5 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Pernahkah Anda mendengar istilah daun kelor? Tentu saja pernah. Namun, pernahkah Anda melihat seperti apa bentuk daun kelor yang sesungguhnya? Banyak yang sudah namun banyak pula yang belum.

Daun kelor merupakan salah satu jenis tanaman yang bentuk daunnya lonjong. Tidak hanya lonjong namun daun ini juga memiliki ukuran yang sangat kecil seperti daun albasiar dan sangat rapi. Tanaman kelor memiliki ketinggian hingga mencapai 11 meter, sedangkan bunga dari tanaman ini memiliki warna putih kekuning-kuningan dengan bau yang semerbak. Tidak banyak yang tahu, ternyata kelor juga memiliki buah yang bentuknya berbentuk segitiga yang banyak disebut dengan kelentang.

Manfaat daun kelor ada banyak sekali, tentunya hal ini sesuai dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya. Ada beberapa kandungan nutrisi seperti potasium, Vitamin C, dan juga kandungan Vitamin A yang sangat tinggi. Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu jika manfaat daun kelor sangatlah banyak. Sehingga, tidak jarang banyak orang yang menebang taman ini. Untuk Anda yang ingin tahu apa saja manfaat daun kelor, yuk simak di bawah ini.

Mengobati Penyakit Herpes
Herpes merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit ini menyerang kulit dengan menimbulkan efek samping seperti kulit terbakar. Jika didiamkan saja, maka penyakit ini bisa merambat ke anggota tubuh lainnya. Selain itu, jenis penyakit herpes merupakan jenis penyakit yang menular lo. Jika Anda terkena herpes, ada baiknya segera diobati.

Cara mengobatinya bisa menggunakan bahan kimia dengan mengoleskan salep herpes. Namun jika Anda berminat menggunakan cara yang alami, maka manfaat daun kelor akan menjawab permasalahan Anda.

Daun kelor memiliki kemampuan untuk menyembuhkan herpes karena kandungan Vitamin C-nya yang tinggi. Adapun cara menggunakan daun kelor untuk mengobati herpes yakni dengan menggunakan beberapa lembar daun kelor kemudian tumbuklah hingga halus. Setelah daun kelor benar-benar halus, maka oleskan ramuan tersebut pada bagian kulit yang terkena herpes. Lakukan terus menerus untuk dapatkan hasil yang maksimal.

Mencegah Penyakit Kanker
Siapa yang tidak takut dengan penyakit kanker? Tentunya siapa saja takut dan tidak ingin terinfeksi penyakit ini. Sayangnya perubahan pola hidup dan pola makan yang tidak sehat dapat memicu risiko penyakit kanker menjadi lebih tinggi. Jika sudah demikian, apa yang harus dilakukan?

Tentu caranya adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, salah satunya dengan rajin mengonsumsi daun kelor. Ini karena daun kelor memiliki kandungan antioksidan dan potasium yang sangat tinggi yang bisa melawan sel kanker yang ganas. Dengan rajin mengonsumsi daun kelor, maka pertumbuhan sel kanker bisa melambat.

Menyehatkan Organ Mata
Mata merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi manusia. Fungsi mata adalah untuk melihat. Lalu bagaimana jika mata mengalami permasalahan? Tentunya Anda akan mengalami sebuah masalah dengan penglihatan. Agar mata tetap sehat, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi daun kelor.

Mengaa harus daun kelor? Sebab dalam daun kelor terdapat kandungan Vitamin A yang sangat banyak. Vitamin A inilah yang akan membantu menyehatkan mata Anda. Adapun cara menggunakan daun kelor untuk merawat mata adalah dengan merebusnya, kemudian air rebusan yang sudah dingin dapat digunakan untuk membasuh mata Anda. Lakukan hal ini secara teratur untuk dapatkan hasil yang lebih maksimal.

Mengobati Diabetes
Seperti yang diketahui bahwa saat ini Indonesia sedang mengalami darurat diabetes. Mengapa bisa terjadi? Sebab banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan lemak nabati yang dikemas dalam bentuk susu kaleng untuk menambah nutrisi keluarga. Padahal baru-baru ini baru diketahui bahwa dalam susu kaleng tersebut tidak mengandung susu sedikit pun. Malah yang ada hanyalah kadar glukosa yang sangat tinggi. Kadar glukosa inilah yang memicu munculnya penyakit diabetes.

Jika sudah demikian, maka sang penderita akan sangat tersiksa karena sudah tidak bisa lagi mengonsumsi makanan kesukaan yang mengandung banyak gula. Untuk itu, bagi Anda yang sudah positif diabetes, Anda bisa menurunkan kadar gula darah dengan menggunakan daun kelor ini. Dengan rajin mengonsumsi daun kelor, maka kadar gula darah Anda bisa kembali normal kembali.

Mengobati Sariawan
Jika mulut sudah terkena sariawan, maka yang dirasakan adalah makan tak enak, tidur tak nyenyak bahkan untuk berbicara saja juga sulit. Sariawan merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh kurangnya Vitamin C dalam tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C ini, maka Anda bisa mendapatkannya dari daun kelor. Dengan rajin mengonsumsi daun kelor secara teratur akan menutup kemungkinan Anda bisa terkena penyakit sariawan.

Tanpa banyak yang tahu ternyata ada banyak sekali manfaat daun kelor bagi kesehatan. So, tunggu apa lagi konsumsilah daun ini dan miliki tubuh yang sehat terbebas dari berbagai macam penyakit.