11 Khasiat Buah Naga Yang Sangat Penting Untuk Kesehatan Tubuh

Ketika berbelanja buah-buahan supermarket, buah naga mungkin menjadi salah satu buah yang tak pernah ketinggalan untuk dibeli. Selain rasanya yang enak, buah satu ini juga mudah untuk dikenali karena mempunyai bentuk yang unik. Ya, buah yang berasal dari Amerika Tengah ini juga mempunyai pertumbuhan yang unik karena mulanya tumbuh dari kaktus, kemudian berbunga dan layu dari sore hingga pagi hari. Tak heran bahwa buah naga mempunyai sebutan moonflower atau Queen of The Night.

Untuk tampilan kulit buah naga sendiri umumnya berwarna merah dengan daging berwarna merah keunguan atau putih dengan biji kecil warna hitam. Buah dengan nama latin Hylocereus Undatus ini sangat rendah kalori akan tetapi terdapat nutrisi yang tinggi seperti protein, fosfor, antioksidan, vitamin B dan C. Untuk lebih tau apa saja manfaat buah naga, yuk simak beberapa penjelasannya berikut ini.

Camilan Sehat Untuk Program Diet
Saat perut Anda terasa lapar dan mengisinya dengan makanan yang kaya serat dan rendah kalori maka akan membuat perut terasa kenyang lebih lama tanpa takut berat badan bertambah. Selain itu, manfaat buah naga juga baik untuk sistem pencernaan karena buah satu ini juga mengandung banyak air. Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur maka akan menjadikan perut terasa lebih kenyang.

Mencegah Kanker
Sama halnya dengan buah warna merah lainnya, buah naga juga mengandung lycopene. Kandungan lycopene sendiri berperan sebagai penyedia warna merah ini terbukti efektif untuk merendahkan resiko kanker prostat.
Tak hanya itu saja manfaat buah naga yang lain yaitu adanya kandungan antioksidan hytoalbumin dimana kandungan tersebut bisa membantu untuk membentuk radikal bebas karsiogenik pada tubuh. Bahkan, buah ini juga kaya akan kalsium, fosfor, vitamin B, vitamin B2 dan serat dimana nutrisi tersebut membantu mengeluarkan racun logam yang bisa menyebabkan kanker.

Mencegah Diabetes
Adanya sifat antioksidan pada buah naga, berfungsi untuk mencegah adanya penyakit diabetes karena bisa membunuh sel jahat yang dihasilkan pada makan yang tidak sehat dan pola hidup tidak sehat. Perlu diketahui bahwa buah naga aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena kadar gulanya sangat rendah.

Mencegah Darah Tinggi dan Serangan Jantung
Tak hanya berfungsi sebagai pencegah kanker, namun manfaat buah naga juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Bahkan, buah ini juga bisa mencegah penyakit jantung mendadak karena kandungan bijinya mengandung lemak omega 3 dan 6 yang fungsinya untuk meringankan gangguan kardiovaskuler.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Karena buah naga juga mengandung nutrisi dan gizi yang tinggi, maka manfaat buah naga juga bisa digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Selain itu, dengan Anda mengonsumsi secara rutin buah naga juga bisa membantu proses penyembuhan luka baik luka dalam maupun luka luar.

Meningkatkan Nafsu Makan
Adanya vitamin B1 dan B2 pada buah naga juga juga bagus untuk membuat nafsu makan menjadi bertambah, terlebih jika dikonsumsi oleh anak-anak yang susah makan. Hal ini mungkin terlihat bertolak belakang dengan manfaat buah naga untuk diet, sehingga bagi Anda yang sedang melakukan program diet cukup menggantinya dengan makanan sehari-hari dengan buah naga yang mengenyangkan tanpa membuat tubuh menjadi melar.

Memperbaiki Masalah Pencernaan
Kerap mempunyai masalah dengan sistem pencernaan? Anda bisa membersihkannya dengan buah naga. Adanya kandungan fiber dan serat yang tinggi bisa membantu membersihkan dan memperbaiki sistem pencernaan dan mengobati sembelit atau konstipasi.

Cegah Penuaan Dini
Manfaat buah naga untuk hal kecantikan yakni bisa memperlambat penuaan dini. Hal ini dikarenakan antioksidan yang akan membuat kulit mampu beregenerasi dengan baik serta membuatnya tetap kencang.

Meringankan Asma dan Batuk
Adanya kandungan lemak omega 3 dan 6 pada buah naga ternyata bagus untuk membantu meringankan gangguan respirasi. Sehingga bagi Anda yang tengah menderita asma dan batuk tidak berhenti akan sedikit terobati hanya dengan mengonsumsi buah naga.

Menjaga Kestabilan Gula Darah
Dengan Anda mengonsumsi buah naga secara teratur maka bisa membantu gula darah dan tekanan darah menjadi stabil dan menghindarkan Anda dari komplikasi kehamilan. Apabila gula darah dan tekanan darah tinggi saat proses kehamilan bisa menjadikan ibu hamil mengalami preklamasia yang bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Mengatasi Anemia
Buah naga juga bisa membantu mengatasi serta mencegah gejala kurang darah maupun anemia. Hal ini dikarenakan kandungan buah naga yang kaya akan zat besi yang berperan penting untuk penyusun utama sel darah merah.

Tunggu apalagi, sediakan buah naga untuk persedian agar bisa dikonsumsi setiap hari sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat buah naga dengan baik. Jangan lupa juga untuk selalu memilih buah naga yang keadaannya masih baik ya.