Bagaimana Cara Sukses Bisnis MLM ? Inilah Rahasianya !

Sekarang ini, banyak perusahaan yang menganut sistem MLM. Peminatnya pun tak sedikit karena bisa dilakukan di mana saja dan hasilnya pun dapat memberikan keuntungan yang besar. Sayangnya, tidak semua bisnis MLM dapat berjalan mulus. Masih banyak orang yang memandang negatif bisnis ini. Banyak masyarakat yang menganggap bahwa bisnis MLM merupakan bisnis penipuan yang terselubung. Sebenarnya, apa itu MLM?

Bisnis MLM

Pengertian MLM

MLM merupakan singkatan dari Multi Level Marketing. Sistemnya yaitu berjenjang yang mana seseorang akan mendapatkan keuntungan secara langsung dari perusahaan atas hasil penjualan yang dilakukan oleh dirinya ataupun penjual lain yang telah direkrut. Contoh sederhananya ialah seseorang menjual barang kepada konsumen, maka dia akan mendapatkan keuntungan langsung dari perusahaan. Sementara itu, ketika dia berhasil merekrut seseorang untuk menjadi mitranya, dia juga akan mendapatkan keuntungan apabila mitranya tersebut berhasil menjual suatu produk.

Jika keuntungan yang didapatkan dari bisnis MLM itu besar, hal ini sangat wajar. Itu sebagai pengganti biaya distribusi dan iklan. Kita tahu bahwa biaya operasional tersebut sangat besar. Sebagai gantinya, perusahaan berani memberikan keuntungan yang besar bagi seseorang yang berhasil melakukan penjualan produk tersebut serta merekrut seseorang untuk berjualan. Semakin banyak orang yang direkrut, keuntungan akan makin besar. Bayangkan saja jika ada beberapa orang tim di bawah Anda yang berhasil menjual produk. Pasti Anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

Jika bisnis MLM itu menggiurkan, sudah tahukah Anda mengenai cara sukses berbisnis MLM?

Tips Rahasia Sukses Bisnis MLM

1. Pelajari terlebih dahulu mengenai bisnis MLM yang diikuti

Cara memulai bisnis MLM ialah sebaiknya pelajari terlebih dahulu mengenai industri MLM tersebut. Pastikan bahwa bisnis tersebut aman dan tidak merugikan. Selain itu, pelajari produk yang dijualnya. Galilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai bisnis MLM tersebut.
Setelah mendapatkan banyak informasi, Anda bisa memutuskan untuk bergabung atau tidak. Jika yakin, silahkan langsung daftar menjadi member. Namun, jika Anda merasa ada yang janggal dengan bisnis ini, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk bergabung.

2. Pilih bisnis MLM yang menjual produk yang Anda suka

Ketika menjalankan bisnis MLM, Anda akan bergelut dengan produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Jika Anda memiliki rasa suka terhadap produk yang dijual, hal ini akan membuat Anda semakin mudah memasarkannya. Pilihlah produk yang tidak sekali habis melainkan produk yang mana orang akan terus menerus menggunakannya. Sebagai contohnya ialah produk kesehatan dan kecantikan. Orang akan melakukan repeat order terhadap produk yang memiliki manfaat besar.

3. Cek status legalitas perusahaan apakah terpercaya atau tidak

Tidak dipungkiri bahwa banyak perusahaan MLM yang melakukan penipuan. Sebenarnya, anggapan negatif masyarakat mengenai bisnis MLM karena anggotanya yang mengatakan sesuatu yang berlebihan ketika akan merekrut anggota. Bahkan, ada yang tidak segan dengan melakukan sedikit penipuan sehingga banyak anggota yang tertarik bergabung.
Jika Anda ingin merekrut anggota, sebenarnya berkatalah apa adanya. Anda tidak perlu bercerita bohong mengenai kisah kesuksesan seseorang yang telah ikut bergabung menjadi anggota bisnis MLM. Sebaiknya, ceritakan sesuai fakta yang ada. Sistem MLM yang benar tidak akan menyuruh anggotanya untuk melakukan pembohongan. Ingatlah bahwa tugas Anda ialah berjualan. Jadi, silahkan berpromosi agar banyak orang yang membeli produk tersebut. Berkata jujur di awal lebih baik karena tidak akan membuat seseorang kecewa.

4. Jangan rekrut keluarga atau teman sebagai anggota

MLM memang identik dengan perekrutan anggota atau downline. Boleh-boleh saja kamu mengajak teman atau keluarga untuk bergabung pada bisnis yang kamu jalani. Namun, jangan ada paksaan. Mereka memiliki pendapat dan pendirian masing-masing. Jika mereka menolak, kamu tidak boleh kecewa.

5. Menentukan target pasar yang tepat

Jangan berpikir bahwa semua orang merupakan target pasar yang bisa diajak join pada bisnis MLM kamu. Sebelum mengajak seseorang untuk bergabung, sebaiknya lakukan identifikasi tersebut. Kamu bisa mempelajari karakter seseorang kemudian dihubungkan dengan produk yang kamu pasarkan. Seperti misalnya kita menjual produk kecantikan. Tentunya, hanya para wanita saja yang berpotensi akan membeli produk kamu. Apalagi ketika kamu menjual krim jerawat, pastinya kamu akan mencari seseorang yang memiliki masalah dengan jerawat.

6. Pikirkan tentang besarnya kompensasi yang kamu dapatkan

Tujuan kamu bergabung dengan bisnis MLM ialah untuk mendapatkan uang. Oleh sebab itu, pertimbangkan berapa besar keuntungan yang akan kamu dapatkan dari bisnis ini. Semakin besar nilai rupiah yang kamu dapatkan, kamu akan semakin bersemangat menjalankan bisnis tersebut. Hal ini akan memotivasi kamu untuk bekerja keras dalam menjual produk dan merekrut anggota baru.

7. Merekrut anggota baru

Cara sukses bisnis MLM ialah merekrut anggota. Semakin banyak memiliki anggota, maka potensi keuntungan yang didapatkan akan semakin besar. Kamu membangun jaringan sehingga mendapatkan profit yang besar. Jangan gunakan kebohongan sebagai trik prospek MLM. Berkatalah jujur tentang bisnis MLM tersebut. berikan informasi sesuai faktanya. Apabila memang seseorang yang kamu ajak bergabung belum tertarik, tak masalah.

8. Perbanyak relasi

Salah satu cara mendapatkan downline dengan cepat ialah memperbanyak relasi. Usahakan kamu memiliki banyak kenalan. Semakin banyak orang yang kamu kenal, semakin besar peluang kamu untuk menjual produk serta merekrut anggota.

9. Menjadi mentor untuk para anggota yang kamu rekrut

Setelah berhasil mendapatkan tim anggota bisnis MLM, hal yang perlu dilakukan ialah membina mereka. Kamu bisa mengajarkan mengenai cara menjual produk agar cepat laku. Selain itu, ajarkan pula cara merekrut anggota baru. Ketika anggota kamu mendapatkan anggota di bawahnya, semakin besar potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

10. Memanfaatkan perkembangan teknologi

Kamu bisa menjual produk MLM dengan cara offline dan online. Perkembangan teknologi yang pesat membuat seseorang bisa berjualan online dengan mudah. Kamu bisa memilih berjualan lewat sosial media seperti Facebook atau Instagram.

11. Melakukan sharing untuk memotivasi para member

Kamu bisa membuat jadwal pertemuan dalam rentang waktu sekian sekali. Pada pertemuan tersebut, kamu bisa mengajak diskusi mengenai hambatan apa saja yang didapatkan ketika menjalankan bisnis MLM ini. Kemudian, kamu bisa memberikan saran terbaik berdasarkan pengalaman yang pernah kamu alami.
Lalu, kamu juga bisa membahas mengenai keunggulan produk yang kamu pasarkan. Rajin-rajinlah memberikan informasi kepada para downline kamu agar penjualan dan perekrutan hasilnya memuaskan.

12. Berikhtiar dan berdoa

Cara sukses bisnis MLM yang terakhir ialah jangan lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa setelah kamu melakukan berbagai usaha. Ingatlah bahwa hasil dari apapun akan berdasarkan oleh kehendakNya. Untuk bisa sukses, kamu harus selalu mendekat kepada Allah SWT.

Kalau kamu ingin sukses pada bisnis MLM, jangan lupa untuk gunakan 12 cara di atas. Kamu harus fokus mencapai kesuksesan. Kesuksesan akan kamu dapatkan jika kamu bekerja keras dan tidak mudah putus asa. Bukan hal yang mustahil jika kamu sukses dalam bisnis MLM lalu mendapatkan uang yang banyak.