10 Tempat Makan Gudeg Paling Enak & Terkenal Di Jogja, Cobain Deh !

Gudeg Paling Enak – Jogjakarta memiliki beberapa julukan nama, yaitu kota pelajar, kota wisata, kota budaya dan kota gudeg. Apapun tujuan kamu saat berwisata di jogja yang terkenal dengan keramahan warganya ini, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khasnya. Apa lagi coba kalau bukan gudeg. Gudeg memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Di bawah ini adalah 10 tempat makan gudeg enak dan recommended di Jogja yang bisa kamu datangi untuk mencicipi kuliner khas Jogja tersebut.

Rasanya memang tidak lengkap jika berkunjung ke Jogja namun belum atau tanpa mencicipi kuliner khasnya. Gudeg merupakan salah satu masakan khas dari Jogja. Saking khas nya, bahkan Jogja dijuluki sebagai kota gudeg. Kamu bisa menemukan penjual gudeg sangat mudah di kota ini. Namun jika mencari tempat makan gudeg yang paling enak, legendaris dan hits, cuma di kesepuluh tempat berikut ini yang layak kamu tuju.

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Siapa bilang gudeg cuma bisa disantap di tempat? Kini, gudeg semakin inovatif, lho. Salah satunya adalah gudeg kering. Gudeg semacam ini sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk orang-orang di rumah. Jika kamu tanya di mana tempat yang menjual gudeg, terutama gudeg kering yang paling enak dan terkenal, jawabannya adalah Gudeg Yu Djum. Selain gudeg kering, di rumah makan ini juga menyediakan gudeg sayur atau gudeg basah yang legendaris.

Buat kamu yang secara kebetulan kini sedang berada di Jogja dan sedang lapar, segera deh meluncur ke rumah makan Gudeg Yu Djum yang bisa kamu temukan di tiga titik, yaitu di Jalan Wijilan, Jalan Kaliuran Km.4 dan di Jalan Adisucipto. Selain mencicipi sajian kuliner gudeg yang enak dan nikmat, kamu juga dapat menikmati alunan musik keroncong dari seorang penyanyi keroncong yang usianya telah cukup tua. Lidah merasakan nikmat, perut kenyang, dapat hiburan gratis lagi.

2. Gudeg Bu Juminten

Meskipun nama mirip, namun gudeg Bu Juminten ini berbeda dari gudeg Yu Djum. Tapi soal cita rasa, keduanya sama-sama enak, kok. Jika gudeg Yu Djum terkenal dengan gudeg keringnya, di rumah makan gudeg Bu Juminten ini terkenal memiliki ciri khas tersendiri. Di sini kamu akan disuguhi gudeg bercita rasa lezat tiada kira yang berasal dari bahan-bahan gudeg yang dicampur dengan aren. Rasa manisnya pun pas dan mantap, sehingga tidak heran jika rumah makan ini menjadi langganan para pejabat pemerintah bersantap. Penasaran seperti apa rasa manis dan gurih yang bersatu padu menjadi santapan gudeg yang lezat? Datang saja ke Jalan Asem Gede No.4 atau di Jalan Kranggan No. 69 Jogja.

3. Gudeg Pawon

Kamu pingin menikmati bersantap gudeg dengan sensasi yang unik dan lain dari pada yang lain? Datang saja ke Jalan Janturan 36-38 Warungboto, Jogja. Di sini kamu bakal menemukan tempat makan gudeg enak yang sangat unik. Jika biasanya ketika kamu mau beli gudeg, kamu pasti akan menunggu di kursi yang tersedia. Tapi di Gudeg Pawon ini beda. Kamu harus datang langsung ke dapur di mana dapur atau pawon tersebut digunakan untuk membuat gudeg oleh penjualnya.
Tidak hanya itu, ada lagi satu keunikan yang dimiliki rumah makan gudeg ini, yaitu jam operasional yang hanya buka pada malam hari dari mulai pukul 23.30 hingga sampai pukul 01.00. Wah…lucu sekali ya? Tapi nggak papa deh malam-malam keluyuran, kalau keluyurannya untuk mencicipi gudeg basah yang super nikmat dan lezat di Gudeg Pawon ini. Nggak bakan nyesel.

4. Gudeg Permata Bu Pujo

Gudeg Permata Bu Pujo termasuk tempat makan gudeg legendaris di Jogja, karena telah berdiri sejak tahun 1951. Jika biasanya gudeg memiliki cita rasa yang cenderung manis, maka lain di rumah makan ini. Di sini kamu akan menikmati gudeg dengan rasa gurih yang dominan. Wah…cocok nih buat kamu yang gemar dengan kuliner yang gurih-gurih sedap dan lezat. Jika tertarik untuk mencicipi, silahkan datang ke Jalan Gadjah Mada, Jogja pada pukul 21.00 ke atas, karena rumah makan ini baru akan buka pada pukul 21.00 malam.

5. Gudeg Mbarek Bu Hj Ahmad

Mahasiswa Universitas Gajah Mada pasti familiar dengan tempat makan gudeg enak di Jogja satu ini, karena lokasinya berada di sebelah utara kampus UGM atau tepatnya di Jalan Kaliurang KM 45 Karangasem, Caturtunggal, Depok, Sleman. Selain terkenal dengan cita rasa yang enak dan nikmat, Gudeg Mbarek Bu Hj Ahmad juga termasuk unik. Jika kamu membeli gudeg di sini dan ingin dibawa pulang, kamu akan mendapatkan gudeg dalam wadah besek yang terbuat dari bamboo yang dianyam dan menghasilkan tempat yang unik.

6. Gudeg Ceker Sedep Raos

Gudeg merupakan kuliner khas Jogja yang berasal dari bahan gori atau nangka yang dimasak dalam waktu yang cukup lama. Gudeg biasanya disajikan bersama dengan telur, paha bawah atau dada ayam. Di tempat makan gudeg yang berada Jalan Affandi No. 30, Condongcatur, Depok, Sleman, Jogja ini, kamu tidak hanya dapat menemukan telur pada sajian gudegnya, tapi jua ceker ayam kampong yang lezat. Rasa gudegnya tidak terlalu manis, namun tetap terasa legit dan enak. Arehnya juga gurih, pun dengan sambal kreceknya yang pedas-pedas nikmat. Sementara tekstur gorinya berserat seperti daging. Pokoknya mantap dan wajib dicoba manakala kamu sedang bertandang ke kota Jogja.

7. Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Tjitro berdiri sejak tahun 1925 dan menjadi salah satu rumah makan yang turut mempopulerkan gudeg sebagai kuliner khas Jogja. Meskipun usianya telah lanjut, tempat makan gudeg satu ini sangat inovatif, karena mengikuti zaman dan kekinian. Kamu bisa membawa pulang oleh-oleh gudeg dalam bentuk yang modern. Tidak hanya besek atau kendil, tapi kamu bisa memilih oleh-oleh gudeg yang dibungkus di dalam kaleng juga.

Selain lebih praktis, varian gudeg kaleng lebih awet dari pada dibungkus menggunakan besek ataupun kendil. Tenang, gudeg yang dimasukkan ke dalam kaleng sama enaknya kok dengan yang dimasukan ke kedua bungkus tersebut ataupun disantap langsung di tempat. Jadi, jangan ragu lagi, segera melucur ke Jalan Janti No 330 Banguntapan, Bantul atau tepatnya di Depan JEC (Jogja Expo Center).

8. Gudeg Manggar Bu Jumilan

Biasanya gudeg identic dengan gori atau nangka muda sebagai bahan dasarnya. Namun tidak untuk rumah makan Bu Jumilan ini yang menggunakan manggar atau bunga muda pohon kelapa sebagai bahannya. Bahan inilah yang menjadikan gudeg manggar Bu Jumilan sangat enak, unik dan lezat dengan tekstur yang lebih padat. Meskipun demikian, kamu tetap bisa merasakan sensasi areh yang gurih dan sambal krecek yang mantap pedasnya kok di sini. Penasaran seperti apa rasa gudeg manggar ini? Langsung saja meluncur ke Bantul, tepatnya di Jalan Srandakan Km. 8 Mangiran, Bantul.

9. Gudeg Mercon Bu Tinah

Ketika mendengar gudeg mercon, apa yang ada di pikiran kamu? Sebagian besar pasti akan menjawab dengan api atau pedas. Yups, benar sekali! Padahal gudeg identic dengan kuliner dengan cita rasa manis dan gurih. Nah, di situlah letak keunikan dari Gudeg Mercon Bu Tinah ini. Tempat makan gudeg yang terletak di Jalan Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Jetis, Jogja ini selalu disesaki oleh pengunjung yang penasaran pingin mencicipi gudeg dengan cita rasa yang unik. Bahkan beberapa artis ibukota rela datang ke sini untuk mencicipinya, lho. Kamu kapan?

10. Gudeg Mbah Lindu

Gudeg adalah warisan kuliner asli Jogja yang tak lekang oleh waktu. Jika umumnya rumah makan gudeg yang bisa ditemui sekarang ini adalah hasil warisan turun temurun, beda lagi dengan Gudeg Mbah Lindu ini. Mbah Lindu inilah yang telah merintis usaha tempat makan gudeg yang enak di Jogja dari zaman penjajahan Jepang hingga hari ini. Tentu saja penjual gudeg ini sudah sepuh, namun masih bersemangat dan ramah. Bahkan Mbah Lindu ini juga gemar bercerita mengenai kisah di jaman penjajahan dulu. Jadi serasa bernostalgia di jaman era penjajahan di masa silam, deh.

Itulah kesepuluh tempat makan gudeg enak di Jogja yang terkenal dan legendaris. Kata siapa cita rasa gudeg cuma manis dan gurih, buat kamu pecinta kuliner pedas dan unik, bisa deh memuaskan selera kamu di Jogja dengan menyantap gudeg. Pilih saja mana rumah makan yang menyajikan gudeg sesuai selera kamu. Mau manis, gurih, atau pedas? Semuanya ada dan rasanya nikmat tiada tara.