10 Hewan Langka Di Dunia Yang Wajib Dilestarikan

Seiring dengan perjalanan waktu populasi hewan di dunia ini pun semakin menipis. Salah satu faktor terbesarnya adalah pengalihfungsian kawasan alam yang menjadi tempat tinggal satwa tersebut. Bahkan tak hanya itu, banyak hewan yang menjadi target dari perburuan liar untuk dikomersilkan tubuhnya, entah bulu, tanduk, daging atau yang lainnya. Miris memang. Tapi begitulah kenyataannya. Misalnya beberapa hewan langka di dunia berikut ini. Populasi mereka semakin hari semakin turun dan benar-benar terancam punah selamanya jika tidak segera dilakukan upaya penanganan yang serius. Mau tahu hewan apa saja yang tergolong paling langka di dunia? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

1. Kadal Berduri (moloch horridus), Australia

Kadal Australia

Pernah dengar kadal berduri? Kalau ternyata selama ini kamu cuma tahu kadal yang kulitnya mulus dengan sedikit mengkilat, berarti kamu memang tidak tahu ada kadal berduri. Wajar kalau nggak tahu, karena hewan asal Australia ini memang tergolong sangat langka. Sekujur tubuhnya dari kepala hingga ekor dipenuhi dengan duri-duri tajam, sehingga nampak unik dan sedikit menyeramkan. Di bahu kadal ini terdapat ‘kepala palsu’ yang fungsinya adalah untuk mengecoh predator.

Ajaibnya, warna kulit kadal ini bisa berubah-ubah seperti bunglon, lho. Misal dari kuning menjadi coklat kemerahan dan dari kuning menjadi hitam. Perubahan warna ini bergantung pada warna tanah yang mereka lalui. Hewan langka di dunia ini merupakan salah satu evolusi kadal dalam beradaptasi menghadapi habitat ekstrem gurun gersang di Australia.

2. Komodo, Taman Nasional Pulau Komodo, Indonesia

Hewan langka di dunia satu ini mungkin kamu sudah cukup familiar nih. Karena memang habitatnya sendiri berada di Indonesia, tepatnya di Taman Nasional Pulau Komodo. Komodo juga termasuk kadal. Namun ukuran tubuhnya raksasa mencapai hingga 3 meter dengan berat 70 kilogram. Tentunya ukuran komodo jantan akan lebih besar dari ukuran komodo betina.

Komodo menjadi salah satu hewan yang langka dan terancam punah, karena kadal raksasa ini hanya hidup di Pulau Komodo. Untuk mencegah hewan ini benar-benar punah, pemerintah Indonesia membuat sebuah taman nasional yang dinamakan dengan Taman Nasional Komodo. Kamu bisa kok melihat hewan unik ini. Datang saja ke Flores, tepatnya di Pulau Komodo. Selain melihat langsung habitat komodo, kamu bisa menikmati pemandangan alam di sana yang terkenal eksotis sampai kancah internasional, lho.

3. Cendrawasih Botak, Raja Ampat, Papua, Indonesia

Selain komodo, Indonesia juga masih menyimpan salah satu hewan terlangka di dunia, yaitu cendrawasih botak. Cendrawasih identic dengan tanah Papua. Khusus burung cendrawasih botak ini adalah hewan langka yang mendiami Raja Ampat, Papua. Uniknya lagi, hewan cantik dan unik hanya dapat ditemukan di 2 pulau kecil saja di kepulauan Raja Ampat, yaitu Batanta dan Waigeo.

Burung endemic ini memiliki bulu yang berwarna merah dan hitam dengan perpaduan warna kuning pada bagian tengkuk dan warna hijau kebiruan pada bagian atas kepala. Sementara kakinya berwarna biru. Dari kejauhan ataupun dari jarak dekat, burung langka ini terlihat begitu cantik dan berwarna warni. Uniknya lagi, burung cendrawasih botak ini memiliki ekor yang lain dari pada yang lain, karena bentuknya menyerupai dua buah lengkungan yang nyaris berbentuk lingkaran. Apabila dilihat sekilas, kedua ekor tersebut terlihat seperti pegangan gunting. Lucu, ya.

Baca Juga : Aneka Jenis Burung Terindah Di Dunia

4. Kelelawar Putih Honduras, Amerika Tengah

Ngaku deh, kamu pasti merasa takut atau jijik pas lihat kelelawar yang biasanya berwarna hitam dan berkeliaran di malam hari. Iya kan? Tapi yakin deh, kalau kamu lihat Kelelawar Putih Honduras ini kamu akan jatuh hati, karena saking imut dan lucunya mereka. Sekilas, mereka nampak seperti boneka Tsum Tsum yang imut itu. Ukuran Kelelawar Putih juga tergolong kecil, yakni hanya sekitar 4,7 cm saja. Untuk urusan makan, buah-buahan adalah menu andalannya. Meskipun tergolong hewan langka di dunia, namun kamu masih bisa melihat hewan super menggemaskan ini di Amerika Tengah. Hewan yang hobi banget hidup di antara dedaunan ini memiliki bulu-bulu halus yang putih dengan bagian hidung, kaki dan telinga berwarna kuning. Warna yang pas. Apalagi jika kamu melihat gerombolan mereka berada di antara pohon yang berwarna hijau, manis banget.

5. Octopus Dumbo (Grimpoteuthis)

Gurita ada beberapa jenis. Octopus Dumbo salah satunya. Bahkan, hewan laut ini menjadi salah satu hewan paling langka di dunia. Bentuknya pun sangat unik, terutama pada bagian sirip yang letaknya di antara membran kakinya yang menyerupai telinga gajah yang sedang terbang. Nama Dumbo sendiri disematkan karena keunikannya tersebut terinspirasi dari sebuah film animasi terkenal. Meskipun masih tergolong keluarga gurita, namun ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan gurita biasa. Panjang hewan yang tinggal di laut dengan kedalaman 3.000 meter ini hanya sekitar 20 hingga 30 cm saja.

6. Macan Tutul Amur (Leopard Far East), Rusia, Tenggara dan Timur Laut China

Macan Tutul Amur memiliki karakteristik dan kualitas bulu yang bagus lagi tebal. Karena alasan itulah, banyak manusia yang tidak bertanggung jawab menjadikannya sebagai target berburu untuk dijual bulunya yang bernilai jual yang tinggi sebagai bahan mantel. Akibat dari sering diburu, maka populasinya semakin sedikit hingga tergolong hewan paling langka di dunia. Kabarnya, angka populasi hewan ini tersisa hanya 30 ekor saja. Miris, ya. Sebagai bentuk misi melindungi keberadaannya yang terancam punah, Macan Tutul Amur ini ditangkar secara khusus di Kebun Binatang Mulhause, Perancis.

7. Baiji (Lumba-Lumba Tak Bersirip), Sungai Yangtze Cina

Baiji adalah lumba-lumba tidak bersirip yang berhabitat di Sungai Yangtze, Cina. Karena habitatnya yang berbeda dengan aslinya inilah, maka Baiji tergolong sebagai salah satu hewan langka di dunia. Lumba-lumba unik yang tidak memiliki sirip ini dulunya mengalami penangkapan yang berlebihan, sehingga angka populasi mereka menurun secara drastis. Belum lagi akibat dari polusi air laut dan sungai yang menyebabkan kematian hewan menarik ini. Kini, jumlah total Baiji yang berada di perairan lepas diperkirakan hanya berjumlah sekitar 1.000 ekor saja.

Sebagaimana manusia yang berhak hidup damai dan aman di bumi ini, sudah seharusnya segala jenis hewan untuk dilindungi dan diperhatikan kelangsungan hidupnya. Paling tidak, jangan membuat habitatnya yang berubah. Namun sayangnya manusia terdiri dari banyak sekali pola pikir, sehingga tidak berada satu suara dalam menjaga kelestarian untuk seluruh makhluk hidup. Tidak hanya untuk manusia, tapi juga hewan dan tumbuhan.

7 Hewan langka di dunia di atas membuktikan bahwa kini alam tidak lagi sesehat dulu dan tingkah laku serakah manusia yang ingin mendapatkan untung semata semakin merajalela. Yuks, mulai dari diri sendiri untuk mencintai lingkungan sekitar. Selain sebagai penyeimbang alam semesta, hewan-hewan yang hidup di muka bumi ini juga bisa menjadi hiburan mata yang memandang kan? Apalagi hewan lucu menggemaskan seperti Kelelawar Putih Honduras dan Cendrawasih Botak. Bikin pingin disayang-sayang, deh.