10 Burung Terindah Di Dunia Ini Wajib Dilestarikan Agar Tidak Punah

Posted on

Sebagian besar orang suka mengoleksi burung karena penampilan yang menarik dan suara yang merdu. Di antara pecinta burung satu dan lainnya akan memiliki jenis burung favorit masing-masing yang berbeda-beda jenis. Wajar saja sih, karena ada ribuan jenis spesies burung yang tersebar di seluruh dunia. Tapi jika bicara tentang burung terindah di dunia, pasti sebagian besar orang setuju jika 10 burung-burung di bawah ini layak diberi mahkota. Selain memiliki penampilan dan bentuk yang menakjubkan, kesepuluh burung tersebut juga unik.

Burung Merak

Merak Hijau
Merak Hijau

Burung merak memiliki sayap yang sangat indah dengan perpaduan warna alam dan biru cerah. Ditambah dengan bulu-bulu yang menutupi seluruh tubuhnya yang rapi dan unik, membuatnya pantas masuk ke dalam salah satu jenis burung terindah di dunia. Selain terkenal karena kecantikan bulu, sayap dan ekor, burung merak juga terkenal sebagai salah satu burung terbesar di dunia yang dapat terbang. Burung yang bisa ditemukan di Indonesia ini juga sangat pandai dalam berlenggak-lenggok bak model sedang berjalan di atas carwalk. Jadi, wajar jika burung satu ini begitu mempesona.

Golden Pheasant

Golden Pheasant
Golden Pheasant

Warna kuning berpadu dengan warna merah darah sempurna membuat bulu burung Golden Pheasant menjadi begitu menarik dan cantik. Pada bagian leher, burung yang bisa ditemui di kawasan hutan lebat China Tengah ini dihiasi dengan bulu-bulu berwarna orange, coklat dan hitam berbentuk mozaik yang melingkar begitu unik.  Sementara pada bagian punggung terdapat bulu berwarna biru dan hitam yang berpadu sempurna. Ditambah dengan jambul berwarna keemasan dan ekor yang sangat panjang dengan campuran warna coklat dan hitam, siapapun pasti setuju jika burung ini wajib masuk ke dalam daftar burung tercantik di dunia.

Cendrawasih

Burung Cendrawasih

Cendrawasih terkenal dengan sebutan burung surga. Nama ini disematkan pada burung asli Indonesia ini karena burung Cendrawasih memiliki bulu dan ekor paling indah di dunia. Jadi wajar jika Cendrawasih termasuk salah satu jenis burung terindah di dunia. Burung yang bisa ditemukan di Kepulauan Aru ini benar-benar sangat menarik dan bisa bikin takjub. Terlebih burung Cendrawasih jantan yang akan berperilaku unik bin mencengangkan pada saat musim kawin tiba. Sekali-kali lihatlah aksi burung jantan yang cantik ini di film documenter BBC. Biar kamu juga bangga ternyata Indonesia punya burung terindah di dunia.

Flamingo

Flamengo
Flamingo – Source: wikipedia

Hampir semua wanita suka dengan warna pink. Karena warna ini terlihat begitu lembut, manis dan penuh cinta. Bagi kamu yang suka dengan warna pink, pasti suka dengan Flamingo. Burung yang super besar ini memiliki warna bulu pink semburat orange yang sangat indah. Ditambah bentuknya yang menarik seperti angsa, menjadikan burung ini memang layak jadi idola.

Burung Flamingo bisa kamu temukan di lingkungan perairan di semua benua, kecuali Antartika, ya. Salah satu burung tercantik di dunia ini memiliki leher dan kaki sangat panjang yang dapat mencapai 50 inci atau sekitar 130 cm.  Jenis makanan utama burung yang hobi berdiri dengan satu kaki ini adalah larva, ikan-ikan kecil dan plankton.

Hyacinth Macaw

Hyacinth Macaw

Burung yang cantik identik dengan warna-warna bulu yang mampu membuat mata tertarik dan terpana. Jika bicara tentang burung terindah di dunia, Hyacinth Macaw pasti masuk dalam golongan tersebut. Warna bulunya yang biru begitu menarik mata siapapun yang melihat. Hyacinth Macaw merupakan burung beo asli dari Amerika yang diklaim sebagai spesies burung beo terbesar di dunia. Panjangnya bisa mencapai 100 cm dengan berat bisa mencapai 2 hingga 3 kg. Khususnya di kawasan padang rumput Brasil Utara, kamu bakal menemukan burung cantik ini. Namun sayang, populasinya semakin tahun semakin menurun akibat perburuan liar dan rusaknya habitat asli mereka.

Keel-billed Toucan

Keel-billed Toucan

Keel-billed Taucan atau Tukan dalam bahasa Indonesia ini merupakan spesies burung berparuh panjang. Burung yang bisa ditemukan di hutan-hutan Amerika Tengah dan Selatan ini terlihat sangat cantik dan menarik. Apalagi bentuk paruhnya yang besar dan panjang, ditambah dengan kombinasi warna pelangi (merah, biru, kuning dan jingga) yang mempesona. Ditambah dengan bulu hitam legam, sukses membuat burung ini terkesan masculine dan elegan dalam sentuhan kecantikan yang menawan. Paruhnya yang besar memiliki dua fungsi penting, yaitu menarik lawan jenis dan mencari makan.

Rainbow Lorikeet

Rainbow Lorikeet

Namanya juga Rainbow alias pelangi, jadi wajar saja jika penampilan burung jenis kakatua bernama Rainbow Lorikeet ini begitu menarik. Bulu-bulunya hadir dengan kombinasi warna yang menyerupai pelangi. Tidak hanya paduan warna bulunya saja yang menarik, matanya juga. Burung yang bisa ditemukan di daerah Australia, Indonesia, Papua Nugini dan sekitarnya ini memiliki pasang mata yang indah. Kamu yang ditatap burung ini bakal terpesona pasti. Penasaran seperti apa? Kamu bisa menjumpainya di hutan hujan tropis dan semak pantai kok.

Atlantic Puffin

Atlantic Puffin

Jika semua daftar burung tersebut di atas merupakan burung darat, bisa dibilang jika Atlantic Puffin ini merupakan satu-satunya burung laut asli terindah di dunia. Burung yang suka dengan ikan, udang dan krutacea ini mendiami Samudera Atlantik, tepatnya di tebing-tebing Pulau Utara. Itulah mengapa burung ini bernama Atlantic Puffin. Keunikan dan daya tarik dari Atlantic Puffin terletak pada paruhnya yang berbentuk unik dan berwarna orange menyala yang kontras dengan warna bulunya yang hitam pekat pada bagian atas dan warna putih pada bagian dada hingga perut. Banyak yang menyebut jika Atlantic Puffin in sebagai burung beo laut, lho. Mereka memiliki kecepatan terbang yang sangat tinggi, yaitu bisa mencapai 55 mil per jam dengan kepakkan sayap 400 kali per menit. Waw…menakjubkan, kan?

Blue Jay

Blue Jay

Blue Jay tidak hanya terkenal sebagai burung terindah di dunia, tapi juga burung terpintar di dunia. Kenapa? Karena burung yang bisa ditemukan di hutan-hutan Amerika Timur, Tengah dan Utara ini memiliki kemampuan hebat dalam menirukan suara-suara burung dari spesies lainnya. Tentu bukan hanya itu, bahkan burung yang memiliki bulu berwarna biru dan putih indah ini dapat kamu ajari ucapan manusia dan bunyi-bunyi lainnya, lho! Keren, kan?

Blue Jay tergolong burung kecil. Antara burung Blue Jay jantan dan betina cukup sulit dibedakan, baik dari bulu hingga ukuran yang hampir sama. Soal makanan, gampang kok. Kamu bisa ngasih burung cantik nan pintar ini biji-bijian, buah-buahan dan artropoda.

Bohemian Waxwing

Bohemian Waxwing

Semua pasti setuju jika burung terbaik adalah burung yang memiliki penampilan dan suara menarik. Bohemian Waxming termasuk salah satu burung terindah dan termerdu di dunia. Selain memiliki jambul khas dan masker berwarna hitam, burung yang bisa kamu jumpai di hutan boreal di seluruh Amerika Utara, Kanada, Alaska dan Eurasia ini dapat bernyanyi dengan suara yang merdu. Wah, kalau punya burung seperti ini, pasti bakal kamu betah di rumah.

Terima kasih telah berkunjung di komika.id serta membaca tulisan mengenai burung terindah di dunia yang perlu kamu tahu. Beberapa diantaranya dapat kamu temukan di negara kita Indonesia tercinta. Jadi semakin bangga kan menjadi warga Indonesia? Burung saja bisa mendunia, kamu kapan mendunia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *