Inilah Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Posted on
Pernahkah Anda mendengar buah tin? Buah tin adalah buah yang berasal dari Asia Barat atau lebih tepat berasal dari Arab. Buah tin mempunyai nama latin Ficus Carica yang kaya akan kandungan gizi karena terdapat nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti mineral, vitamin dan molekul gula.
Biasanya, buah tin digunakan untuk campuran pembuatan susu, akan tetapi di Negara Arab buah ini dimanfaatkan untuk membantu mengatasi nyeri ketika datang bulan. Bahkan, penelitian juga menunjukan bahwa buah tin tidak mengandung lemak dan kolesterol  kaya akan nutrisi penting seperti kalium, kalium yang zat besi tinggi. Dengan begitu, banyak sekali manfaat buah tin yang akan Anda dapatkan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Apa saja manfaat tersebut? Simak di bawah ini.

Sebagai Sumber Nutrisi Dalam Tubuh

Pada buah tin terdapat kandungan nutrisi yang lengkap dan  bagus untuk kesehatan tubuh seperti serat, kalium dan kalium yang tinggi. Tak hanya itu saja manfaat buah tin juga terdapat kandungan sodiumnya yang rendah, senyawa anti kanker, dan beberapa jenis vitamin lain seperti vitamin A, B dan C. Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut ini sangat bagus untuk tubuh.

Menjaga Kestabilan Glukosa

Rasa dari buah tin memang manis. Akan tetapi, kandungan fruktosa dan glukosa pada buah tin tidak akan membuat kadar gula darah Anda menjadi naik. Hal ini dikarenakan buah tin juga diimbangi dengan adanya kandungan karbohidrat dan serat larut.
Kedua kandungan inilah yang nantinya akan membantu menghambat penyerapan gula berlebih ketika proses pencernaan. Dengan begitu, sistem pencernaan akan selalu berjalan dengan optimal dan akan mengurangi gejala diabetes. Bahkan terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa buah ini cukup efektif untuk mencegah diabetes dengan syarat dikonsumsi dengan tidak berlebihan.

Mengurangi Kolesterol Dalam Tubuh

Manfaat buah tin yang selanjutnya yakni bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ya, hal ini dikarenakan adanya kandungan serat larut dan pectin yang bekerja efektif untuk  meluruhkan lemak dalam tubuh. Bahkan, manfaat lain yang akan Anda dapatkan yakni bekerja aktif saat berada pada sistem ekskresi, baik itu ekskresi berupa keringat, air kencing maupun buang air besar.

Mengatasi Hipertensi

Perlu diketahui bahwa pada buah tin juga terdapat senyawa mineral seperti fosfor, magnesium, fenol dan omega 3 dan 6. Adanya kandungan mineral itulah yang menjadikan manfaat buah tin bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
Seperti diketahui bahwa bahwa tekanan darah tinggi dikarenakan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Dan apabila kondisi tersebut dibiarkan terlalu lama, maka dapat memicu terjadinya penyakit jantung  yang beresiko kematian.

Mencegah Serangan Jantung

Serangan jantung bisa terjadi karena adanya kadar natrium yang tinggi yang bisa menyebabkan plak dan penyempitan pembuluh darah dalam tubuh. Jika plak dan penyempitan pembuluh darah kerap terjadi, maka bisa membuat kinerja jantung semakin berat dan pendistribusian darah keseluruh tubuh juga pastinya akan terhambat.
Bahkan penelitian dari Arab menyebutkan bahwa kandungan pada buah tin kaya akan kalium yang tinggi sehingga sangat bagus untuk membantu menurunkan kadar natrium pada tubuh. Dengan mengonsumsi buah tin minimal 1 kali dalam sehari maka dapat membantu menurunkan resiko terkena serangan jantung secara tiba-tiba.

Mengatasi Anemia Atau Kekurangan Darah

Buah tin banyak mengandung zat besi dimana zat tersebut menjadi bahan utama untuk membentuk hemoglobin pada darah. Bagi Anda yang menderita anemia, maka manfaat buah tin ini sangatlah bagus karena bisa dijadikan sebagai penambah darah alami yang mampu untuk mengoptimalkan pembentukan hemoglobin atau (HB) dalam darah. Untuk itu, sering-seringlah mengonsumsi buah satu ini agar darah Anda bisa bertambah secara alami yang akan menghindarkan Anda dari anemia.

Mencegah Timbulnya Tumor

Terdapat kandungan phenol dan benzaldehide dimana kedua senyawa tersebut dipercaya bisa menghentikan pertumbuhan jamur, virus maupun parasite yang bisa memicu munculnya tumor jinak. Bahkan, manfaat buah tin tidak hanya mencegah tumor jinak saja, akan tetapi adanya kombinasi  antioksidannya juga cukup efektif untuk mencegah Anda dari munculnya tumor ganas.

Mengatasi Sembelit

Sering mengalami mengalami konstipasi atau sembelit?. Anda tak perlu khawatir lagi, karena saat ini Anda bisa mengatasinya dengan buah tin. Adanya kandungan serat laktasif pada buah tin, maka gejala sembelit Anda akan segera diatasi bahkan bagi mereka yang menderita sembelit kronis.

Menjaga Tulang

Kandungan kalium dan fosfor yang tinggi maka Anda juga bisa mendapatkan manfaat buah tin untuk menjaga kesehatan tulang. Bahkan, terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan kalium dan fosfor pada buah tin lebih dari kandungan susu, sehingga dapat dsimpulkan bahwa buah tin ini sangat bagus bagi mereka yang berusia 30 tahun keatas guna mencegah osteoporosis.
Dengan mengetahui beberapa manfaat buah tin di atas, Anda pun bisa mendapatkan kegunaannya dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *