10 Kandungan Gizi Dan Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan

Kenikir atau yang sering disebut dengan ulam raja (Cosmos Caudatus) merupakan jenis tanaman yang berasal dari Amerika Latin. Di Indonesia sendiri, tanaman ini tumbuh subur sehingga dapat dengan mudah ditemukan diberbagai daerah. Yang membuat tanaman ini menjadi istimewa karena adanya kandungan flavonoid, tokoferol, polifenol, kalsium, terpenoid dan mineral.

Karena adanya kandungan tersebut, manfaat daun kenikir sangat terkenal terutama di bidang kesehatan. Tak heran, bahwa daun kenikir ini juga bisa dijadikan obat herbal guna membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa penjelasannya berikut ini.

Daun Kenikir

Obat Maag dan Lambung

Manfaat daun kenikir yang pertama yakni bisa dijadikan sebagai obat maag dan lemah lambung. Pada daun kenikir terdapat kandungan polifenol, hidroksiegenol yang berperan penting untuk menetralkan asam lambung. Tak sampai disitu saja, kandungan-kandungan tersebut juga bisa menguatkan otot sphingter pada lambung yang bekerja untuk menerima asupan makanan. Untuk mengonsumsi daun kenikir, Anda bisa merebusnya terlebih dulu lalu menambahkan garam sedikit untuk disajikan sebagai bahan lalapan.

Obat Gondongan

Pada jaman dahulu, daun kenikir dijadikan sebagai obat untuk obat gondongan. Hal ini dikarenakan daun kenikir mengandung senyawa tokoferol dan polifenol yang bermanfaat untuk meredakan radang yang disebabkan oleh gondongan. Manfaat daun kenikir untuk dijadikan obat gondongan yaitu:

  • Siapkan 10 batang daun kenikir cuci bersih
  • Tumbuk daun tersebut hingga halus, setelah itu tambahkan cuka dengan perbandingan 1 : 1
  • Oleskan ramuan daun kenikir tersebut pada bagian yang terasa sakit selama 3 hari berturut-turut.

Obat Lemah Jantung

Tahukah Anda bahwa daun kenikir kaya akan antioksidan dan juga flavonoid dimana kandungan tersebut berperan penting guna menjaga sel-sel yang rusak. Apabila sel-sel yang rusak terjadi pada jantung, maka kandungan flavonoid ini akan berguna untuk membantu memperlancar aliran darah dan memperkuat otot jantung. Nah, cara membuat ramuan daun kenikir untuk kesehatan jantung yakni dengan merebus kurang lebih 5 batang kenikir bersama dengan 250 ml air. Jika sudah mendidih diamkan hingga dingin dan minumlah air rebusan tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.

Mencegah Kanker

Daun kenikir kaya akan senyawa flavonoid, saponin, terpenoid dan juga antioksidan yang tinggi sehingga bagus untuk melawan sel kanker seperti kanker hati dan kanker lambung.Untuk mendapatkan manfaat daun kenikir ini, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun kenikir secara rutin atau minimal 3 kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan mengonsumsi air putih secara rutin yang berfungsi sebagai zat pelarut sehingga mudah dibawa oleh darah.

Meningkatkan Sistem Imun

Tahukah Anda bahwa manfaat daun kenikir juga bisa digunakan untuk memperbaiki sistem imun pada tubuh. Ya, hal ini dikarenakan adanya vitamin A dan E yang bermanfaat untuk memperbaiki sistem imun pada tubuh. Tak sampai disitu saja, bahwa dalam kandungan daun kenikir juga terdapat senyawa protein untuk membantu pembentukan fagosit pada sistem imun tubuh.

Penambah Nafsu Makan

Sering tidak berselera makan, maka Anda bisa mengatasinya dengan daun kenikir ini. Daun kenikir mengandung senyawa kuersetin untuk meningkatkan nafsu makan, terlebih pada anak-anak. Manfaat daun kenikir untuk menambah nafsu makan, maka Anda hanya perlu mengonsumsinya sebagai lalapan 3 kali dalam seminggu. Daun jni juga bisa digunakan untuk menambah nafsu makan seseorang pasca operasi agar stamina tubuh kembali bugar.

Mengatasi Bau Mulut

Daun kenikir juga banyak mengandung koniferil alkohol yang berguna untuk membasmi bakteri maupun kuman yang terbawa dalam makanan. Senyawa koniferil ini fungsinya untuk membersihkan area lidah dan air liur dari penyebab bau mulut. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari daun kenikir ini, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk mentah. Caranya, ambil beberapa batang daun kenikir dan cuci hingga bersih. Kunyah secara mentah selama 20-30 detik, kemudian digunakan untuk berkumur. Atau Anda bisa mengonsumsi dengan cara direbus terlebih dulu dengan menggunakan air garam sebanyak 2 kali dalam sehari.

Membersihkan Darah

Daun kenikir mengandung banyak vitamin E, flavonoid dan juga antioksidan yang berperan aktif untuk menetralkan racun yang terbawa langsung oleh darah. Apabila dikonsumsi secara rutin maka akan membantu membersihkan darah dari racun yang masuk kedalam tubuh.

Menguatkan Tulang

Adanya kandungan magnesium, kalsium, dan juga mineral maka manfaat daun kenikir juga bisa digunakan untuk menguatkan tulang. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa menjadikannya sebagai lalapan sehari-hari.

Itulah beberapa point penting manfaat daun kenikir yang sayang untuk dilewatkan. Yuk konsumsi daun kenikir supaya tubuh selalu sehat.