Buah Sirsak

Tumbuh dan dibudidayakan di daerah dengan iklim yang sedang, sirsak yang kerap dijuluki sebagai buah yang mempunyai rasa asam dan segar ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dan murah. Bahkan jika anda menginginkan, Anda dapat menanam pohon buah ini di pekarangan rumah Anda.
Memiliki duri-duri kecil yang tidak tajam, buah sirsak yang menyerupai jantung ini ternyata juga menyimpan segudang kelebihan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsi buah ini secara langsung, dibuat jus, diolah menjadi camilan, bahkan dijadikan sebagai komposisi dalam obat tradisional yang Anda racik.
Selengkapnya, berikut beberapa manfaat buah sirsak yang patut Anda catat baik-baik.

  1. Membersihkan Saluran Pencernaan

Anda mungkin sudah sangat sering mendengar metode pengobatan tradisional yang menyertakan daun sirsak sebagai bahan utamanya. Daun tersebut biasanya akan diolah menjadi teh dan dihidangkan dengan cara diseduh tanpa gula. Adapun fungsinya ialah membersihkan usus, dan sistem gastrointestinal Anda akan menjadi lancar.
Buah sirsak punya kemampuan untuk merangsang hormon diuretik. Vitamin C yang terdapat pada buah sirsak juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, tak mengherankan jika dengan kenyataan semacam ini, manfaat buah sirsak sangat diandalkan dalam menyembuhkan kudis dan disentri.

  1. Membasmi Parasit

Kedengarannya memang kurang populer untuk khasiat sirsak yang nomor dua ini. Tapi sirsak memang sudah lama dijadikan sebagai senjata untuk membasmi parasit yang mengganggu di negara Amerika Latin dan Amerika Selatan. Sementara di Indonesia, pengetahuan ini baru diaplikasikan sejak beberapa tahun belakangan jadi termasuk informasi yang baru.
Antiparasit dan antibakterinya dapat melindungi tubuh dari serangan infeksi parasit yang berpotensi mendatangkan penyakit berbahaya bagi manusia.
Keberadaan Alkaloid dan kuinolon yang masuk sebagai senyawa anti inflamasi pada buah sirsak juga sangat bagus untuk membunuh parasit yang hidup di usus, serta mengurangi nyeri dan sakit pada bagian perut. Manfaat buah sirsak yang ahli dalam membunuh parasit juga tidak terlepas dari banyaknya Vitamin C yang dimiliki buah asam tersebut.

  1. Meredakan gangguan pernafasan

Boleh saja, saat Anda telah memanfaatkan jeruk nipis namun hasil yang Anda peroleh tak memuaskan, Anda dapat membuktikan khasiat buah sirsak ini. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung saat anda sedang menderita flu, batuk, atau gangguan pernafasan lainnya. Selain mudah, anda juga tak harus mengeluarkan bugdet berlebih untuk mencoba metode alami ini.
Sirsak disupport oleh sifat ekspektoran, yang dapat diandalkan untuk mengangkat dahak dan lendir, dimana pada dahak tersebut patogen dan virus berkembang dengan bebas.
Tak hanya itu saja, sirsak juga ditunjang dengan asam askorbat yang dapat membantu melawan radikal bebas dan infeksi. Jika pertumbuhan virus dan bakteri dapat ditekan, otomatis flu yang Anda derita jadi semakin cepat sembuh. Agar manfaat buah sirsak yang Anda dapatkan ini maksimal, Anda bisa memakai rebusan daun sirsak untuk membantu menyembuhkan sinus dan radang tenggorokan.

  1. Mengobati Nyeri

Anti inflamasi memang punya peran yang sangat signifikan dalam menentukan kesehatan manusia. Tidak hanya menuntaskan masalah pernafasan anda, antiperadangan juga mampu meredakan nyeri sendi seperti arthritis.
Siapkan buah sirsak secukupnya, kemudian gosokkan buah sirsak pada bagian tubuh yang nyeri. Usapkan selama beberapa menit kemudian basuh bagian yang nyeri dengan air. Mudah sekali bukan?

  1. Mencegah Stress

Tumpukan deadline, tuntutan pekerjaan, hingga sederet aktivitas harian yang menyita waktu acapkali menjadi alasan mengapa seseorang kadang dihadapkan pada stress ringan. Kalau sudah begini, selain mengambil cuti atau menyempatkan untuk berlibur di sela-sela kesibukan, anda juga dapat menjajal manfaat buat sirsak yang dapat menghilangkan stress.
Antiperadangan pada sirsak dipercaya dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang. Depresi dapat memproduksi hormon penyebab stress, yang akibatnya akan merusak dan mengacaukan sistem metabolisme di dalam tubuh Anda.
Bagi Anda yang kerap disulitkan dengan insomnia, Anda juga bisa menjadikan buah sirsak sebagai camilan di waktu senggang Anda, tentu saja untuk merampungkan penderitaan anda saat tak bisa tidur nyenyak di malam hari.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Imunitas pada tubuh manusia dapat dikatakan sebagai benteng pertahanan pertama. Jika kekebalan tubuh Anda tidak menjamin virus-virus masuk, maka artinya Anda dapat berlega hati karena kesehatan anda terjaga. Namun saat musim pancaroba datang, dan anda tak kunjung menerapkan pola hidup sehat, itu artinya anda harus sangat waspada.
Beruntunglah karena persoalan ini dapat diatasi dengan memakan sirsak. Vitamin C, B1, dan B2 yang terdapat di dalamnya akan menjaga sistem kekebalan tubuh dan menstimulasi produksi sel darah putih. Sirsak juga kaya akan antioksidan yang akan menghindarkan Anda dari penyakit kronis.
Turunan asam lemak annonaceous acetogenins pada sirsak ditengarai mampu menangkal kanker dan pengurangan ukuran tumor pada manusia.