5 Contoh Bisnis Online yang Menguntungkan Dan Mudah Diterapkan

Contoh Bisnis Online – Beberapa tahun belakangan ini, bisnis online menjamur di mana-mana. Geliat masyarakat dunia bahkan Indonesia menyambut antusias bisnis yang dikerjakan menggunakan media internet ini. Wajar aja sih, karena menjalankan bisnis seperti ini cukup mudah dan pilihannya pun beragam. Bahkan sekarang apa-apa lebih praktis, hemat dan cepat menggunakan online. Buat kamu yang lagi bingung mau menggeluti bisnis online apa, bisa ambil salah satu atau beberapa contoh bisnis online yang paling menguntungkan berikut agar sukses dalam menjalankan bisnis tersebut sehingga mendulang rupiah melimpah ruah.

Baik untuk sekadar sampingan atau pendapatan utama, bisnis online bisa membawa kamu pada titik kesuksesan yang ditandai dengan banyaknya pendapatan yang kamu miliki dari hasil bisnis tersebut. Kuncinya sih cuma satu, yaitu fokus. Fokus akan membawa kamu pada ketelatenan. Dan ketelatenan akan mengantarkan kamu pada kesuksesan. Memang ada banyak jenis bisnis online yang bisa kamu lakukan. Tapi sebelum memilihnya sebagai pintu untuk mendapatkan rezeki, kamu sebaiknya mengetahui beberapa contoh bisnis online yang menguntungkan berikut ini.

Bisnis Online

Jualan online

Bisnis yang berkaitan dengan jual beli itu memang nggak ada matinya. Tidak hanya offline, kamu bisa membangun toko secara online, lho! Bahkan toko online sudah menjamur di dunia internet. Hal tersebut terbukti dengan semakin banyaknya bermunculan toko-toko online, baik yang dipasarkan melalui platform marketplace maupun sosial media pribadi.

Apa yang bisa kamu jual di toko online? Apa saja bisa! Dari mulai barang besar seperti perkakas rumah tangga hingga barang yang paling kecil seperti pita rambut pun ada. Kamu bebas memilihnya. Meskipun demikian, ada tips dan trik tersendiri cara bisnis jualan online biar laku keras dan rupiah melimpah ruah. Apa itu? Tidak lain dan tidak bukan adalah jual produk tipe kebutuhan yang unik dan kalau bisa yang toko-toko lain belum punya.

Yakin deh, begitu launching produk, toko online kamu bakal kebanjiran pembeli. Selain lewat marketplace dan sosial media pribadi, kamu juga bisa membangun toko online dengan platform wordpress.

Lalu bagaimana jika kamu tidak punya barang milik sendiri yang akan dipasarkan di toko online kamu? Tenang, kamu bisa mengambil produk incaran di supplier. Untuk kamu yang baru kali ini membuka toko online dan terjun ke dunia bisnis online jual beli, sebaiknya melakukan sistem dropship. Dropship memungkinkan kamu untuk memajang gambar produk yang akan kamu pasarkan yang diambil dari supplier. Jadi dalam hal ini kamu nggak perlu nyetok atau memiliki produk secara fisik.

Selain itu, keuntungan lain dari sistem dropship adalah kamu tidak perlu pusing mikirin pengadaan barang, melakukan proses packing dan pengiriman barang. Kenapa? Karena supplier yang akan melakukan itu semua. Jadi, praktis kan? Tipsnya, kamu perlu mencari supplier besar, amanah dan terpercaya. Percayalah, dapat uang dari jualan online atau dropship itu mudah. Tentu dalam hal ini, kamu juga perlu mengerti bagaimana jualan yang baik. Salah satu ilmu yang perlu kamu kuasai adalah copywriter.

Blogging

Blogging adalah salah satu jenis bisnis online yang paling umum, karena mudah dijalankan. Siapapun bisa menjalankan bisnis semacam ini. Kamu tinggal membangun saja blog atau website. Berbayar ataupun gratis pun tidak masalah, asalkan kamu telaten dalam menjalankannya. Ingat ya, bisnis online malalui blogging ini tidak instan, sehingga kamu perlu mempelajarinya. Terutama bagaimana cara membangun website, bagaimana cara mengisi konten website yang baik dan bagaimana menghasilkan rupiah atau dollar dari website.

Untuk pemula, apalagi yang berbudget sederhana bisa mengandalkan blog gratis, baik dari blogspot maupun wordpress. Baru setelah nanti memiliki cukup modal, kamu bisa beralih ke website berbayar biar lebih luas jangkauannya dan lebih dekat dengan kesuksesan sebagai blogger.

Setelah kamu berhasil membangun blog, maka kamu bisa perlu memikirkan topik atau tema apa yang akan kamu usung dalam sajian website atau blog kamu tersebut. Jika belum menemukan ide atau belum mendalami bagaimana cara riset yang benar, pilih saja topik yang berhubungan dengan hobi atau keahlian yang kamu miliki dan kuasai. Tulislah hal-hal yang bermanfaat untuk calon pengunjung blog kamu.

Selain itu, pastikan cara penyampaian ide atau tulisan bagus, sehingga pengunjung betah. Dalam ini sangat penting, karena algoritma google akan mempertimbangkan lama atau tidaknya pembaca mengunjungi blog kamu. Semakin banyak pengunjung yang masuk ke blog kamu, maka hal tersebut menandakan bahwa blog kamu bagus.

Langkah selanjutnya adalah memonetize blog. Kamu bisa memilih cara memonetize blog, seperti menjual jasa artikel review, memasang iklan PPC Google Adsense, iklan afiliasi, dan lain sebagainya. Dari monetize itulah kamu akan mendapatkan uang. Cukup mudah dilakukan, kan? Apalagi topik yang kamu ambil ‘kamu banget’. Makin mudah deh buat sukses dari bisnis online blog ini.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Blog Dengan WordPress Dan Blogspot

Penulis Artikel Online

Kamu punya hobi nulis atau menuangkan ide-ide yang menari-nari di kepala? Kenapa nggak jadi penulis artikel online saja? Meskipun kedengarannya sepele, namun jangan salah. Menjadi penulis artikel online. Apalagi yang berkaitan dengan SEO (search engine optimization), kamu bakal lebih mudah menambah isi dompet atau kartu debit kamu. Pasalnya banyak perusahaan, blog, bahkan toko online akan menggunakan keahlian kamu tersebut.

Cara menjalankan bisnis online ini juga sangat mudah, kok. Kamu tinggal nulis saja sesuai dengan pesanan klien. Fee atau pendapatannya tergantung pada jumlah kata yang ditulis. Terkadang topik juga mempengaruhi nilai pembayaran tulisan. Selain itu, harga tulisan artikel Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pun berbeda. Beruntunglah kamu jika bisa menulis dalam bahasa internasional, karena kemampuan kamu akan dinilai dengan harga yang jauh lebih tinggi. Bahkan bisa 100% dari harga artikel berbahasa Indonesia, lho. Yakin tidak tergiur?

Kamu bisa bekerja per orang atau ikut dengan tim penyedia jasa artikel online. Tapi jika kamu telah memiliki kemampuan handal dalam menulis, apalagi dalam bahasa internasional, sangat disarankan untuk memiliki klien sendiri. Hal ini memungkinkan tidak ada potongan untuk jasa edit atau marketing dari penyedia jasa penulis artikel tersebut. Modalnya pun minim banget kok. Cukup menulis, laptop dan internet. Kemampuan kamu menulis akan berbanding lurus dengan pendapatan yang akan kamu terima. Mau untuk bisnis sampingan atau pendapatan utama, bisa-bisa saja, kok.

Baca Juga : 10 Peluang Bisnis Modal Kecil Yang Sangat Menguntungkan

Antara individu satu dan lainnya memang telah Tuhan ciptakan dengan tidak sama. Dalam hal ini, kamu bisa memilih jenis bisnis online yang meskipun sama-sama menggiurkan dan menguntungkan namun pilihlah yang kira-kira kamu mampu untuk fokus menjalankannya. Karena pada dasarnya, untuk bisa sukses di bisnis online ini adalah fokus dan ketelatenan. Gimana? Dari ketiga contoh bisnis online yang menguntungkan tersebut, kamu mau ambil yang mana nih?