5 Manfaat Ikan Gabus Yang Sangat Penting Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Gabus untuk menyembuhkan luka memang sudah dikenal sejak lama. Banyak yang mencari ikan gabus sebagai salah satu sumber makanan yang baik pasca melakukan operasi. Kandungan Albumin yang tinggi di dalam Ikan Gabus membuat Ikan Gabus banyak diburu karena dapat mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, masih banyak pula kandungan gizi yang baik yang terdapat di dalam tubuh. Ikan Gabus ternyata memiliki segudang manfaat yang menakjubkan yang tidak pernah Anda kira sebelumnya. Meskipun ikan air tawar ini memiliki harga yang biasa seperti ikan pada umumnya, ternyata siapa sangka jika manfaat Ikan Gabus bagi tubuh sangat istimewa. Apa saja manfaat tersebut? Simak Penjelasan Berikut!

Sebelum berbicara manfaat Ikan Gabus yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, berikut ini merupakan kandungan gizi yang terdapat di dalam 100 gram ikan Gabus. Para ahli menyebutkan bahwa di dalam 100 gram Ikan Gabus terdapat kalori sebanyak 69 gram, protein 25,2 gram, besi 0,9 miligram, fosfor 76 gram, kalsium 62 gram, Vitamin A, Vitamin B , Lemak 1,7 gram dan air 69 gram.

Dari kandungan gizi inilah, Ikan gabus kaya akan berbagai manfaat yang istimewa bagi tubuh. Termasuk untuk Ibu Hamil dan menyusui. Ikan yang memiliki tekstur daging lembut dengan rasa yang enak dan gurih ini cocok untuk dikonsumsi sehari-hari. Berbagai manfaat istimewa bisa Anda dapatkan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Penyembuhan Luka

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa manfaat Ikan Gabus adalah dapat membantu penyembuhan luka. Banyak yang mengonsumsi ikan gabus ini sebagai cara untuk menyembuhkan luka pasca caesar. Ikan Gabus Kaya akan kandungan Albumin yang tinggi. Kandungan albumin inilah yang berfungsi untuk membantu proses penyembuhan luka pada tubuh.
Anda dapat mengolah Ikan Gabus dengan berbagai bumbu olahan yang nikmat, sop ikan gabus misalnya. Selain ikan gabus, Anda juga bisa mengonsumsi telur, seafood dan ayam agar luka Anda cepat kering. Makanan yang mengandung protein yang tinggi dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Mengatasi Bengkak Pada Tubuh

Kandungan Albumin pada Ikan Gabus yang cukup tinggi memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya bengkak pada tubuh. Albumin berfungsi sebagai protein utama di dalam aliran darah yang mengatur tekanan osmotik dalam darah. Dengan adanya keseimbangan albumin di dalam tubuh inilah yang menjaga agar tidak ada cairan yang bocor pada jaringan tubuh (menyebabkan pembengkakkan). Albumin juga berfungsi untuk mengatasi gangguan pada organ hati dan ginjal,mengatasi peradangan dan malnutrisi.

Pembentukan Dan Pertumbuhan Otot

Manfaat Ikan Gabus lainnya selain untuk membantu proses penyembuhan luka, juga bermanfaat untuk pembentukkan dan pertumbuhan otot. Ikan Gabus kaya akan kandungan protein yang tinggi seperti halnya ikan Lele. Kandungan protein yang tinggi akan membantu dalam proses pembentukan otot Anda.
Tidak mengherankan jika para lelaki yang menginginkan otot besar banyak melakukan olahraga dan banyak mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Lebih banyak asupan protein jika dibandingkan dengan asupan karbo. Kandungan protein dalam 100 gram ikan gabus sebanyak 25,2 gram, jauh lebih besar jika dibandingkan ayam, sapi maupun telur ayam.

Memperbaiki Gizi Buruk

Gizi buruk merupakan sebuah kondisi dimana tubuh kekurangan nutrisi akibat rendahnya asupan protein dan energi dalam jangka waktu yang lama sehingga menyebabkan tubuh kurus akibat kurang gizi berat. Gizi buruk bisa dialami oleh bayi, anak-anak, balita maupun ibu hamil. Jika keadaan ini dibiarkan maka dapat membahayakan nyawa seseorang.

Salah satu makanan yang dapat menyembuhkan gizi buruk dengan cepat adalah dengan mengonsumsi ikan gabus. Manfaat ikan gabus untuk menyembuhkan gizi buruk didapat karena ikan gabus memiliki kandungan protein yang tinggi. Di dalam 100 gram ikan gabus, sudah dapat memenuhi kebutuhan gizi penting yang baik untuk kesehatan, terutama untuk bayi.

Menjaga Sistem Pencernaan

Selain banyak dikenal sebagai makanan yang dapat membantu proses penyembuhan luka, manfaat ikan gabus lainnya adalah memelihara kesehatan sistem pencernaan Anda. Ikan gabus memiliki tekstur daging yang lembut sehingga akan mudah dicerna oleh perut, oleh balita sekalipun.

Bahkan ikan gabus jauh lebih mudah dicerna oleh tubuh jika dibandingkan dengan daging. Kandungan protein kolagen di dalam ikan gabus jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan daging, yaitu 3 persen dan 5 persen. Sehingga ikan gabus lebih bersahabat dengan sistem pencernaan Anda.

Nah itulah beberapa manfaat ikan gabus yang luar biasa bagi tubuh. Selain memiliki rasa yang enak dengan tekstur daging yang lembut, Ikan Gabus ternyata baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa mengolah ikan gabus menjadi sajian menu masakan istimewa dengan berbagai resep nusantara yang menggoda. Selamat mencoba.