5 Manfaat Daun Pandan Untuk Mengatasi Beragam Penyakit

Daun pandan merupakan salah satu jenis dedaunan yang cukup dikenal di masyarakat. Daun yang satu ini cukup sering menjadi pelengkap dalam membuat masakan karena memiliki bau yang cukup harum. Namun, siapa sangka bahwa ternyata daun dengan bau harum ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Ya, ada cukup banyak manfaat daun pandan yang berhubungan dengan kesehatan tubuh secara umum.
Banyak manfaat dari daun pandan dapat menjadi pengetahuan yang baru bagi Anda. Dengan adanya manfaat tersebut tentu saja mengembangbiakkan daun pandan dapat menjadi opsi menarik. Selain mudah dicari, proses penanaman hingga mendapatkan hasilnya pun tergolong cukup mudah. Lantas, apa saja manfaat dari daun yang satu ini? Simak ulasannya di bawah ini.
Daun pandan memiliki aroma harum yang khas. Hal inilah yang membuatnya sering dijadikan tambahan untuk memasak. Namun, selain itu, ada cukup banyak manfaat dari daun pandang terutama untuk upaya menjaga kesehatan tubuh secara umum. Penasaran? Simak beberapa penjelasan berikut.

Mengobati Rematik

Rematik merupakan gangguan kesehatan yang sebagian besar dialami oleh seseorang yang sudah berusia lanjut. Ketika usia terus bertambah, maka massa sendi akan semakin berkurang. Sendi tentu akan kekurangan kekuatan dan menjadi lebih lemah daripada tahun-tahun sebelumnya. Inilah sebab awal munculnya gangguan kesehatan rematik.
Nah, dalam hal ini, salah satu manfaat daun pandan yang bisa Anda rasakan adalah daun pandan bisa mengatasi rematik dengan cukup baik. Adanya kandungan kalsium yang cukup tinggi dalam daun pandan bisa menjadi agen yang ampuh guna mengatasi rematik. Dalam hal ini, Anda bisa mencampur daun pandan dengan minyak kelapa lalu menggosokkannya pada bagian yang sakit untuk penyembuhan.

Mengatasi Pegal Linu

Apakah Anda cukup sering mengalami pegal linu yang sangat mengganggu? Gangguan kesehatan ini cukup sering muncul ketika Anda bekerja terlalu berat setiap hari. Selain itu, pegal linu juga bisa muncul akibat terlalu banyak duduk. Nah, saat gangguan kesehatan ini muncul, tubuh akan kehilangan tenaga dan efeknya aktivitas akan terganggu.
Perlu diketahui bahwa salah satu manfaat daun pandan yang bisa Anda nikmati adalah daun pandan mampu mengatasi pegal linu dengan cukup optimal. Adanya kalium di dalam daun pandan bisa memperkuat sendi di dalam tubuh, terutama anggota gerak. Anda bisa membuat ramuan dengan menumbuk pandan dan mencampurnya dengan serai serta minyak kayu putih untuk mengatasi pegal linu ini.

Mengobati Rasa Gelisah

Berbincang tentang manfaat daun pandan, salah satu manfaat yang paling penting dan sebaiknya Anda tahu adalah bahwa pandan ternyata bisa mengobati rasa gelisah yang muncul. Rasa gelisah biasanya muncul karena hormon kecemasan naik dan suplai oksigen ke dalam otak berkurang. Hal ini tentu akan membuat pikiran susah fokus dan sulit konsentrasi.
Adanya beragam jenis mineral dan antioksidan di dalam daun pandan bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa gelisah yang muncul. Daun pandan akan menurunkan tingkat hormon yang tinggi dan menghilangkan rasa khawatir. Dalam hal ini, Anda bisa mengiris kecil daun pandan lalu menyeduhnya dengan segelas air dan meminumnya setiap hari.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang harus diperhatikan dan diwaspadai. Jika gangguan kesehatan ini menjangkiti tubuh, maka penderita bisa mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini cukup beralasan karena hipertensi bisa menyebabkan munculnya stroke di mana bisa berdampak pada kelumpuhan.
Guna mengatasi tekanan darah tinggi, Anda bisa menggunakan daun pandan sebagai herbal alternative. Ya, salah satu manfaat daun pandan dari daun pandan memang untuk mengatasi tekanan darah tinggi ini. Daun pandan memiliki zat yang secara periodik mampu mengembalikan tekanan darah pada level yang normal.

Menambah Nafsu Makan

Apakah Anda termasuk salah satu seorang yang bermasalah dengan nafsu makan? Cukup banyak orang yang mengalami masalah ini dan menyebabkan tubuh mereka menjadi mudah lemas dan kehilangan tenaga. Biasanya, masalah nafsu makan ini muncul karena ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh.
Guna mengatasi masalah ini, daun pandan bisa menjadi opsi yang menarik. Salah satu manfaat daun pandan adalah untuk mengatasi masalah nafsu makan. Anda bisa merebus beberapa lembar daun pandan, menyaring dan meminum airnya untuk mengatasi gangguan kesehatan ini.
Demikian beberapa penjelasan penting terkait manfaat daun pandan. Dari beberapa ulasan di atas dapat dilihat bahwa daun pandan memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Gunakan daun ini sebagai herbal alternatif untuk menjaga kesehatan Anda setiap hari. Selain itu, tanamlah pohon ini di rumah Anda untuk memudahkan mendapatkan daun pandan. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda.