10 Areal Hutan Ini Masih Terjaga Kelestariannya, Nomor 6 Ada Di Indonesia

Hutan merupakan sebuah wilayah tempat di mana berbagai macam makhluk hidup tinggal dan berkembang biak. Berbagai macam tumbuhan pun dapat tumbuh subur di hutan. Setiap hutan memiliki luas dan lebar yang berbeda-beda. Namun, sudahkah kamu tahu tentang hutan terlebat di dunia?

Menentukan sebuah hutan menjadi yang terlebat memang bukan perkara mudah dan rasanya sangat sulit bukan? Akan tetapi, kelebatan sebuah hutan dapat diperkirakan dengan luas area hutan tersebut serta kerapatan tanaman yang ada di dalamnya. Apakah benar bahwa di dunia ini terdapat hutan paling lebat yang memiliki keindahan seperti halnya di surga? Jika kamu ingin melihat fakta yang sebenarnya, maka kunjungi saja nama-nama hutan terlebat di dunia berikut ini!

1. Hutan Tropis Taiga – Rusia

Taiga Forest
Taiga Forest – Image : https://earthbuddies.net

Taiga merupakan salah satu nama hutan terkenal yang terletak di Rusia, yang tepatnya berada di bagian utara Rusia dan utara Amerika. Hutan ini masuk dalam deretan hutan dengan kerapatan tanaman yang sangat lebat, oleh sebab itu Taiga dijadikan sebagai hutan terlebat nomor satu di dunia. Hutan Taiga memiliki luas sekitar 12 juta km2 atau sekitar 4.7 juta miles. Hutan ini masuk dalam kategori hutan tropis yang memiliki kelembapan cukup tinggi. Tidak heran jika banyak ditemui berbagai macam tumbuhan dan pohon yang tubuh subur dan lebat di Hutan Taiga ini.

Baca Juga : Gunung Tertinggi Di Dunia

2. Hutan Amazon

Hutan Amazon
Hutan Amazon

Siapa yang tidak mengenal dengan hutan Amazon? Hutan Amazon merupakan hutan terlebat di posisi kedua setelah Hutan Taiga. Hutan ini memiliki luas kurang lebih 5,5 juta km2. Di dalam hutan Amazon, hiduplah berbagai macam ekosistem dan makhluk hidup. Ada berbagai macam tumbuhan dan hewan unik yang dapat kamu temui di hutan ini. Amazon termasuk hutan hujan tropis sehingga kelembapan di dalam hutan ini cukup tinggi.

Amazon merupakan salah satu hutan terluas yang ada di dunia. Di samping itu, hutan ini pun termasuk hutan terlebat yang ada dunia karena memiliki kerapatan tanaman yang sangat banyak. Dengan keberadaan tanaman yang begitu lebat dan rapat, Amazon termasuk hutan yang menyumbang oksigen 30% yang ada di Bumi ini. Sangat keren bukan?

3. Kongo Basin

Kongo Basin
Kongo Basin

Kongo Basin atau Congo Forest ialah hutan terluas dan terlebat yang menduduki urutan ketiga. Hutan Kongo memiliki luas kurang lebih 3.7 km2 dan menempati hampir 70% di wilayah Kongo. Hutan ini memiliki iklim tropis sehingga banyak ditemukan berbagai macam tanaman liar yang tubuh subur di dataran ini. Di samping itu, Kongo pun terkenal dengan tanaman beracunnya yang berbahaya yang bisa tumbuh hingga puluhan tahun. Oleh sebab itu, Hutan Kongo Basin termasuk hutan terlebat yang memiliki tingkat bahaya yang cukup tinggi. Meskipun demikian, banyak hal yang menakjubkan yang banyak kamu temui, contohnya yaitu berbagai macam ekosistem yang hidup dengan baik di hutan Kongo Basin ini.

Selain itu, di sini kamu pun dapat menjumpai sebuah air yang mengalir dari sungai yang bisa digunakan sebagai sumber air masyarakat sekitar. Dengan kesuburan tanah dan ketersediaan air yang melimpah membuat hutan ini menjadi sumber daya alam terbaik di wilayah Kongo.

4. Valdivian Temperate

Valdivian Temperate
Valdivian Temperate

Valvidian ialah sebuah nama hutan yang beriklim tropis yang terletak di Amerika. Selain Amazon, Valvidian Temperate merupakan salah satu hutan terlebat di Dunia. Hutan ini memiliki kualitas alam yang sangat menakjubkan dan sangat mempesona. Luas dari hutan Valdivian Temperate ini kurang lebih 248.100 km2. Lalu bagaimanakah kehidupan di hutan ini? Dengan kesuburan tanah dan iklim yang sangat baik, berbagai macam makhluk hidup dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di hutan ini.

5. Tropical Xishuangbanna

Tropical Xishuangbanna
Tropical Xishuangbanna

Di urutan berikutnya ada hutan bernama Tropical Xishuangbanna. Hutan ini merupakan sebuah taman nasional yang memiliki kerapatan tanaman sangat tinggi. Hutan Tropical Xishuangbanna sangat terkenal dengan pemandangannya yang sangat memukau. Hutan ini memiliki luas sekitar 19.700 KM2 dan memiliki iklim tropis. Torpical Xishuangbanna ini masuk dalam deretan 10 hutan tropis terlebat di dunia dengan kesuburan tanah yang sangat baik. Berbagai macam ekosistem dan populasi tumbuhan dan hewan dapat berkembang baik di hutan ini.

6. Hutan Kayan Mentarang

Hutan Kayan Mentarang

Hutan Kayan Mentarang merupakan salah satu hutan di Indonesia yang berhasil masuk dalam ketegori 10 hutan terlebat di dunia. Dikenal sebagai negara beriklim tropis, Indonesia memang memiliki banyak hutan dengan iklim hujan tropis. Luas dari hutan Kayan Mentarang ini sendiri pun mencapai 13.605 KM2. Hutan ini tepatnya terletak di Pulau Kalimantan. Hutan Mentarang memang terkenal dengan kelebatan tanamannya yang begitu luar bisa, namun hutan ini termasuk hutan yang liar sehingga jarang di jamah oleh masyarakat sekitar karena banyak terdapat hewan dan tumbuhan liar yang berbahaya. Bahkan beberapa flora dan fauna beracun serta berbahaya dapat dijumpai di hutan terlebat yang satu ini. Namun, hal itu tentunya tidak mengurangi keindahan yang ada di dalam Hutan Kayan Mentarang ini.

Baca Juga : Sungai Terpanjang Di Dunia

7. Giant Sequoia National Monument, California

Giant Sequoia National

Hutan terlebat selanjutnya ialah Giant Sequioa National Monument yang berada di Sierra Nevada Mountain, yang tepatnya ada di California. Hutan Giant Sequioa ini masuk dalam kategori hutan terluas di dunia yang memiliki luas tanaman kurang lebih 4.829 KM2. Hutan ini di beri nama Giant Sequioa karena di dalam hutan ini terdapat banyak pohon Giant Sequioa yang tumbuh dengan sangat subur. Tanaman Sequoia ini merupakan populasi terbesar di hutan California ini yang menjadikannya sebagai hutan terlebat di dunia dengan urutan ke 7.

8. Daintree Forest

Daintree Forest
Daintree Forest

Australia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan luas dan lebat, salah satunya ialah Daintree Forest. Daintree Forest merupakan sebuah hutan dengan kerapatan tanaman yang sangat besar dan kurang lebih hutan ini memiliki luas 1.200 km2. Itulah mengapa, hutan ini terkenal dengan flora dan faunanya yang berbagai macam hidup dengan baik di Daintree. Dengan kerapatan tanaman yang begitu padat dan luas hutan tersebut, Draintress dinobatkan sebagai hutan dengan kesuburan tanaman hijau terbaik dan hutan terlebat di dunia urutan ke 8.

9. Kinabalu National Park

Kinabalu National Park
Kinabalu National Park

Hutan terlebat di dunia berikutnya ialah hutan Kinabalu. Hutan Kinabalu atau yang lebih sering disebut dengan taman Kinabalu ini merupakan sebuah hutan yang terletak di Malaysia. Hutan terlebat yang termasuk hutan lindung ini memiliki luas dataran sekitar 754 KM2. Dengan luas dan kelebatan tumbuhan yang begitu luar biasa, tidak heran jika Kinabalu National Park masuk dalam kategori salah satu hutan terluas dan terlebat di dunia.

10. Redwood National Park, California

Redwood National Park
Redwood National Park

Kemudian, ada Redwood National Park yang berhasil menduduki peringkat ke 10 sebagai hutan terluas dan terlebat di dunia.  Hutan Redwood ini memiliki daratan yang sangat hijau yang mampu menutupi luas hutan itu sendiri. Luas dari hutan ini sendiri mencapai kira-kira hingga 560 KM2. Tidak heran jika Redwood National Park mampu mengisi daftar urut hutan terlebat di dunia yang sangat mempesona. Di samping itu, Redwood pun sangat terkenal sebagai hutan yang memproduksi banyak semak belukar dan tanaman kayu langka.

Wisata alam memang selalu berhasil memanjakan mata dengan keindahannya yang begitu istimewa. Selain itu, hutan-hutan dengan keindahan surga di atas dapat kamu jadikan sebagai destinasi untuk berlibur sambil mengenal alam lebih dalam.