12 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Yang Tak Boleh Diabaikan

Buah apel tentu sudah menjadi buah yang tidak asing lagi di Indonesia. Pasalnya buah apel banyak dijumpai diberbagai daerah terutama di kawasan Jawa. Buah dengan mama latin Malicus Domestica ini sudah terkenal sejak dulu karena mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Buah apel bermanfaat untuk kesehatan karena adanya kandungan pythochemicals dimana senyawa tersebut merupakan bioaktif yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel dari radikal bebas. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat buah apel yang lain, simak beberapa ulasannya berikut ini.

Mengurangi Resiko Kanker
Buah apel mengandung zat flavonoid salah satunya yakni adanya quercetin yang berperan penting untuk mempertahankan molekul oksigen yang bisa merusak sel dalam tubuh. Bahkan, manfaat buah apel juga bisa mencegah adanya perubahan sel yang bisa memicu perkembangan sel kanker. Hal ini dibuktikan dengan adanya riser bagi mereka yang mengonsumsi buah apel mempunyai resiko terkena kanker paru-paru 50% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi buah apel.

Membantu Mengurangi LDL Kolesterol
Seperti diketahui bahwa apel merupakan sumber pectin yang bagus untuk membantu mengurangi kadar kolesterol LDL. Fungsi pektin pada apel yakni untuk mengikat lemak dan juga kolesterol sebelum diserap oleh tubuh. Selain itu, adanya kandungan Polyphenols yang terdapat pada buah satu ini terbukti bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Dan dengan Anda mengonsumsi 2 buah apel dalam sehari maka kadar kolesterol dalam tubuh Anda bisa berkurang dalam 10 %.

Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskuler
Buah apel kaya akan kandungan Quercetin yang terbukti ampuh untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit kardiovaskuler seperti jantung dan stroke. Sebuah riset dari 40 ribu wanita menunjukan bahwa mereka yang mengonsumi buah apel mempunyai penurunan resiko 13-22% terkena penyakit kardiovaskuler dibanding mereka yang tidak mengonsumsi buah apel.

Mengurangi Resiko Diabetes
Fungsi pectin pada buah apel yaitu berfungsi untuk menyalurkan asam galacturonic dimana zat tersebut berfungsi untuk menurunkan kebutuhan insulin dalam mengendalikan diabetes. Sehingga manfaat buah apel yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsi buah apel setiap harinya akan mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi buah apel.

Membantu Menurunkan Berat Badan Atau Diet
Apel termasuk buah yang rendah akan kandungan kalorinya dengan rata-rata sekitar 80 kalori dalam satu buahnya. Dengan kandungan yang rendah tersebut maka itu berarti kandungan air yang terdapat pada buah apel termasuk tinggi sehingga hal tersebut memungkinkan Anda untuk merasa tetap kenyang hanya dengan sedikit kalori.

Mengurangi Asma
Hal ini dibuktikan dengan studi yang dilakukan di Inggris bahwa anak-anak yang dilahirkan dari ibu yang mengonsumsi buah apel selama masa kehamilan, maka cenderung terhindar dari gejala asma dibandingkan dengan anak yang ibunya sedikit mengonsumsi apel.

Mengurangi Resiko Penyakit Parkinson
Pada satu buah apel terdapat kandungan phytochemical yang mempunyai peranan penting untuk mengurangi resiko penyakit Parkinson. Ya, penyakit Parkinson sendiri merupakan salah satu penyakit kronis progresif yang bermula dari sistem saraf pusat di otak.

Menyembuhkan Anemia
Tahukah Anda bahwa apel juga kaya akan kandungan zat besi yang terbukti efektif untuk membantu mengatasi gejala anemia. Jika Anda mengonsumsi dua hingga tiga buah apel dalam sehari dapat membantu tubuh dalam mempertahankan kadar zat besi.

Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer
Sebuah penelitian menunjukan bahwa setiap mengonsumsi buah apel atau dalam bentuk jus bisa meningkatkan kesehatan otak sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer. Selain, manfaat buah apel terhadap kandungan quecetinya dapat melindungi sel otak dari adanya kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dimana hal tersebut bisa menyebabkan penyakit Alzheimer.

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh
Serat larut seperti pectin pada buah apel ternyata bisa membantu dalam mengurangi peradangan serta bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, kandungan serat larut ini bisa mengubah sel imunitas tubuh dengan cara meningkatkan produksi protein anti inflamasi dan interleukin 4.

Membantu Memperkuat Tulang
Sudah teruji secara klinis bahwa apel mengandung flavonoid yang bernama phloridzin. Kandungan tersebut diketahui mampu melindungi wanita pasca masa menopause dari gejala osteoporosis. Dengan begitu manfaat buah apel juga bisa membantu Anda untuk meningkatkan kepadatan tulang. Apel juga mengandung boron yang mampu untuk menguatkan tulang.

Melancarkan Proses Pencernaan
Dan manfaat buah apel yang terakhir bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Ya, hal ini dikarenakan adanya kandungan serat yang bekerja aktif saat berada di usus besar. Hal ini dibuktikan bahwa pada kulit apel kaya akan serat yang tinggi sehingga buah apel menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang sering bermasalah dengan pencernaan.

Itulah beberapa manfaat buah apel yang bisa Anda dapatkan. Jangan lupa untuk menyertakan kulit apel saat mengonsumsi buah satu ini agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.