3 Manfaat Buah Nanas Untuk Menjaga Kesehatan Lambung Dan Usus

Salah satu penyakit yang banyak diderita oleh kebanyakan orang adalah masalah pencernaan. Ada ratusan penyakit yang bisa berasal dari kesehatan pencernaan. Beberapa penyakit tersebut ada yang terasa ringan, ada pula yang menyakitkan bahkan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, jika Anda memiliki masalah pencernaan sebaiknya segera diobati agar nantinya tidak berkembang menjadi sesuatu yang gawat dan membahayakan.

Salah satu buah yang memiliki segudang manfaat untuk pencernaan adalah Buah Nanas. Manfaat Buah Nanas ini, didapat karena memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh, terutama untuk mengatasi masalah pencernaan. Anda pasti tidak akan percaya jika Buah Nanas memiliki manfaat luar biasa seperti itu. Penasaran apa saja manfaat Buah Nanas untuk pencernaan? Simak penjelasan berikut ini!

Melancarkan Sistem Pencernaan
Sistem pencernaan merupakan salah satu proses yang penting di dalam tubuh. Dari sistem pencernaan inilah tubuh akan mengolah berbagai sumber makanan yang masuk untuk diserap gizinya dan diantarkan untuk memenuhi kebutuhan energi setiap organ tubuh.

Selain itu, melalui sistem pencernaan inilah tubuh akan mengeluarkan zat-zat sisa pengolahan yang dianggap sudah tidak bisa diolah kembali. Nah, jika Anda mengalami masalah pada sistem pencernaan ini, maka proses pemenuhan gizi ke seluruh tubuh bisa terhambat.

Salah satu manfaat Buah Nanas adalah melancarkan sistem pencernaan. Buah Nanas kaya akan kandungan serat yang tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tidak seperti makanan tinggi serat pada umumnya yang sulit untuk dicerna, Buah Nanas yang kaya akan serat mudah dicerna oleh tubuh.

Untuk bisa memiliki sistem pencernaan yang sehat, setidaknya Anda harus mengonsumsi 14 gram total serat yang berasal dari seribu kalori setiap harinya. Nah, serat yang tinggi ini bisa Anda dapatkan dengan mudah hanya dengan mengonsumsi Buah Nanas. Di dalam setengah potong Buah Nanas terdapat 2,2 gram total serat makanan yang baik untuk tubuh.

Tentu Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan buah tropis yang ada di sepanjang musim ini? Buah Nanas yang memiliki rasa manis dan segar ini memang dikenal akan kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi.

Selain kaya vitamin C, Buah Nanas ini juga dipercaya memiliki kandungan enzim yang baik untuk sistem pencernaan. Enzim tersebut adalah bromelain. Enzim ini berfungsi untuk membantu meningkatkan kemampuan usus dalam proses penyerapan protein yang lebih tinggi. Selain itu, Enzim Bromelain yang merupakan campuran dari enzim proteolitik ini juga dapat mengatasi masalah yang terjadi pada sistem pencernaan, seperti sakit perut dan diare. Sehingga meskipun memiliki rasa yang sedikit masam bukan berarti mengonsumsi Buah Nanas menyebabkan sakit perut, melainkan menyembuhkan sakit perut tersebut.

Mengatasi Perut Kembung
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu manfaat Buah Nanas adalah untuk mengatasi gangguan pada sistem pencernaan termasuk perut kembung. Perut Kembung merupakan sebuah kondisi dimana perut biasanya lebih membesar dengan berisi banyak gas di dalamnya. Biasanya penderita akan merasa ingin terus melakukan buang angin.

Seseorang yang sedang mengalami perut kembung, akan merasa tidak nyaman. Perutnya akan terasa begah, ingin muntah, mual dan sering kentut serta sering sendawa. Selain itu, ada pula yang disertai dengan demam dan pusing. Tentu saja hal ini dapat mengganggu aktivitas Anda karena Anda akan merasa lemas dan tidak berdaya.

Perut kembung ini bisa menyerang di segala usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyebab perut kembung pun beragam. Bisa disebabkan oleh faktor makanan, Intoleransi Lactosa, Irritable Bowel Syndrom, Penyakit Geliac, Asam Lambung Yang meningkat, sembelit, PMS, stress, gelisah dan lain sebagainya.

Nah, untuk bisa mengatasi masalah perut kembung, cobalah untuk mengonsumsi Buah Nanas. Manfaat Buah Nanas untuk pencernaan adalah untuk mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung. Buah Nanas akan menyebabkan refluks yang dapat membantu meredakan gas di dalam perut secara alami.

Hal ini terjadi karena kandungan enzim bromelain yang dimilikinya. Enzim Bromelain ini bersifat menenangkan di dalam perut, sehingga perut kembung Anda dapat diatasi secara alami dengan mengonsumsi Buah Nanas tersebut. jika sakit tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar diketahui penyebab pastinya kemudian mendapatkan penanganan yang semestinya.

Mencegah Kanker Usus
Selain dapat mengatasi berbagai masalah pada sistem pencernaan, Manfaat Buah Nanas yang lainnya adalah dapat mencegah terjadinya kanker pada usus. Kandungan vitamin C yang tinggi berperan sebagai antioksidan yang tinggi yang mampu melawan munculnya sel-sel Kanker di dalam tubuh. Selain itu, Buah Nanas juga mengandung Vitamin A, Flavonoid, Beta Karoten yang mampu untuk menangkal bahaya radikal bebas. Salah satu bahaya dari radikal bebas adalah dapat memicu kanker.

Nah itulah beberapa manfaat Buah Nanas yang luar biasa yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Anda dapat mengonsumsi Buah Nanas secara rutin dan jangan berlebihan. Karena jika berlebihan juga bisa menimbulkan efek yang tidak baik untuk kesehatan.