Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi atau yang biasa dikenal dengan nama hipertensi merupakan suatu kondisi kesehatan dimana penyakit tersebut banyak menyerang orang dewasa maupun lanjut usia. Mulanya, penyakit satu ini memang tidak berdampak signifikan bagi kesehatan. Akan tetapi, jika dibiarkan saja maka penyakit darah tinggi ini akan berdampak serius bagi tubuh Anda.

Kerusakan yang terjadi disebabkan adanya tekanan darah tinggi yang kuat yang terjadi secara terus menerus. Jika sudah terjadi demikian, maka akan membuat jaringan pada dinding arteri dan pembuluh darah bekerja dengan sangat keras dalam jangka waktu yang lama sehingga dapat merusak organ yang lain. Tak hanya itu saja, bahkan gejala darah tinggi bisa memicu adanya penyakit kronis seperti penyakit ginjal, gagal jantung, stroke dan diabetes.

Mengingat banyak terdapat resiko kesehatan yang serius terhadap penyakit ini, berikut beberapa obat darah tinggi tradisional yang bisa dimanfaatkan. Apa sajakah?

Kapulaga
Apakah Anda pernah mendengar bahan alami kapulaga? Bahan alami ini merupakan salah satu dari jenis rempah-rempah yang biasanya dijadikan untuk bumbu masakan. Selain digunakan untuk memasak, ternyata kapulaga juga bisa digunakan sebagai salah satu obat darah tinggi yang terbilang ampuh.

Terdapat penelitian dari India yang melakukan pengujian pada ekstrak kapulaga yang diberikan kepada 20 orang peserta oleh penderita darah tinggi yang dilakukan selama seminggu. Dan dalam waktu seminggu tersebut ternyata penderita sudah bisa menurunkan tekanan darah. Bahkan penelitian juga menyebutkan bahwa penggunaan bahan kapulaga ini tidak menimbulkan efek samping bagi para penggunanya.

Cara membuat ramuannya pun mudah. Anda hanya perlu mencampurkan kapulaga untuk dijadikan bumbu masakan. Atau Anda bisa menggunakan bahan tersebut untuk dijadikan teh alami yang dikombinasikan dengan madu dan jahe.

Daun Kemangi
Sayuran satu ini biasanya disajikan sebagai bahan hidangan lalapan saat makan. Namun tahukah Anda dibalik aromanya yang begitu kuat, ternyata daun kemangi juga bisa digunakan untuk obat darah tinggi yang efektif. Hal ini dikarenakan adanya senyawa eugenol yang bekerja secara efektif untuk membantu menghalangi pembentukan plak kalsium pada darah. Sehingga, dengan adanya senyawa tersebut akan menjadikan aliran darah menjadi lancar.

Cara membuatnya pun mudah, Anda hanya perlu memasukan kemangi untuk dijadikan sayuran segar diberbagai menu makanan Anda. Dengan memasak kemangi sebentar bersama dengan api kecil sangat baik untuk membantu meningkatkan efek eugenol dalam tubuh.

Jahe
Sudah bukan rahasia lagi, bahwa bumbu dapur satu ini memang mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan salah satunya dijadikan untuk obat darah tinggi. Jahe mempunyai sifat yang bisa membantu mirilekskan otot dalam tubuh sehingga akan terasa lebih santai. Tak sampai disitu saja, bahkan jahe juga mengandung eugenol yang membuat plak dan dan beberapa tumpukan kalsium menjadi berkurang. Adanya efek inilah yang akan membuat tekanan darah menjadi menurun secara alami.

Kayu Manis
Biasanya, kayu manis digunakan oleh para ibu rumah tangga untuk dijadikan bumbu agar masakan menjadi lebih lezat. Namun tahukah Anda bahwa terdapat manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan saat mengolah bahan satu ini? Kayu manis bisa membuat tekanan darah menjadi turun secara alami. Tak sampai disitu saja, bahkan bahan satu ini juga mengandung eugenol yang akan membantu menghilangkan kalsium pada pembuluh darah.

Agar bisa mendapatkan manfaat dari kayu manis ini, Anda bisa mengkonsumsinya bersamaan dengan makanan yang banyak mengandung magnesium. Caranya, masukan bumbu kayu manis ke dalam berbagai masakan maupun minuman yang akan dikonsumi. Pastikan bahwa jumlah kayu manis yang diberikan tidak berlebihan ya.

Seledri
Seledri sering dijumpai untuk dijadikan sayuran dalam sup maupun dalam sajian makanan lain. Tak hanya untuk menambah aroma dan cita rasa dalam masakan, ternyata seledri juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya sebagai obat darah tinggi. Daun yang mempunyai nama latin graveolens ini mempunyai efek diuretic yang bagus untuk kesehatan ginjal dan membantu menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu saja, bahkan seledri mempunyai senyawa sebagai antiinflamasi seperti apigenin yang bisa membantu untuk melindungi pembuluh darah.

Air Kelapa
Karena rasanya yang menyegarkan, biasanya air kelapa dikonsumsi saat cuaca panas. Nah, jenis air kelapa yang didapat dari air kelapa hijau sangat bagus untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Hal ini dikarenakan bahwa pada air kelapa terdapat kandungan kalium dan magnesium yang sangat tinggi. Dan kedua jenis minuman tersebut sangat membantu untuk menurunkan pembuluh darah dan otot agar tidak dalam keadaan tegang. Selain itu, air kelapa juga bagus untuk membantu jantung dalam memompa darah sehingga sistem metabolisme tubuh dalam berjalan dengan lancar.

Itulah beberapa obat darah tinggi alami yang bisa pilih untuk membantu menurunkan gejala darah tinggi. Untuk hasil terbaik, selalu rutin gunakan bahan-bahan tersebut supaya tekanan darah Anda bisa kembali normal.