Inilah Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Donor%2BDarah - Inilah Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui
Mendonorkan darah merupakan tindakan yang sangat mulia, dengan Anda menyumbangkan darah Anda, itu artinya Anda telah mengulurkan tangan untuk menyelamatkan hidup orang lain. Hal ini tentu sangat terpuji sekali.Namun pernahkah Anda mendengar bahwa ternyata donor darah juga punya segudang nilai plus yang sangat baik bagi kesehatan Anda? Ya, pengetahuan mengenai manfaat donor darah ini mungkin sangat jarang diketahui oleh masyarakat.
Saat Anda melakukan donor darah, 480 ml darah yang diambil akan disumbangkan selepas pendonor diperiksa dan diuji keamanan serta kelayakannya. Ada sejumlah tahapan yang mesti dirampungkan oleh pendonor sebelum darah yang mereka sumbangkan disampaikan kepada pasien yang memerlukan.Adapun pasien yang sangat butuh suplai darah ini ialah mereka yang menderita anemia, kanker, hemofilia, anemia sel sabit, dan sebagainya. Hebatnya, setelah diselidiki, kegiatan ini tak hanya memberikan angka harapan hidup bagi banyak orang di luar sana, namun juga mendatangkan banyak kelebihan bagi pendonor. Berikut informasi lengkapnya.

Meningkatkan Sel Darah Merah

Patut Anda ketahui bahwa saat Anda memantapkan diri untuk memberikan darah Anda kepada orang lain, sama halnya dengan memperbanyak kadar sel darah merah dalam tubuh Anda. Hal ini bermula saat pengambilan darah, sel merah akan berkurang dan digantikan dengan sel-sel baru sebagai salinan dari sel darah merah yang telah hilang. ajaibnya, proses ini dapat dilangsungkan oleh tubuh hanya memakan waktu selama beberapa minggu saja.
Rajin melakukan kegiatan sosial semacam ini akan membuat Anda memperoleh manfaat donor darah berupa stimulasi pembentukan darah baru yang segar dan membuat tubuh anda semakin sehat serta bugar.

Panjang Umur

Siapa yang tidak ingin hidup dengan usia yang lama lagi badan yang fit? Kalau ini sudah pasti semua orang mau ya. Anda mungkin salah satunya. Dan harus Anda catat baik-baik bahwa kunci utama untuk memperpanjang usia ialah menjalani hidup dengan bahagia. Diantaranya adalah menolong sesama tanpa pandang bulu, tak terkecuali dengan peduli terhadap saudara anda yang perlu darah. Tentu untuk merasakan manfaat donor darah ini anda harus melakukannya dengan ikhlas.
Menurut suatu penelitian, umur orang yang gemar menolong dan tidak mengatasnamakan kepentingan dirinya akan bertambah empat tahun lebih lama. Percaya atau tidak, semua kembali pada diri Anda sendiri.

Menjaga kesehatan jantung

Sebuah penelitian memaparkan bahwa rajin menjalankan donor darah terbukti menurunkan resiko serangan jantung hingga 88%. Termasuk didalamnya adalah melancarkan alirah darah sehingga penyumbatan arteri menjadi hal yang mustahil menimpa Anda.
Tak hanya sampai disitu saja, mendonorkan darah juga ternyata membuat Anda menjadi lebih kebal dan tidak gampang sakit. Itulah mengapa kegiatan sosial semacam ini juga disebut-sebut mampu membuat anda terhindar dari stroke, jantung, dan kanker yang selama berpuluh-puluh tahun lamanya.
Donor darah juga menjadikan kadar zat besi dalam darah Anda menjadi lebih stabil sehingga membuat anda tidak gampang terkena serangan jantung. Bagaimana? Anda masih ragu setelah tahu manfaat donor darah ini?

Cek Kesehatan

Tidak salah memang, sangat banyak orang beranggapan bahwa mengikuti donor darah berarti telah memangkas budget yang seharusnya Anda sisihkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Mengapa? Toh memang hal ini sangat benar. Sebab cek sebelum mendonorkan darah yang notabene menjadi prosedur wajib akan membuat Anda mengetahui kondisi tubuh Anda.
Dalam hal ini manfaat donor darah yang akan Anda peroleh antara lain tahu suhu tubuh, nadi, tekanan darah, serta kadar hemoglobin yang akan tercatat pada kartu atau buku khusus pemeriksaan pihak medis.
Selepas darah diambil, darah tersebut kemudian akan dikirim ke laboratorium untuk menjalani 13 tahap pengecekan yang berbeda. Apabila ada yang salah dengan darah Anda, maka Anda akan segera dikabari. Disamping telah menolong orang yang sangat butuh, Anda juga mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan secara cuma-cuma.

Menyelamatkan Nyawa

Dari sekian banyak nilai plus, yang terakhir ini dapat dikatakan sebagai yang paling mantap. Bagaimana tidak? Kontribusi Anda dalam mengikuti upaya donor yang secara rutin dilakukan oleh Palang Merah Indonesia ini telah membuat Anda turut serta menyelamatkan nyawa seseorang yang tengah kekurangan darah.
Seperti yang Anda ketahui, darah merupakan komponen penting dalam menentukan keberlangsungan hidup manusia. Dengan tujuan pasien darurat medis, seperti korban kecelakaan, pasien operasi besar, kelainan darah, penderita kanker, hingga bayi yang terlahir dengan kecacatan medis tertentu dapat tertolong karena partisipasi Anda bergabung dengan Palang Merah Indonesia dan lembaga sejenisnya.
Oleh sebab itu, jangan takut mendonorkan darah Anda demi kebaikan bersama. Banyak sekali manfaat donor darah untuk menjamin kesehatan Anda di masa depan. Sebagai informasi tambahan, untuk memperingati kerjasama donor darah antar berbagai pihak ini, ditetapkan tanggal 14 Juli sebagai Hari Donor Darah Sedunia.