10 Jembatan Terpanjang di Dunia Dengan Konstruksi Paling Menakjubkan !

Kecanggihan teknologi memang sangat dibutuhkan manusia. Salah satunya dalam hal pembangunan infrastruktur pembuatan jembatan. Jembatan sangat penting karena fungsinya sebagai tempat untuk menghubungkan satu lokasi dengan lokasi lainnya. Tapi tahukah kamu di mana saja letak jembatan terpanjang di dunia? Tidak hanya menghubungkan wilayah dalam satu negara saja, bahkan ada jembatan menghubungkan beberapa negara sekaligus, lho! Seperti apa panjang dan bentuknya ya? Yuk, cari tahu di bawah ini.

Danyang-Kunshan Grand Bridge

Danyang Kunshan Bridge
Danyang Kunshan Bridge

China memang jagonya bikin pembangunan yang spektakuler. Paling tidak di Asia, China lah negara yang selalu terdepan dalam urusan pembangunan infrastruktur, terutama dalam hal pembangunan jembatan. Jembatan Grand Danyang-Kunshan merupakan salah satu jembatan terpanjang di dunia. Jambatan yang selesai pada tahun 2010 dan diresmikan pada tahun 2011 ini di bangun di atas laut dengan panjang 164,8 kilometer atau sekitar 102, 4 mil.

Awalnya, tujuan dibuatnya jembatan ini adalah untuk perlintasan kereta cepat (High Speed Railway) atau kereta peluru dari Beijing menuju Shanghai. Jembatan maha karya negeri “Tirai Bambu” ini melintasi perairan Yangcheng dan beberapa daerah lain, seperti daerah Nanjing, Jiangsu dan Shanghai dengan total biaya mencapai sekitar $8,5 miliar. Waw, modalnya gede, jadi pantas saja hasilnya luar biasa keren.

Baca Juga : 10 Bangunan Tertinggi Di Dunia

Tianjin Grand Bridge

Tianjin Grand Bridge
Tianjin Grand Bridge

Masih di China, nomor urut kedua dari deretan jembatan terpanjang di dunia layak ditempati oleh Tianjin Grand Bridge. Paling tidak sematan ini dicetuskan oleh Guinness World Recods pada tahun 2011 dan masih menempati urutan kedua predikat jembatan terpanjang di dunia pada tahun 2018 ini. Sama seperti Grand Danyan-kunshan Bridge di atas, Tianjin Grand Bridge ini merupakan jembatan untuk jalur kereta api HSR (High Speed Railway) yang membentang antara Langfang dan Zingxian.

Panjang dari jembatan ini sekitar 113,7 km atau setara dengan 70,6 mil. Selain ukurannya yang sangat panjang, jembatan tipe viaduct ini tergolong cepat dalam proses pembuatannya. Bayangkan saja, untuk membuat jembatan yang panjang ini, pemerintah China hanya membutuhkan waktu sekitar 4 tahun saja. Pasti kebut siang dan malam nih! Tapi hasilnya tidak kalah keren dari jembatan di China yang pertama.

Weihe Grand Bridge

Weihe Grand Bridge memiliki panjang sekitar 79,732 kilometer atau 49,543 mil, sementara lebar mencapai 80 meter. Jembatan yang selesai dibangun pada tahun 2008 ini melintasi Sungai Wei  dua kali dan beberapa sungai lainnya, jalan raya serta perlintasan rel kereta api. Meski awalnya, sebelum jembatan ini dibangun, daerah tersebut merupakan sebuah jalan yang menghubungkan kereta cepat dari kota Zhengzhou ke kota Xi’an. Memang benar ya, China memang juaranya kalau bangun-bangun dan bikin-bikin pembangunan di bidang teknologi.

Bang Na Expressway

Bang Na Expressway merupakan jembatan jalan tol yang memiliki panjang 55 kilometer berada di Thailand. Meskipun berlokasi di Thailand, tepatnya di Bangkok, namun jembatan ini dirancang oleh Jean Muller International. Yaitu sebuah kelompok teknisi spesialis jembatan yang bermarkas di Perancis. Jika jembatan-jembatan di China menghubungkan sungai, laut dan jalur kereta api cepat, Bang Na Expressway ini merupakan jalan tol yang dipunyai oleh Expressway Authority of Thailand (EXAT). Meskipun tidak melintasi air layaknya jembatan pada umumnya, namun jembatan yang diselesaikan pada bulan Maret tahun 2000 ini mampu mengakomodir 12 jalan tol.

Jembatan Gao Xinglin (Hong Kong- Zhuhai-Macau Bridge)

Meskipun belum resmi dibuka untuk umum, namun dengan rampungnya Hong Kong-Zhuhai-Macau Bridge menguatkan predikat China sebagai negara maju. Bayangkan saja, Jika umumnya sebuah jembatan hanya akan menghubungkan dua atau beberapa daerah dalam satu negara, jembatan satu ini akan menghubungkan Hong Kong, Makau dan China Daratan, lho! Apa tidak waw, itu? Jadi pantas jika jembatan ini disebut sebagai keajaiban teknologi. Kamu setuju kan?

Wajar megah sih, karena dalam proses pembangunannya saja negara China bekerja sama dengan beberapa ahli dari negara-negara hebat di dunia, seperti AS, Jepang, Belanda, Inggris, Swiss dan Denmark. Tidak hanya itu, mega proyek ini juga melibatkan sebanyak 14 negara. Soal fasilitas tentu jangan ditanya lagi. Pasti keren. Tidak hanya berupa jembatan penyeberangan biasa dengan panjang 55km, Jembatan Gao Xingling ini memiliki fasilitas keren lain, seperti empat terowongan di bawah laut, empat pulau buatan dan dibuat enam jalur.

Jembatan baja ini didesain dengan sangat megah, lengkap dengan terowongan yang membentang sepanjang 6,7 kilometer di bawah muara Peral River di antara ketiga kota tersebut. Jembatan yang rampung dibangun pada Juli tahun lalu dan baru akan diresmikan sebentar lagi, yaitu pada akhir tahun 2018 ini ini memiliki panjang 54,7 kilometer atau sekitar 34 mil.  Dengan keberadaan jembatan terpanjang di dunia sekaligus megah ini, waktu tempuh dari Hong Kong ke Zhuhai dapat dipangkas dari tiga jam menjadi 30 menit. Waw, berapa kali lipat itu?

Jiaozhou Bay Bridge

China lagi, China lagi. Yups, China memang memiliki banyak jembatan dan beberapa diantaranya termasuk jembatan terpanjang di dunia. Salah satunya adalah Jiaozhou Bay Bridge. Jembatan ini membentang di atas perairan sepanjang 42,4 kilometer atau setara dengan 26.3 mil. Seperti nama yang disematkan pada namanya, jembatan ini terletak di teluk Jiaozhua, tepatnya di Qingdao provinsi Shandong, pesisir China. Jembatan yang bertingkat dan melengkung lengkung cantik ini menghubungkan kota timur Qingdao ke Pulau Huangdao. Hayo, siapa yang sudah pernah melewati jembatan ini?

Pontchartrain Causeway

The Lake Pontchartrain Causeway atau biasa disebut dengan Causeway saja ini, terletak dekat New Orleans, di negara bagian Lousiana, Amerika Serikat. Jembatan yang rampung penyelesaiannya pada tahun 1956 ini menjadi salah satu jembatan terpanjang di dunia yang dibangun di atas air dengan konstruksi yang terbagi menjadi dua jembatan pararel atau jalur ganda. Kedua jembatan ini jika digabung maka akan memiliki panjang sekitar 38,35 kilometer. Jika kamu berkesempatan melewati jembatan ini, kamu bakal disuguhi pemandangan cantik dari Danau Pontchartrain di Lousiana Selatan, Amerika Serikat.

The Manchac Swamp Bridge

Masih berada di negara bagian Lousiana, Amerika Serikat, The Manchac Swamp bridge atau Jembatan Manchac ini memiliki panjang 36,7 kilometer, sehingga patut kiranya dimasukkan ke dalam jembatan terpanjang di dunia. Sejatinya, jembatan ini merupakan jembatan trestle beton kembar yang dibangun di Lousiana, negara bagian Amerika Serikat. Jembatan ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 1979 dan merupakan salah satu tol terpanjang di dunia dengan Interstate 55. Hem, sudah cukup tua juga ya? Tapi tetap masih kokoh berdiri dan kuat sampai sekarang.

Hangzhou Bay Bridge

Hangzhou Bay Bridge atau Jembatan Teluk Hangzhou merupakan jembatan trans-samudra terpanjang di dunia dengan panjang mencapai 35.673 kilometer. Jembatan yang menghubungkan Jiaxing dan Ningbo di Provinsi Zhejiang ini selesai dibangun pada tahun 2007 dan langsung dibuka untuk umum pada tahun yang sama.

Jembatan Runyang

Jembatan Runyang dibangun dengan panjang mencapai 35.66 kilometer. Jembatan ini merupakan sebuah kompleks jembatan besar yang membentang diantara Sungai Yangtze di Provinsi Jiangsu, China, tepatnya hilir Nanjing. Sejatinya jembatan ini masih menjadi salah satu bagian dari Beijing-Shanghai Expressway. Terdapat dua jembatan utama yang menghubungkan Zhenjiang di tepi selatan sungai dan Yangzhou di sisi utara. Memang ya, untuk urusan pembangunan China terdepan.

Sebagian besar jembatan-jembatan terpanjang di dunia tersebut di atas berada di China. Hanya dua diantaranya yang berada di Amerika Serikat dan satu berada di Thailand. Kalau dibayangkan berarti di China sebagian besar didominasi oleh jembatan. Pantas saja China menjadi salah satu negara paling maju di dunia. Lihat saja pembangunan di sana. Kamu pernah ke sana?