6 Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui Orang

Mempunyai nama latin Vernonia amygdalina, tanaman yang kerap dipakai sebagai obat tradisional ini memang sudah sejak dulu sangat diandalkan untuk pengobatan di negara Nigeria dan Afrika. Banyak orang yang percaya bahwa tanaman ini menyimpan segudang khasiat yang sayang sekali untuk Anda lewatkan. Anda juga bisa membudidayakan Daun Afrika ini di halaman atau pekarangan rumah, sehingga Anda tak perlu repot saat membutuhkannya.

Manfaat Daun Afrika yang dikenal sebagai herbal  berkhasiat tentu tidak terlepas dari kandungan protein, magnesium, kalium, serta, mineral serta berbagai jenis vitamin yang terdapat di dalamnya.

 

 

Mencegah Penyakit Jantung

Jurnal Current Pharmaceutical Design pada 2009 lalu, memuat sebuah studi yang menyatakan bahwa omega 3 dan omega 6 efektif mencegah penyakit jantung koroner, gagal jantung, risiko aterosklerosis, dan anti inflamasi saat kulit cidera atau iritasi. Kabar gembiranya, Anda dapat memperoleh asupan kedua zat tersebut dari Daun Afrika ini. linoleic acid merupakan senyawa yang sangat penting bagi tubuh namun tidak bisa diproduksi oleh tubuh itu sendiri.
Asam lemak omega 3 atau yang juga populer dengan panggilan linolenic acid juga piawai mengendalikan penyakit rematik dan menyuplai perlindungan ekstra terhadap neurodegeratif. Itulah sebabnya Anda tak perlu ragu dengan nilai plus yang ditawarkan oleh manfaat Daun Afrika.

 

Menstabilkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang melampai batas di dalam tubuh ditengarai dapat memicu eragam penyakit, beberapa diantaranya bahkan tercatat sebagai penyakit yang mematikan. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan?. Beruntunglah lantaran Anda menemukan Daun Afrika yang mampu mengurangi kolesterol jahat HDL dalam darah sampai 50%.  Peningkatan HDL secara signifikan merupakan dalang dari alzheimer, stroke, hingga jantung yang merupakan penyakit kelas kakap bagi banyak orang.
Adapun meningkatnya kolesterol baik dalam tubuh justru membantu anda dalam menjaga kesehatan jantung dan kerja organ lainnya. Jika Anda tertarik untuk membuktikan manfaat Daun Afrika ini, tak ada salahnya jika Anda berkonsultasi dengan dokter.

 

Meredakan Malaria

Gigitan nyamuk Anopheles memang menjadi momok yang sangat menakutkan, entah itu orang dewasa maupun anak-anak, terlebih jika mereka tinggal di pemukiman yang kotor dan rentan sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk.
Percobaan klinis di Afrika memaparkan bahwa sari dari Daun Afrika dapat mengusir demam dan malaria ringan, eksperimen ini telah memenuhi angka 67% untuk keefektifannya. Namun bukan berarti manfaat Daun Afrika ini dapat Anda simpulkan sangat manjur untuk mengobati malaria.Sejumlah kasus malaria yang parah memang harus mendapatkan penanganan medis yang tepat dan akurat. Apalagi malaria bukan penyakit yang dapat diremehkan begitu saja.

 

 

Membantu Pengobatan Kanker

Selain jantung dan diabetes, kanker juga merupakan penyakit yang patut diwaspadai oleh semua orang. Bukan tanpa alasan, penyebarannya yang tidak membutuhkan waktu lama, ditambah lagi dengan gejala yang tidak begitu jelas seringkali membuat banyak orang terkecoh dan kurang berhati-hati dengan “malapetaka” ini.Studi Jackson State University menunjukkan bahwa manfaat Daun Afrika dalam menghambat pertumbuhan sel kanker bukanlah mitos. Penelitian lain juga mengungkap bahwa tumbuhan obat ini sangat bagus untuk membunuh sel kanker di area tenggorokan dan hidung.

 

 

Antioksidan

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan senyawa yang satu ini bukan?. Takaran antioksidan yang tinggi dalam Daun Afrika mampu memproteksi tubuh dari kerusakan sel akibat stress dan paparan radikal bebas yang tidak bisa dihindari setiap harinya. Tak hanya menjamin elastisitas kulit Anda, radikal bebas juga memancing datangnya kanker, jantung, penuaan dini, artritis, parkinson, stroke, autonimun, fibromyalgia dan penyakit generatif sejenis. Manfaat Daun Afrika tidak akan maksimal apabila Anda tidak menakarnya sesuai dengan dosis, maka untuk hal ini anda sangat disarankan agar memperkaya pengetahuan Anda dengan bacaan dan informasi mengenai Daun Afrika.

 

Mengobati Diabetes

Pengobatan alternatif dengan memanfaatkan Daun Afrika memang bukan hal yang aneh lagi. Kondisi ini tidak terlepas dari keberadaan tanin, alkaloid, polifenol, saponin dan senyawa lain yang sangat efektif untuk menstabilkan kadar glukosa darah di dalam tubuh. Ethanol yang ada pada Daun Afrika juga dapat membasmi kemungkinan datangnya penyakit karena gula darah yang melimpah.
Dengan menjadikan hewan sebagai medianya, ekstrak Daun Afrika ini memperlihatkan bahwa kepiawaiannya dalam menurunkan glukosa darah mencapai 50% dibanding hewan yang tidak terobati. Pastikan Anda mengetahui takaran dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. setiap orang punya reaksi yang berbeda terhadap bahan kimia yang masuk ke tubuhnya.
Daun Afrika juga dibekali dengan vitamin B kompleks dan zinc yang akan membantu mencukupi kebutuhan harian tubuh Anda. Jadi, tak ada salahnya ya untuk mengonsumsi daun ini sesekali demi menjaga kesehatan Anda.