10 Manfaat Daun Salam Untuk Mengatasi Beragam Penyakit

Banyak orang yang tahu jika manfaat daun salam hanya digunakan untuk memasak saja. Tahukah Anda jika daun ini bisa digunakan untuk mengobati banyak penyakit. Hal ini tentu dikarenakan daun salam memiliki beberapa kandungan baik di dalamnya. Jadi, apa saja manfaat dari daun salam? yuk kepoin di bawah ini.

Menurunkan Resiko Diabetes

Daun Salam

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok orang Indonesia saat ini. Bagaimana tidak, jumlah masyarakat Indonesia yang menderita diabetes setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Memang ada cara menurunkan kadar gula darah dengan menggunakan bahan kimia. Namun tidak ada salahnya jika Anda gunakan bahan alami ini untuk membasmi diabetes pada tubuh. Caranya bagaimana? Yakni dengan merebus daun salam dan konsumsi air rebusan daun salam secara teratur.

Menurunkan Hipertensi

Selain menurunkan kadar glukosa darah,nyatanya daun salam juga bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal inilah yang membuat manfaat daun ini sangat baik digunakan oleh penderita hipertensi. Agar Anda bisa mengonsumsinya, maka Anda bisa mencampurkan daun salam pada makanan yang akan dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Mencegah Penyakit Kanker

Tahukah Anda jika minyak daun salam bisa berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh? Bagi Anda yang belum tahu, maka Anda bisa menggunakan minyak daun salam ini sebagai salah satu cara untuk mencegah dan juga mengatasi kanker. Meskipun Anda mengkonsumsi minyak daun salam, pastikan bahwa Anda tetap mengikuti serangkaian pengobatan medis yang dilakukan untuk penderita kanker ya.

Mengatasi Diare

Diare merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus dalam usus. Bakteri atau virus ini yang memicu usus mengeluarkan cairan lebih banyak dibandingkan dengan biasanya. Hal inilah yang menyebabkan diare semakin parah. Bahkan Anda bisa keluar masuk kamar mandi berkali-kali hanya karena diare. Untuk mengobati diare dengan cara yang alami, maka Anda bisa menggunakan manfaat daun salam. Daun salam memang dipercaya oleh masyarakat untuk mengatasi diare secara tradisional. Ini karena dalam daun salam terdapat kandungan senyawa fenil golongan tanin yang bisa menghentikan diare.

Mengatasi Infeksi

Inflamasi menjadi salah satu penyakit yang sering kali menyerang manusia. Inflamasi jika dibiarkan terus menerus bisa mengakibatkan infeksi, terutama pada luka. Tahu sendirikan bagaimana bahayanya infeksi. Infeksi sendiri biasanya terjadi karena sebuah luka didiamkan begitu saja tanpa adanya pengobatan. Untuk mencegah infeksi, maka Anda bisa menggunakan manfaat daun salam. Pasalnya dalam daun salam terdapat kandungan terpenoid, flavonoid, asam fenolat, Vitamin C dan juga Vitamin E. Hal ini sesuai dengan penelitian yang mengatakan bahwa daun salam bisa menghambat pertumbuhan bakteri.

Menangkal Radikal Bebas

Terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama tanpa menggunakan pelindung bisa meningkatkan risiko terkena radikal bebas. Tidak hanya sinar UV saja, melainkan debu, kotoran dan polusi kendaraan juga bisa meningkatkan risiko radikal bebas. Jika radikal bebas didiamkan begitu saja, maka hal ini bisa menyebabkan penyakit kanker. Untuk itu konsumsilah daun salam dalam jumlah yang cukup, karena daun ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Menghambat Terbentuknya Plak Gigi

Munculnya plak gigi membuat Anda tidak percaya diri untuk berbicara dengan orang banyak. Plak gigi sendiri timbul karena seseorang kurang bersih dalam membersihkan gigi, sehingga kotoran-kotoran gigi menjadi sebuah plak yang tebal dan mengganggu. Untuk memperlambat pertumbuhan plak gigi, maka Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun salam. Mengapa harus daun salam? Sebab dalam daun salam terdapat kandungan esensial yang akan membantu merontokkan plak gigi.

Menyehatkan Kulit

Saat ini ada banyak sekali wanita yang berlomba-lomba untuk merawat kesehatan kulit, salah satunya adalah untuk memutihkan kulit. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dimulai dari suntik putih hingga menggunakan cara alami seperti menggunakan daun salam. Ini karena dalam daun salam terdapat kandungan senyawa keton yang berjumlah tinggi yang mampu mempengaruhi jumlah produksi dari pigmen. Dengan menggunakan daun salam secara teratur Anda bisa memiliki kulit yang putih tanpa harus suntik putih atau sejenisnya.

Bukankah ada banyak sekali manfaat daun salam bagi kesehatan? Sayangnya tidak banyak orang yang bisa memanfaatkan daun salam untuk kesehatan. Nah, buat Anda yang peduli dengan kesehatan dan ingin merawat tubuh dengan daun salam, Anda bisa mengonsumsi daun ini setiap hari secara rutin. Tambahkan saja daun salam pada makanan, maka secara tidak langsung Anda juga akan merasakan manfaat dan salam. Sayangnya, untuk menggunakan ramuan herbal ini Anda membutuhkan waktu yang agak lama.

Berbeda dengan menggunakan bahan kimia yang instan tapi menimbulkan efek samping, maka menggunakan daun salam tidak akan menimbulkan efek samping sedikitpun. So, tunggu apalagi, cintai tubuh Anda dengan rajin konsumsi dan salam.