10 Manfaat Buah Pepaya Yang Sangat Penting Bagi Kesehatan Tubuh

Pepaya menjadi satu diantara banyak buah yang kaya akan sumber nutrisi tinggi. Buah dengan ciri khas memiliki warna yang terang dengan rasa manis ini memang banyak digemari oleh banyak kalangan. Bahkan, Anda bisa setiap hari mengonsumsi pepaya mengingat buah satu ini dapat mudah ditemukan disekitar.

Buah yang berasal dari Meksiko ini dipercaya bisa dijadikan sebagai zat anti kanker karena mempunyai manfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit yang kapan saja bisa menyerang. Daging dari buah pepaya mempunyai tekstur yang lembut sehingga banyak yang memanfaatkan untuk melancarkan buang air besar (BAB), obat demam, mengatasi konstipasi atau sembelit. Tak hanya itu saja, sejumlah manfaat buah pepaya yang penting lainnya yakni sebagai berikut:

Memperkuat Sistem Imun
Buah pepaya kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi sehingga mampu meningkatkan senyawa senyawa beta karoten. Senyawa beta karoten tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Oleh sebab itu manfaat buah pepaya ini bisa dijadikan pilihan terbaik untuk mencegah infesi seperti flu, pilek atau demam.

Anti Inflamasi
Pepaya sangat bagus bagi penderita osteoporoisis, edama dan arthritis karena pada satu ini terdapat enzim anti inflamasi. Dan enzim inflamasi tersebut juga bagus untuk mencegah kanker.

Menyehatkan Tulang
Saat tubuh kekurangan asupan vitamin K yang banyak, maka hal tersebut dikaitkan dengan resiko lebih tinggi terkena gejala patah tulang. Untuk itu penting untuk mengonsumsi pepaya dimana buah tersebut kaya akan kandungan vitamin K yang bagus untuk kesehatan tulang. Bahkan, kandungan vitamin K yang bekerja efektif dalam mengubah protein matriks tulang akan membantu meningkatkan penyerapan kalsium juga dapat mengurangi ekskresi kalsium.

Mencegah Penyakit Jantung
Adanya kandungan kalium, serat dan kalium pada buah pepaya ternyata dapat membantu tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Saat terjadi peningkatan asupan kalium yang terjadi bersamaan dengan penurunan asupan nutrium menjadi perubahan pola makan yang penting. Sehingga manfaat buah pepaya tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengurangi penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan enzim yang terdapat pada buah pepaya dipercaya bekerja efektif untuk mencegah adanya oksidasi kolesterol yang akan menekan kadar kolesterol dan juga membantu mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Melancarkan Sistem Pencernaan
Untuk manfaat buah pepaya untuk melancarkan sistem pencernaan memang sudah tidak diragukan lagi. Apabila mengalami susah buang air besar (BAB) buah pepaya memang menjadi solusi terbaik. Pada buah ini terdapat enzim papain yang bekerja efektif membantu melancarkan sistem pencernaan. Tak berhenti disitu saja, bahkan buah satu ini kaya akan kadar air dan serat tinggi dimana kedua nutrisi tersebut sangat baik untuk mencegah sembelit. Dengan mengonsumsi pepaya secara rutin maka akan membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

Mencegah Terjadinya Degenerasi Makula
Adanya kandungan eaxanthin antioksidan yang terdapat pada buah pepaya dipercaya mampu menyaring sinar ultraviolet berbahaya. Kandungan tersebut juga berperan penting untuk memproteksi kesehatan mata dan menangkal kerusakan degenerasi.

Mempercepat Penyembuhan Luka
Saat Anda menumbuk buah pepaya, maka hal tersebut bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka serta mencegah adanya infeksi pada kulit terbakar. Para peneliti menyebutkan bahwa terdapat enzim proteolitik chymopapain dan enzim papain yang juga bisa digunakan sebagai salep. Salep yang mengandung enzim papain tersebut juga bisa digunakan untuk mengobati ulkus decubitus.

Membantu Program Diet
Para ahli menyebutkan bahwa pada pepaya muda terdapat lebih banyak enzim papain dibandingkan dengan pepaya yang matang. Enzim tersebut memberikan efek pada pengurangan karbohidrat, protein, lemak pada tubuh. Dengan adanya manfaat buah pepaya inilah, maka sistem metabolisme tubuh akan berjalan dengan optimal sehingga pembakaran lemak pun juga kan berjalan dengan lancar.

Mencegah Asma
Resiko terkena asma juga akan lebih rendah terlebih pada Anda yang kerap mengonsumsi buah satu ini. Salah satu nutrisi terpenting yakni beta karoten pada pepaya ini sangat bagus untuk menanggulangi masalah pernafasan salah satunya yaitu asma.

Bagus Untuk Kesehatan Kulit
Pepaya berperan penting untuk kesehatan kulit. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk kecantikan dengan memanfaatkan buah satu ini. Ya, kandungan seperti vitamin A, C dan E sangat bagus untuk melembabkan dan mencerahkan kulit sehingga terhindar dari kekusaman.

Dengan mengetahui beberapa manfaat buah pepaya di atas tentunya Anda harus semakin sering mengonsumsi buah satu ini untuk mendapatkan kelebihannya.