10 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

Siapa sih yang tidak mengenal buah yang satu ini? Buah yang memiliki rasa masam dan sering dijadikan sebagai pelengkap berbagai masakan nusantara ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kecantikan lho. Apa lagi kalau bukan jeruk nipis.

Buah yang kaya akan kandungan vitamin C, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalsium, vitamin B5, B3, kalium dan gula ini dipercaya dapat membantu memelihara kesehatan tubuh. Diantaranya adalah meningkatkan imunitas, mencegah kanker, mengurangi darah tinggi, menurunkan kolesterol, membantu mengobati asam urat dan lain sebagainya. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, manfaat jeruk nipis lainnya adalah dapat memelihara kecantikan.

Bahkan banyak wanita Indonesia yang menggunakan jeruk nipis sebagai perawatan alami kecantikan kulit. Penasaran seperti apa manfaat jeruk nipis sebagai rahasia nusantara kecantikan wanita Indonesia? simak penjelasan berikut tentang manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit. Check it out!

Mencerahkan Kulit Kusam

Memiliki kulit kusam tentu menjadi salah satu masalah tersendiri bagi Anda, terutama seorang wanita. Kulit kusam akan membuat penampilan Anda terlihat lusuh dan tidak segar. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi penampilan dan tingkat kepercayaan diri Anda.

Penyebab kulit kusam pun beragam. Biasanya lebih sering disebabkan karena banyaknya aktivitas di luar ruangan. Sehingga kulit akan lebih sering terpapar sinar matahari secara langsung, dan lebih sering terkena debu dan kotoran akibat polusi udara.

Nah salah satu manfaat jeruk nipis untuk kecantikan adalah membantu mencerahkan kulit yang kusam. Jeruk nipis banyak mengandung Alpha hydroxy acids dan vitamin C yang tinggi. Kedua zat ini memiliki kemampuan untuk membantu mencerahkan kulit Anda yang kusam dan meregenerasi sel kulit yang mati.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan perasan air jeruk nipis untuk mengatasi masalah kulit kusam Anda tersebut. caranya cukup mudah. Oleskan air perasan jeruk nipis pada muka secara merata. Tunggu hingga kering dan meresap kemudian bilas menggunakan air bersih. Anda dapat menggunakan masker jeruk nipis ini dua kali dalam satu minggu.

Mencegah Dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat dan flek hitam merupakan salah satu dari sekian banyak daftar masalah yang krusial bagi seorang wanita. Bagaimana tidak? Munculnya jerawat pada wajah terkadang mampu membuat seorang wanita harus mengurung diri di kamarnya karena merasa tidak percaya diri dengan penampilannya tersebut. Belum lagi ditambah, bekas noda jerawat yang ditinggalkan membuat wajah menjadi terlihat kusam dan tidak bersih. Tentu saja hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena Anda merasa kurang percaya diri.

Namun Anda tidak usah khawatir. Hanya dengan menggunakan jeruk nipis, masalah Anda dapat terasi. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat memudarkan bekas jerawat dan flek hitam secara bertahap. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung zat anti bakteri yang dapat mencegah munculnya jerawat pada wajah.

Anda dapat menggunakan masker jeruk nipis dua hari sekali. Siapkan satu buah jeruk nipis kemudian peras airnya. Tambahkan satu sendok madu dan aduk hingga homogen. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan hingga meresap dan kering. Setelah itu bilas dengan air bersih. Dibutuhkan ketelatenan untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Mengecilkan Pori-Pori dan Mencegah Komedo

Salah satu penyebab munculnya komedo dan jerawat adalah karena adanya pori-pori yang besar. Pori-pori yang besar akan membuat kotoran dan debu lebih mudah masuk. Kotoran inilah yang nantinya akan menjadi penyebab komedo dan jerawat pada wajah Anda. Adanya komedo dan jerawat akan membuat wajah Anda kasar dan tidak mulus serta tidak indah dipandang mata.

Salah satu manfaat jeruk nipis yang cukup terkenal adalah memiliki kemampuan untuk mengecilkan pori-pori. Dengan menggunakan masker jeruk nipis secara rutin dua kali dalam satu minggu dipercaya mampu mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Sehingga kulit Anda akan tampak bersih, halus dan lembut seperti kulit bayi.

Selain itu, jeruk nipis juga mengandung zat anti bakteri dan memiliki kemampuan menyerap minyak berlebih pada wajah. Sehingga menjadikan wajah Anda senantiasa bebas jerawat dan komedo, bersih, halus dan sehat.

Nah itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit Anda. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, biasanya akan terasa perih pada awal pemakaian. Namun Anda tidak usah khawatir, karena pada pemakaian selanjutnya biasanya sudah tidak perih lagi karena kulit sudah terbiasa.

Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mencobanya rahasia alami cantik ala wanita Indonesia? Selain tidak menyebabkan efek samping, masker jeruk nipis juga dapat menghemat biaya dari pada Anda harus ke salon setiap minggunya. Jadi, tidak ada lagi ya urusan malas menggunakan cara alami, karena memang sebenarnya caranya pun tidak terlalu sulit.