10 Cara Membuat Artikel Yang Menarik Dan Disukai Pembaca

Menjadi seorang content writer adalah hal yang menyenangkan. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan ini. Kamu harus memiliki skill dalam bidang menulis untuk bisa menjadi seorang penulis yang sukses. Tulisan kamu harus menarik dan disukai oleh pembaca. Lalu, bagaimana cara membuat artikel yang berkualitas?

Banyak hal yang bisa kamu coba untuk membuat artikel yang menarik dan disukai oleh pembaca. Kamu bisa mempelajarinya dari para penulis yang professional ataupun mencoba mengirimkan artikel kamu di majalah cetak ataupun media elektronik. Berikut ini adalah beberapa cara membuat artikel yang menarik dan disukai pembaca sehingga langkah kamu menjadi penulis lebih mudah.

Menulis Artikel

1. Keep it simple

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk bisa membuat artikel yang menarik dan disukai oleh pembaca adalah membuat artikel yang simple atau sederhana. Pengunjung tentu akan senang dengan bacaan yang mudah dipahami.

Selain itu, kamu harus menunjukkan keahlian kamu, tetaplah untuk menulis dengan tidak bertele-tele dan tidak rumit. Tulisan yang panjang dan rumit hanya akan membuat pembaca menjadi bingung. Padahal, pembaca datang ke blog untuk mendapatkan informasi tentang sesuatu. Jika mereka merasa kecewa karena sulit untuk memahami artikel yang kamu buat, mereka tidak akan berkenan untuk membaca artikel yang kamu buat lagi.

2. Koreksi kesalahan

Cara membuat artikel yang menarik dan disukai oleh pembaca selanjutnya adalah selalu mengkoreksi kesalahan yang kamu buat. Kesalahan adalah sesuatu hal yang wajar. Hal yang harus kamu lakukan adalah memperbaiki kesalahan yang kamu lakukan.

Buatlah tulisan dengan bahasa yang mengalir. Hal yang paling sering dilakukan oleh para penulis adalah lupa untuk mengecek atau membaca ulang artikel yang telah dibuat. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan. Dengan membaca ulang artikel yang telah dibuat, maka akan ditemukan kesalahan dan bahasa yang mungkin agak rancu. Oleh karena itu, pastikan untuk mengecek kembali artikel yang telah kamu buat ya!

3. Hindari bahasa sms

Apakah yang dimaksud dengan bahasa SMS? Bahasa SMS adalah bahasa yang menyingkat-nyingkat kata-kata sesingkat-singkatnya. Bahasa chat akan membuat pembaca menjadi tidak nyaman ketika membaca artikel yang kamu buat. Hal ini sering menimpa para penulis yang menggunakan mobile ketika menulis artikel. Sebisa mungkin, kamu harus menggunakan perangkat komputer untuk menulis artikel ya guys! Jadi kamu bisa menghindari bahasa chatting!

4. Keep it Short

Menulis artikel untuk blog dan menulis artikel untuk media cetak sebenarnya harus sangat diperhatikan oleh penulis. Kamu boleh menulis artikel sepanjang mungkin jika artikel tersebut akan dimuat di media cetak. Namun, ketika kamu ingin menayangkannya di media elektronik, kamu harus mempertimbangkannya kembali. Membaca artikel di media elektronik akan membuat mata menjadi cepat lelah.

Buatlah artikel sedehana dan pendek saja. Kamu hanya perlu menampilkan tulisan yang to the point atau langsung pada intinya. Panjang artikel yang ideal untuk ditampilkan dalam sebuah media elektronik adalah sekitar 500 hingga 600 kata. Jadi, pembaca akan bisa membaca habis artikel yang kamu buat dalam sekali baca saja.

5. Tulislah tentang passion

Seorang penulis harus mencintai pekerjaanya sebagai penulis. Meskipun ia akan mendapatkan pesanan tentang beragam topik, bukan berarti hal tersebut membuat kamu harus menulis artikel yang kaku sesuai dengan topik tersebut. Hal yang terpenting dalam menulis sebuah artikel adalah mencintai aktivitas dalam menulis artikel. Maka, cintailah aktivitas menulisnya bukan mencintai topik menulisnya. Jika hal tersebut kamu lakukan, maka kamu akan bisa meningkatkan produktivitas menulis.

Semangat dalam menulis akan membuat tulisan yang kamu buat menjadi lebih luas atau tidak saklek. Jadi, cintailah aktivitas menulismu dengan tulus dan ikhlas. Kamu pun akan menjalani pekerjaan dengan lebih santai dan nyaman

6. Minta pendapat dari pembaca

Cara membuat artikel yang menarik dan disukai oleh pembaca selanjutnya adalah dengan meminta pendapat orang lain. Mintalah orang lain untuk membaca artikel hasil buatan kamu, kemudian tanyakan pendapatnya.

Masukkan dari pembaca ataupun dari penulis yang lebih expert akan membuat kamu menjadi lebih tahu tentang apa yang seharusnya kamu lakukan. Semakin banyak kritikan, ini akan menjadi cambukan yang berharga untuk kamu agar terus berkembang.

7. Menulis secara konsisten dan berkala

Bocoran yang besar nih! Untuk mendapatkan tulisan yang sangat berkualitas, kamu harus rajin menulis secara berkala. Jangalah vacuum terlalu lama dalam menulis karena akan membuatmu bingung lagi untuk memulainya.
Jika pembaca sudah senang dengan artikel yang kamu tulis, maka mereka akan selalu menantikan tulisan yang kamu buat. Mereka akan mengecek blog milik kamu secara berkala. Jika kamu tidak kunjung memposting sesuatu, pasti para pembaca akan merasa bosan untuk menantikannya. Akhirnya, mereka pun malas untuk membaca blog milik kamu lagi.
Oleh karena itu, kamu harus menulis secara berkala. Buatlah tulisan yang sederhana saja dan lakukan secara konsisten. Dengan demikian, pembaca akan terus menyimak tulisan yang kamu buat setiap waktu

8. Gunakan kata kunci yang relevan

Pernahkah kamu mendengar tentang latent semantic indexing? Ini merupakan salah satu cara untuk menghubungkan kata kunci dengan kata kunci lain yang relevan. Dengan menggunakan variasi kata kunci yang sesuai dengan sinonimnya, maka kamu tidak perlu memasukkan kata kunci yang sama berkali-kali. Memasukkan kata kunci yang sama berkali-kali akan membuat artikel yang kamu buat menjadi tidak unik lagi.

9. Respon Pada Pembaca

Jika kamu memiliki pembaca yang setia, maka kamu harus sering memberikan respon yang baik kepada para pembaca. Pembaca setia pastinya akan sering berkomentar pada artikel yang kamu tayangkan di blog.
Oleh karena itu, responlah komentar mereka dengan sebaik-baiknya. Hal ini akan membuat pembaca menjadi lebih senang. Jangan selalu cuek kepada pembaca ya! Keterlibatan pembaca bahkan menjadi salah satu hal yang akan menguntungkan kamu dari sisi Search Engine Optimization atau SEO.

10. Gunakan Judul dan Deskripsi Menarik

Sesuatu yang tidak kalah penting lagi dalam membuat artikel yang menarik dan disukai adalah memberikan judul dan deskripsi dalam setiap artikel yang kamu buat. Sebuah title tags adalah hal yang akan pertama kali diperhatikan oleh Google ketika pembaca sedang membaca artikel di dalam blog yang kamu buat.

Akan lebih baik lagi jika judul dilengkapi dengan deskripsi. Dengan demikian, mesin pencari akan lebih mudah menemukan artikel yang kamu buat. Gunakanlah judul dan deskripsi yang mengajak pembaca untuk membuka situs blog kamu.

Itulah beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk dapat membuat artikel yang menarik dan disukai oleh pembaca. Jadilah penulis yang berkualitas dan dapatkanlah pembaca yang lebih banyak lagi.Artikel yang menarik dan disukai pembaca akan membuat peluang pekerjaan kamu sebagai content writer menjadi lebih terbuka dengan lebar. Penghasilan kamu bahkan bisa melebihi pekerjaan utama kamu jika artikel yang kamu buat memang benar-benar unik dan menarik!