Inilah 10 Gunung Tertinggi Di Dunia Dengan Jalur Pendakian Ekstrim

Tidak hanya keindahan bukit, hutan, pantai, dan laut yang mampu menghipnotis setiap mata manusia. Gunung-gunung di dunia ini pun memiliki keindahan yang begitu menakjubkan dan sangat cocok untuk refreshing time. Tidak heran jika banyak orang yang menghabiskan waktu liburan mereka berada di alam untuk menaklukan gunung. Dari puncak gunung, pemandangan alam yang memukau bisa kamu nikmati sehingga penat dan lelah seketika lenyap.

Untuk memaksimalkan kualitas waktumu saat melakukan refreshing, 10 gunung paling tinggi di dunia ini bisa kamu jadikan sebagai destinasi pilihan terbaik!

1. Gunung Everest

Everest
Everest

Gunung Everest merupakan gunung yang memiliki puncak gunung tertinggi nomor satu di dunia dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Gunung Everest terletak di perbatasan Nepal-Tibet. Kawasan ini sudah masuk dalam barisan Pegunungan Himalaya dengan puncaknya yang berada pada ketinggian 8.850 mdpl.

Selain memiliki view pemandangan yang sangat indah, banyak hal menarik yang bisa didapatkan dari puncak tertinggi Everest. Salah satu hal menarik yang dapat Anda temui di sini ialah Gunung Everest memiliki dua nama unik yang berbeda yaitu Chomolangma atau Qomolangma di Tibet dan Sagarmatha’ di Nepal.

Ketinggian : 8.848 meter
Pengunungan     : Himalaya
Negara                : Nepal dan Tiongkok (Tibet)
Sebutan lain       : Sagarmatha /  Chomolungma
Penakluk Pertama : Tenzing dan Hillary (Tahun 1953)

2. Godwin Austen

Godwin Austen
Godwin Austen

Ketinggian : 8.611 meter
Pengunungan     : Karakoram
Negara                : Pakistan dan Tiongkok (Xinjiang)
Sebutan lain       : K2 /  Qogir
Penakluk Pertama : Lino Lacedelli dan Achille Compagnoni (Tahun 1954)

Baca Juga : Gedung Tertinggi Di Dunia

3. Gunung McKinley

Gunung McKinley
Gunung McKinley

Yang menduduki urutan kedua dari gunung dengan puncak tertinggi di dunia ialah Gunung McKinLey. Gunung McKinley masuk dalam barisan pegunungan Alaska yang merupakan gunung dengan puncak tertinggi di Amerika Serikat dan di Amerika Utara. Dua puncak yang dimiliki oleh gunung tertinggi ini ialah 6.118 mdpl. Uniknya, Gunung McKinley ini dijadikan sebagai pusat dari Denali National Park and Preserve yang mana merupakan salah satu taman nasional yang cagar alam terbesar di Negara Amerikan Serikat. Diperkirakan taman nasional di Gunung McKinley memiliki luas 2,4 juta hektar. Dengan taman seluas itu, Gunung McKinley mempersembahkan pemandangan yang amat sangat memukau bagi para pendaki gunung yang datang.

Ketinggian : 6.118 meter
Pengunungan     : Alaska
Negara                : Amerika
Sebutan lain       : Denali
Penakluk Pertama : Hudson Stuck, Harry Karstens, Walter Harper, dan Robert Tatum (1951)

4. Puncak Gunung Logan

Mount Logan
Mount Logan

Gunung Logan merupakan gunung dengan puncak tertinggi di dunia yang berlokasi di Kanada dan berada tepat di kawasan Kluane National Park and Reserve. Gunung Logan ini memiliki satu deretan dengan Gunung McKinley. Gunung Logan tersebut tercatat sebagai gunung dengan urutan ketiga yang memiliki ketinggian kurang lebih 5.959 mdpl. Gunung ini pun disebut-sebut sebagai gunung tertinggi di kawasan Amerika Utara.

Yang tidak dapat dipungkiri dari gunung tertinggi di dunia ini ialah Gunung Logan menawarkan keindahan alam yang begitu cantik dan menawan. Keindahan dari taman nasional di kawasan Gunung ini dapat menghipnotis setiap pasang mata para pendaki yang menjelajahi gunung ini. Nama dari Gunung Logan ini sendiri di ambil dari nama William Edmond Logan yang mana merupakan geologis yang berasal dari Negara Kanada.

Ketinggian : 5.959 meter
Pengunungan     : Alaska
Negara                : Kanada
Sebutan lain       : –
Penakluk Pertama : A.H. MacCarthy (1925)

5. Gunung Kilimanjaro

Kilimanjaro
Kilimanjaro

Bagi kamu yang suka dengan wisata alam terutama pada gunung tertinggi, pasti sudah tidak asing lagi dengan Gunung Kilimanjaro bukan? Tahukah kamu, bahwa Gunung Kilimanjaro ini merupakan salah satu gunung yang masuk nominasi gunung tertinggi di dunia yang memiliki ketinggian 5.895 mdpl.

Hal yang sangat istimewa dari gunung ini ialah puncak Gunung Kilimanjaro selalu diselimuti dengan salju tebal yang indah. Oleh sebab itu, banyak yang mengatakan bahwa gunung ini merupakan Gunung Putih karena hampir semua permukaan puncak gunung ini ditutupi oleh salju. Yang membuat puncak gunung Kilimanjaro begitu unik ialah gunung ini terletak di wilayah tropis, namun istmewanya salju selalu turun di Gunung ini.

Namun sayangnya puncak Gunung Kilimanjaro pernah ditutup pada tahun 2006. Hal ini disebabkan karena adanya korban jiwa akibat insiden longsor di jalur pendakian yang menyebabkan jatuhnya beberapa korban pendaki.

Ketinggian : 5.895 meter
Pengunungan     : –
Negara                : Tanzania
Sebutan lain       : Kilima Dscharo atau Oldoinyo Oibor
Penakluk Pertama : Johannes Kinyala Lauwo

6.  Gunung Elbrus

Mount Elbrus
Mount Elbrus

Bagi para pecinta alam, Gunung Elbrus menjadi salah satu gunung favorite yang memiliki puncak gunung tertinggi. Gunung Elbrus ini terletak di bagian Selatan dari Negara Rusia, tepatnya ada di perbatasan Georgia. Tahukah kamu, bahwa kawasan di sekitar Gunung Elbrus ini selalu diselimuti dengan salju dan glester sepanjang tahunnya, sehingga penampakan alam di gunung ini semakin indah dan sangat istimewa.

Gunung Elbrus merupakan gunung dengan ketinggian mencapai 5.642 mdpl. Selain masuk dalam nominasi gunung tertinggi di dunia, Elbrus pun masuk dalam kategori gunung dengan puncak tertinggi di pegunungan Kaukasus dan Eropa. Yang selalu menjadi daya tarik utama dari pendakian gunung Elbrus ini ialah keindahan salju dan glester yang selalu menghiasi kawasan gunung tersebut sepanjang tahunnya.

Ketinggian : 5.642 meter
Pengunungan     : Eurasia
Negara                : Rusia
Penakluk Pertama : Florence Crauford Grove, dkk (1874)

7. Puncak Jaya

Puncak Jaya
Puncak Jaya

Usut punya usut ternyata Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki gunung dengan ketinggian puncak tertinggi. Salah satu gunung yang masuk nominasi gunung tertinggi di dunia ialah Gunung Puncak Jaya. Gunung ini memiliki ketinggian kurang lebih 5.030 mdpl. Selain memiliki ketinggian yang sangat menakjubkan, Gunung Puncak Jaya pun memiliki view alam yang begitu memukau, tidak heran jika gunung ini sering dijadikan sebagai tempat favorit untuk mendaki.

Fakta unik dari Gunung Puncak Jaya ini ialah gunung ini terletak di Provinsi Papua dan berada di kawasan tropis Asia. Meskipun demikian, gunung ini memiliki keindahan glester yang bernama Carstensz yang menjadi satu-satunya glester tropika dengan view terindah yang ada di Indonesia.

Ketinggian : 8.848 meter
Pengunungan     : Himalaya
Negara                : Nepal dan Tiongkok (Tibet)
Sebutan lain       : Sagarmatha /  Chomolungma
Penakluk Pertama : Tenzing dan Hillary (Tahun 1953)

8. Gunung Damavand

Gunung Damavand
Gunung Damavand

Di urutan ke tujuh, ada Gunung Damavand yang masuk dalam kategori gunung dengan puncak tertinggi di dunia. Gunung Damavand ini merupakan gunung yang berada di tengah pegunungan Alborz. Gunung ini diperkirakan memiliki ketinggian sekitar 5.000 mdpl. Yang sangat menarik dari gunung ini, Alborz memiliki suatu spot sumber air panas yang diyakini oleh masyarakat sekitar dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit dan luka kronis. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak penampakan kolam-kolam pemandian lumpur di sekitar gunung Damavand ini.

Ketinggian : 5.000 meter
Pengunungan     : Alborz
Negara                :
Sebutan lain       :
Penakluk Pertama :

9. Mont Blanc

Mont Blanc

Selanjutnya, kita beralih ke barisan pegunungan Alpen yang memiliki gunung tertinggi di kawasan Eropa Barat ini. Di kawasan Eropa ini ada salah satu gunung dengan ketinggian mencapai 4.810 mdpl. Gunung ini bernama Gunung Mont Blanc atau yang sering disebut dengan “Monte Bianco”, dalam bahasa Itali sebutan tersebut memiliki arti Gunung Putih. Sesuai dengan arti yang terkandung dalam nama gunung tersebut, deretan Gunung Mont Black selalu dipenuhi dengan tumpukan Salju tebal yang begitu putih dan indah. Pemandangan salju inilah yang semakin membuat view di puncak tertinggi Gunung Mont Blanc semakin menakjubkan.

Ketinggian : 4.810 meter
Pengunungan     :
Negara                :
Sebutan lain       :
Penakluk Pertama :

10. Gunung Rainer

Mount Rainer
Mount Rainer

Gunung Rainer menduduki peringkat terakhir untuk ke Sembilan gunung dengan puncak tertinggi di dunia. Gunung Rainer merupakan gunung yang terletak di Amerika Serikat. Gunung ini memiliki topografi yang lumayan sangat curam, yang letaknya kurang lebih 54 mil arah tenggara dari Seattle, negara bagian Washington, AS.

Di samping itu, gunung dengan puncak ketinggian 4.392 mdpl ini pun berpotensi dapat mengeluarkan lahar dalam jumlah yang cukup besar jika terjadi letusan. Meskipun demikian, buktinya masih banyak pendaki dan pencinta alam yang datang ke tempat ini. Hal tersebut dikarenakan Gunung Rainer sangat terkenal dengan keindahan pemandangannya yang sangat mempesona. Setiap pendaki yang menyukai keindahan dan tantangan pasti akan menjadikan Gunung Rainer sebagai salah satu destinasi alamnya!

Ketinggian : 4.392 m
Pengunungan     :
Negara                : Amerika Serikat
Sebutan lain       :
Penakluk Pertama :

Bagaimana menurutmu? Sangat luar bisa bukan keindahan berbagai macam destinasi gunung tertinggi di dunia di atas? Jadikan waktu liburanmu sebagai waktu refreshing terbaik dengan mengunjungi wisata gunung paling recommended di atas!