10 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Dan Diet Sehat

Buah semangka mungkin menjadi salah satu buah yang mudah didapatkan, terutama di Indonesia yang beriklim tropis. Sebagian besar orang gemar mengonsumsi buah semangka karena rasanya yang manis dan segar apalagi jika dikonsumsi pada siang hari. Selain itu, ternyata buah satu ini mempunyai banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Buah semangka kaya akan nutrisi yang penting bagi tubuh seperti vitamin A, B, C dan juga antioksidan. Bahkan, kandungan kalori yang terdapat pada buah satu ini sangat rendah sehingga Anda tak perlu khawatir mengenai berat badan Anda nantinya. Nah, untuk lebih jelasnya yuk simak beberapa manfaat buah semangka yang penting untuk diketahui.

Buah Semangka
Buah Semangka

1. Anti Penuaan Dini

Manfaat buah semangka yang pertama yakni bisa dijadikan sebagai anti penuaan dini. Ya, hal ini dikarenakan adanya nutrisi kompleks seperti potassium vitamin A, vitamin C dan likopen yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas maupun paparan dari lingkungan yang menyerang kulit seperti paparan sinar matahari, asap kendaraan dan polusi udara.

Perlu diketahui bahwa paparan-paparan tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit Anda seperti jerawat, flek hitam, garis hitam dan juga masalah penuan dini. Dan zat antioksidan pada buah semangka bisa membantu tubuh Anda untuk melepaskan beberapa zat yang memicu radikal tubuh sehingga kulit akan terlihat lebih sehat dan segar.

2. Memelihara Kesehatan Ginjal

Tak hanya mengandung vitamin kompleks saja, namun pada buah semangka juga terdapat kandungan kalium yang berperan penting untuk kinerja ginjal. manfaat buah semangka dengan adanya kandungan kalium ini berguna untuk membersihkan zat racun yang mengendap pada ginjal dan juga melancarkan proses ekskresi tubuh. Nah, supaya tubuh terasa lebih sehat dan bugar konsumsilah buah semangka secara rutin supaya proses pembuangan racun dapat berjalan dengan baik.

3. Memelihara Kesehatan Jantung dan Tulang

Dengan mengonsumsi buah semangka secara rutin, maka aliran darah dalam tubuh akan bekerja maksimal sehingga fungsi jantung juga akan berfungsi dengan optimal. Tak sampai disitu saja, manfaat buah semangka juga akan membantu sel tubuh untuk beregenerasi dengan lancar. Dengan begitu, tingkat oksidatif pada pembuluh darah yang menjadi penyebab serangan dapat berkurang. Buah satu ini juga kaya akan kandungan kalium yang berperan penting untuk membantu membentuk kepadatan tulang sehingga tulang terbebas dari gejala osteoporosis.

4. Menangkal Kanker

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa semangka juga mengandung likopen dan vitamin C yang tinggi. Kedua kandungan tersebut bekerja efektif untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan radikal bebas yang bisa memicu gejala penyakit kanker. Tak hanya itu saja, manfaat buah semangka yang tak kalah penting yakni dengan adanya kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini berperan aktif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan juga penyakit ganas lainnya.

5. Menjaga Kelembaban Kulit

Punya masalah dengan kulit yang kerap terlihat kering dan kusam?. Tak perlu khawatir karena saat ini Anda bisa mengatasinya hanya dengan buah semangka. Buah semangka mengandung kadar air yang banyak sehingga bisa memberi kelembaban ekstra pada kulit Anda. Bahkan, dengan mengonsumsi buah semangka minimal 3 kali dalam seminggu bisa menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

Guna memaksimalkan manfaat buah semangka ini, Anda bisa menggunakan buah tersebut untuk dijadikan masker untuk melembabkan kulit agar hasilnya maksimal. Anda bisa membuat buah semangka tersebut menjadi masker alami minimal 2 kali dalam seminggu.

6. Mengatasi Sembelit

Semangka kaya akan serat dna juga air yang banyak sehingga sangat bagus untuk membantu masalah pencernaan seperti sembelit. Ya, serat yang terdapat pada buah satu ini bisa membentuk gel alami saat berada di usus besar sehingga aktivitas penyerapan nutrisi dan buah air besar bisa lancar. Nah, apabila pencernaan Anda kerap terganggu Anda bisa mengonsumsi buah semangka secara rutin.

7. Mencegah Peradangan

Saat terjadi peradangan pada organ tubuh, maka hal tersebut bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya. Adanya kandungan senyawa kolin pada semangka ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan otot tubuh, memberikan efek relaksasi dan memperbaiki ingatan otak. Tak hanya itu saja, bahkan manfaat buah semangka yang lain juga menyeimbangan kesehatan kulit tubuh, membantu proses penyerapan lemak dan membantu mengirimkan sinyal motoric.

8. Membantu Program Diet

Apabila Anda mempunyai masalah berat badan, tak perlu khawatir karena Anda bisa mengatasinya dengan buah semangka. Adanya kandungan asam amino citruline bekerja efektif untuk mengatasi lemak yang menumpuk pada tubuh. Senyawa ini diperoleh saat mengonsumsi buah semangka yang kemudian diubah oleh ginjal menjadi arginine. Adanya senyawa inilah yang bisa meluruhkan lemak dan larut dalam tubuh.

Baca Juga : Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Guna mendapatkan manfaat buah semangka yang lebih banyak, Anda bisa mengonsumsi buah satu ini secara rutin dan sesuai aturan. Salam hidup sehat.