Diabetes

Akhir-akhir ini banyak muncul berita yang menyebutkan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara tertinggi yang menderita diabetes. Mengapa bisa demikian? Tentunya hal ini berkaitan dengan pola hidup dan pola makan orang Indonesia yang gemar mengonsumsi kadar glukosa yang berlebih.
Hal ini juga yang membuat pemerintah sedang semangat-semangatnya untuk mencegah angka penyakit diabetes turun. Nah, perlu Anda ketahui bahwa penyakit diabetes ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Untuk cara mengobati diabetes setiap tipenya juga berbeda.
Namun, masih banyak masyarakat yang keliru bahwa mengobati diabetes sama saja. untuk itu, Anda membutuhkan cara mengobati diabetes di bawah ini.

  1. Rutin Cek Kadar Gula Darah

Salah satu cara mengobati diabetes yang paling tepat adalah dengan rajin cek kadar gula darah. Hal ini bertujuan agar kadar gula darah selalu dalam posisi normal. Sehingga ketika Anda tahu jika kadar gula Anda naik, maka Anda bisa segera melakukan pengobatan yang sesuai.

  1. Mengontrol Asupan Makanan

Jika Anda sudah positif terkena diabetes, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengontrol asupan makanan. Sebab, diabetes ini muncul dari pola makan yang tidak benar.
Jika dulunya Anda suka makan yang manis-manis, maka hentikan atau kurangi makan makanan yang manis. Jika perlu ganti gula Anda dengan gula yang rendah glukosa. Dengan demikian kadar gula darah tetap bisa terkontrol setiap saat.

  1. Mengontrol Aktivitas Fisik

Agar kadar gula darah tetap dalam batas normal, maka Anda juga harus mengatur aktivitas fisik. Pastikan Anda tetap berolahraga namun jangan terlalu capek. Mengontrol aktivitas fisik sangat penting bagi penderita diabetes.
Selain cara mengobati diabetes di atas, ada juga cara mengobati diabetes secara alami yang bisa Anda gunakan. Tentunya cara ini menggunakan bahan yang alami dan tidak berbahaya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati diabetes.

  1. Jus Lidah Buaya

Untuk Anda yang menderita penyakit diabetes, maka Anda harus mencoba untuk mengonsumsi jus lidah buaya. Mengapa demikian? Pasalnya jus lidah buaya bisa berguna untuk mengobati dan mengontrol kadar gula darah terutama bagi Anda menderita diabetes tipe 2.
Lidah buaya juga sangat ampuh untuk menyembuhkan luka pada penderita diabetes. So, tunggu apa lagi, rajin-rajinlah konsumsi jus lidah buaya sekarang juga.

  1. Jahe

Selain lidah buaya, ada lagi cara mengobati diabetes dengan menggunakan bahan alami yang bisa Anda coba yaitu jahe. Caranya adalah dengan menghancurkan rimpang jahe secara kasar kemudian direbus. Rebusan inilah yang akan membantu Anda mengatur kadar gula dalam darah.

  1. Blueberry

Jenis buah yang satu ini memang sangat jarang ditemukan, apalagi jika Anda mencarinya di toko buah biasa. Namun, tahukah Anda jika blueberry sangat ampuh untuk mengobati diabetes.
Ini karena blueberry memiliki kandungan serat yang sangat tinggi yang akan membantu membawa glukosa dalam darah keluar dari dalam tubuh. Sehingga kadar gula darah menjadi lebih terkontrol dan kembali normal.

  1. Ikan Salmon

Ikan jenis yang satu ini sangat kaya akan kandungan protein dan omega 3. Bahkan saking banyaknya kandungan protein dan omega 3, jenis ikan ini sangat dianjurkan dikonsumsi oleh anak yang masih dalam masa pertumbuhan.
Selain baik bagi kecerdasan otak, nyatanya ikan salmon juga bisa mengontrol kadar gula darah Anda lo. Adapun cara mengobati diabetes menggunakan ikan salmon adalah dengan cara dikukus atau dipanggang. Pastikan Anda tidak menggoreng ikan salmon agar khasiatnya tetap terjaga.

  1. Minyak Zaitun

Siapa sih yang tidak tahu minyak zaitun, minyak yang kaya manfaat ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati diabetes lo. Bahkan saking mujarabnya minyak zaitun bisa menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe dua sebanyak 70%.

  1. Daun Salam

Banyak ibu-ibu di rumah menggunakan daun salam sebagai salah satu pelengkap bumbu dapur. Namun, tahukah Anda jika daun ini tidak hanya bermanfaat untuk bumbu dapur saja. Ada lagi manfaat daun salam bagi kesehatan yang harus Anda tahu yakni untuk mengobati diabetes.
Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu merebus 15 daun salam pada 3 gelas air. Kemudian tunggulah sampai mendidih dan air rebusan siap untuk diminum. Konsumsi air rebusan daun salam ini secara teratur agar kadar gula dalam darah bisa cepat kembali normal.

  1. Daun Kemangi

Selain daun salam daun kemangi yang biasanya digunakan sebagai lalapan ini juga bisa digunakan untuk mengobati diabetes. Kandungan nutrisi pada daun kemangi memiliki manfaat untuk mensekresi insulin. Sehingga kadar gula darah bisa cepat turun dan kembali normal.
Wow, bukankah sangat menarik? So bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarga atau sudah positif terkena diabetes, maka mulailah jaga kesehatan dengan menggunakan cara mengobati diabetes di atas. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba.