10 Desain Interior Dan Warna Cat Dapur Minimalis Modern

Dapur Minimalis ~ Sekecil apapun lahan yang kamu miliki, dapur adalah ruangan yang wajib ada. Setuju tidak setuju, faktanya dapur memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu kamu untuk tetap bertahan hidup. Ya, sekalipun kamu tidak suka masak dan bisa beli makanan di luar, tetap saja, tanpa dapur, rumah terasa ada yang kurang. Jangan khawatir dengan lahan yang sempit, karena kamu bisa bikin dapur minimalis. Terutama jika rumah kamu kecil, maka dapurpun harus minimalis.

Pada dasarnya dapur minimalis itu tidak butuh perabotan yang banyak apalagi dengan ukuran yang besar. Cukup gunakan perabotan yang paling penting saja agar ruangan tidak penuh sesak. Selain itu, tata letak juga perlu diperhatikan, mengingat dapur rumah minimalis pastilah lahannya sempit. Meski demikian, kamu bisa kok bikin dapur yang tidak hanya bikin aktivitas masak kamu nyaman, tapi juga menyenangkan dan berkesan. Bagaimana caranya? Yuk, kulik informasinya di bawah ini.

Pilih Kitchen Set Terbaik

Kitchen Set Dapur Minimalis

Kitchen set atau lemari kabinet memang sangat dibutuhkan di dapur apa saja, tak terkecuali dapur rumah minimalis. Guna dari kitchen set ini adalah untuk menyimpan alat-alat rumah tangga. Karena letaknya di dapur, maka fungsi dari mebel ini adalah untuk menyimpan peralatan dapur.

Umumnya kitchen set memang memerlukan space untuk pengaplikasiannya. Namun karena dapur kamu berada di dalam rumah minimalis, maka kitchen set yang pilih pun harus yang sesuai dengan desain minimalis tersebut. Kitchen set model letter L sangat cocok diterapkan untuk dapur bertema minimalis.

Kamu bisa memanfaatkan bagian pojok rumah untuk mengaplikasikan perabotan ini. Selain fungsional dan hemat tempat, kitchen set model L juga bisa tampil mempesona dengan balutan warna yang pas sebagaimana tema interior dapur kamu. Model seperti ini bakal bikin kegiatan masak menjadi lebih nyaman, sehingga dapat memudahkan pekerjaan kamu di dapur.

Letakkan Posisi Memasak di Bagian Sudut Dinding

Rumah minimalis biasanya memiliki dapur yang berukuran sempit. Jadi kamu kudu pinter-pinter memperhatikan tata letak dapur. Salah satu yang patut diperhatikan sekali adalah posisi atau tata letak tempat memasak. Hal ini dikarenakan kegiatan memasak membutuhkan space yang cukup leluasa, agar masak menjadi nyaman. Untuk dapur rumah minimalis, kamu bisa menempatkan cooking space atau tempat memasak di bagian sudut ruangan.

Tidak Perlu Sekat

Sekat memang penting, karena dapat dijadikan sebagai pembatas ruangan. Namun khusus untuk dapur rumah minimalis, sekat tidak perlu diadakan. Kamu bisa menghilangkan sekat, karena sekat di dapur semacam ini justru akan bikin ruangan jadi sempit. Bahkan saat ini telah booming dapur kecil yang dintegrasikan langsung dengan ruang makan atau ruang keluarga. Selain dapur akan terlihat lebih lapang, kamu juga bisa bercengkerama lebih intens dan mesra dengan keluarga di satu tempat.

Pilihan Warna Yang Pas

Warna dapat membawa pesan dan kesan masing-masing tergantung jenis warna tersebut. Untuk dapur rumah minimalis, apalagi yang berukuran sempit, kamu kudu cerdas dan jeli dalam menentukan pilihan warna yang pas. Warna netral dan putih sangat cocok untuk dapur seperti ini. Penggunaan tone putih dapat menguatkan kesan minimalis, jadi sangat tepat diaplikasikan di dapur rumah minimalis.

Tapi jika kamu ingin memberikan sentuhan yang lebih hidup sekaligus unik, tidak masalah jika mengkombinasikan warna tersebut dengan warna lain yang lebih cerah, seperti coklat muda, toska, hijau dan warna menarik lainnya. Warna-warna cerah dapat menambahkan kesan ruangan terasa lebih lega dan luas. Jadi sangat pas diterapkan untuk dapur rumah minimalis kamu.

Pilihan Bahan Yang Tepat

Bahan, terutama untuk perabotan juga perlu dipikirkan. Bahan kayu sangat cocok diaplikasikan untuk dapur rumah minimalis. Selain dapat menambah kesan hangat, bahan kayu juga dianggap lebih aman dan sehat. Tidak hanya kitchen set yang berbahan kayu, kamu juga mengaplikasikan material kayu pada lantai dan mebel lainnya, seperti meja dan kursi. Material kayu tidak perlu dicat, agar kesan dan nuansa klasik dapat sempurna berpadu dengan desain minimalis. Cukup dipernis saja tidak apa-apa.

Tambahkan Bahan Kaca atau Skylight Jika Memungkinkan

Skylight atau kaca berongga yang biasanya diaplikasikan di atap akan sangat membantu dapur rumah minimalis terlihat lebih lega dan lapang. Apalagi dapur kamu bentuk sempit memanjang, skylight ini dapat menyelamatkan dapur dari kesan sempit. Tempatkan skylight di samping atau plafon dapur agar ruangan terlihat chic dan juga nyaman. Kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan warna netral, seperti putih ataupun berpadu dengan abu-abu.

Selain skylight, kamu juga bisa bikin ilusi agar dapur kecil kamu nampak lebih lapang, yaitu dengan mempergunakan bahan kaca. Jika kayu dapat memberikan kesan hangat, maka kaca dapat memberikan kesan lebih luas. Kamu bisa menerapkannya pada backplash, pintu kabinet kitchen set atau meja makan.

Perhatikan Tata Letak Appliances

Dapur pasti memiliki appliances. Apalagi dapur modern pasti syarat dengan appliances. Paling tidak kulkas. Kalau tempat memasak, seperti yang telah dijelaskan bahwa akan lebih baik jika diletakkan di bagian pojok. Sementara appliances lain seperti kulkas, menempatkannya di dinding adalah cara terbaik untuk menghemat tempat. Bahkan dengan kulkas menyatu dengan dinding akan semakin menambah kesan minimalisnya.

Baca Juga : Ruang Tamu Minimalis

Menambahkan Sentuhan Karya Seni Atau Aksesoris

Dapur rumah minimalis bukan berarti harus biasa-biasa saja. Kamu bisa kok membuat dapur kecil kamu terlihat menonjol sekaligus elegan. Tambahkan saja sentuhan karya seni atau aksesoris di ruangan dapur. Artwork atau karya seni lain tidak akan membuat dapur jadi sumpek. Sebaliknya, lukisan justru bakal bikin dapur minimalis kamu terlihat unik dan menarik.

Atau, kalau kamu kurang suka artwork, boleh juga menambahkan aksesoris yang jelas manfaatnya. Seperti bantal misalnya. Kalau dapur kamu menyatu dengan ruang makan atau ruang keluarga, bisa deh tambahkan bantal pada kursi makan. Atau kamu suka nyoba-nyoba bikin resep masakan? Nah, kenapa tidak menambahkan rak khusus buku resep makanan di sudut kecil ruangan. Kamu tidak butuh space lagi, karena kamu bisa built-in rak tersebut di bawah meja makan atau di pojokan. Sesuaikan saja dengan keadaan dapur kamu.

Dapur rumah minimalis tidak selalu terlalu terlihat sempit. Asalkan kamu cerdas, kamu bisa memiliki dapur yang meskipun ukurannya kecil namun sangat nyaman dan fungsional. Dengan kedua sifat nyaman dan fungsional tersebut, maka aktivitas memasak kamu di dapur bakal terasa lebih nyaman, menyenangkan dan berkesan. Apalagi jika area dapur didesain dengan menyatukan area makan atau area kumpul keluarga, pasti lebih seru dan hidup. Yang paling penting, agar dapur rumah minimalis terlihat indah dan menyenangkan, kamu perlu menyimpan peralatan masak dengan rapi.

Ummu Nadia

Professional Blogger Concern Bidang Jurnalistik & Humaniora. Alumni Fakultas Sastra Universitas Airlangga Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *