinggalkan pastilah tidak sempat memasak, karena dalam masa berkabung dan juga banyak tamu yang datang untuk melayat.

4. Bisnis mendengarkan curhatan orang lain

Saat ini semakin hari semakin banyak orang yang stress dan bahkan rasa-rasanya hampir tidak sanggup menjalani hidup. Sayangnya banyak juga orang-orang yang ternyata tidak mampu untuk mencurahkan isi hati kepada orang terdekat mereka, entah rasa malu, enggan, sungkan dan alasan lainnya. Hal ini bisa menjadi ladang ide bisnis kreatif buat kamu yang lagi nyari ide bisnis yang menggiurkan. Terutama buat kamu yang emang pada dasarnya punya jiwa simpati, empati dan peduli yang tinggi.
Bagi kamu yang tertarik terjun ke bisnis ini tapi merasa belum memiliki modal jiwa simpati, empati dan peduli tersebut, kamu bisa memulainya dengan cara membiasakan diri. Jadikan bisnis tersebut sebagai bagian dari hobi, sehingga kamu akan secara perlahan nyaman dan menikmatinya. Selain itu, kamu juga perlu modal wawasan yang luas, sehingga jika dimintai saran, maka saran yang kamu berikan akan work.

5. Bisnis daur ulang sampah plastik

Sampah tidak selamanya buruk. Di tangan orang-orang kreatif, sampah bisa didaur ulang sehingga mampu menghasilkan karya yang bermanfaat lagi unik. Plastik menjadi salah satu jenis sampah yang paling banyak ditemukan, dari mulai sampah plastic bekas minuman sachet, bungkus makanan, plastic tas belanjaan dan lain sebagainya.
Kamu bisa mendaur ulang sampah plastic menjadi barang yang bermanfaat dan unik sehingga bernilai rupiah tinggi, seperti tas belanja dari plastic daur ulang, tas ransel, sandal, dompet, dan lain sebagainya. Bahkan contoh bisnis kreatif ini bisa diekspor ke luar negeri, sehingga nilai jualnya bisa jauh lebih tinggi daripada di sini. Lagipula modalnya pun kecil. Hanya butuh ketlatenan kamu saja dalam membentuk plastik menjadi barang yang berguna lagi bentuknya unik.

6. Bisnis bunga kertas artificial

Saat ini lagi trend foto pesta dengan background bunga-bunga kertas. Ternyata bunga-bunga kertas memang bisa dibikin kreasi unik nan indah dengan nilai rupiah yang tinggi. Modal untuk menjalankan bisnis kreatif ini juga terbilang murah. Meskipun demikian, hasilnya bisa jutaan. Keuntungan lain dari bisnis bunga kertas artificial ini adalah awet, tahan lama dan tidak bisa layu. Jadi bisa bikin dekorasi abadi ataupun kenang-kenangan yang berkesan, apalagi jika acara yang dilangsungkan begitu bermakna dan spesial, seperti acara lamaran, pesta ulang tahun, pernikahan, baby shower dan lain sebagainya. Tidak hanya orang awam saja yang menggandrungi hiasan ini, tapi selebriti dan orang-orang penting juga lho. Jadi memang benar-benar menggiurkan dan patut untuk ditekuni.

Zaman selalu berkembang. Dalam perkembangan tersebut pastilah akan muncul tren yang baru, sehingga kamu dituntut untuk melek informasi, teknologi dan inspirasi. Salah satunya dengan mengetahui aneka ide bisnis kreatif di atas. Pada dasarnya untuk menjalankan bisnis kreatif dan ingin sukses, dibutuhkan ide-ide yang kreatif, unik dan lain dari pada yang lain tanpa mengesampingkan manfaat dari produk tersebut. Jadi dari beberapa ide bisnis tersebut, mana nih yang kamu banget?