10 Ide Desain Kamar Tidur Minimalis Yang Bikin Betah Penghuninya

Desain Kamar Tidur Minimalis ~ Entah alasan minim budget atau emang suka dengan desain gaya minimalis, nyatanya kamar tidur minimalis juga bisa kok disulap menjadi ruang istirahat yang nyaman dan menyenangkan. Nggak percaya? Tengok saja ide desain kamar tidur minimalis berikut ini. Disamping bisa hemat budget, juga nampak kece. Mudah dicontek lagi!

Dinding Dengan Tampilan Gaya Dan Keunikan

Dinding Kamar Tidur Unik

Meskipun kamar tidur kamu bertema minimalis, bukan berarti tidak bisa bergaya. Kamu bisa memiliki kamar tidur kece dan unik sekalipun desainnya minimalis, bahkan sempit sekalipun. Berikan saja sentuhan unik untuk kamar tidur minimalis kamu. Misalnya perabotan yang terbuat lemari kayu pasti akan berpadu sempurna dengan dinding semen. Kayu yang tampil hangat dan semen yang terlihat dingin. Cocok sekali bukan?

Apalagi jika dinding semen tersebut diaplikasikan pada sisi belakang ranjang. Dinding tersebut pastilah sukses menciptakan focal point untuk ruangan. Mau terlihat lebih artistik lagi? Pilih lemari kayu bergaya modern yang bagian depannya full kaca. Ingat, kaca juga bisa bikin ruangan minimalis terkesan lebih lega dan luas.

Apalagi pintu kaca lemari ini juga akan memantulkan satu sisi tembok unik yang terbuat dari semen, pastilah bikin tampilan ruangan terlihat keren. Agar sukses jadi focal point yang unik, kamu bisa mengaplikasikan warna untuk dinding semen tersebut berbeda dari warna keseluruhan ruangan. Misal kamar tidur minimalis kamu saat ini dicat warna putih, maka abu-abu pada semen bakal sukses berpadu sukses menciptakan nuansa yang hangat dan nyaman, sehingga sangat cocok untuk tempat kamu beristirahat.

Selain semen, kamu juga bisa menampilkan batu bata merah yang apa adanya di belakang platform tempat tidur. Dinding batu bata ini akan menjadi focal point yang stylish dan keren apabila kamu mengecat dinding lainnya dengan warna yang lebih lembut, misal light grey. Begitupun dengan perabotan, seperti tempat tidur.

Intinya, jadikan satu bagian tembok di belakang tempat tidur menjadi focal point dan unik. Kalau mau menampilkan kamar tidur minimalis yang modern, bisa deh aplikasikan simple patterned wallpaper di salah satu tembok. Akan lebih baik jika diaplikasikan di belakang tempat tidur.

Mebel Kamar Tidur Multifungsi, Tepat Dan Efisien

Kamar Tidur Bertingkat Multifungsi

Kamar tidur minimalis identik dengan ruangan yang kecil. Meskipun ini tidak selalu seperti ini. Yang paling jelas menjadi ciri khasnya adalah pemilihan mebel yang simple dan tidak terkesan berat. Jika kamar tidur minimalis kamu super minim tempat, paling pas jika kamu pilih mebel yang multifungsi. Seperti wall-bed atau murphy bed, yaitu tempat tidur yang bisa dilipat dan dikembalikan di dinding.

Tidak hanya itu, tempat tidur cerdas ini selain hemat tempat biasanya juga diintegrasikan dengan lemari-lemari yang berada di sekitarnya. Tidak hanya di bagian kanan dan kiri, tapi juga di atas. Bahkan ada pula desain wall-bed ini yang juga dikombinasi dengan meja atau rak. Selain tempat tidur inovatif ini, kamu juga bisa memilih mebel multifungsi lain yang memang didesain khusus untuk ruang minimalis dan ruang sempit, seperti loft-bed atau tempat tidur bertingkat misalnya.

Pilihlah tempat tidur bertingkat yang di bawahnya bisa dipakai sebagai ruang belajar. Bahkan ada juga lho tempat tidur tingkat yang diintegrasikan dengan lemari dan laci. Kamu tinggal pilih saja mana yang paling kamu suka dan pas dengan kebutuhan. Tapi untuk yang terakhir ini, kamu perlu meletakkannya di pojokan biar ruangan lain terlihat lapang. Intinya, untuk kamar tidur minimalis jauhi banget perabotan yang dapat membuat kesan sempit dan berantakan.

Baca Juga : Kamar Mandi Minimalis

Kamar Tidur Dengan Full Wall Window Atau Mirror

kamar tidur dinding kaca

Kaca memang selalu sukses bikin ruangan kecil jadi bisa terkesan lebih luas. Selain itu, dengan cahaya yang masuk lebih banyak, maka ruangan juga akan terlihat lebih segar dan nyaman. Nilai plus banget jika dari balik jendela tersebut terpampang pemandangan indah, seperti taman, pemandangan pegunungan, atau gedung pencakar langit mungkin.

Eits, ternyata kegunaan full wall window atau jendela super jumbo juga bisa bikin kamu jadi hemat energy, lho. Terutama pas siang hari. Kamu nggak perlu deh nyalain lampu di siang hari. Cukup buka aja itu jendela, sinar alami yang tak kalah terang akan pasti terpampang di sana.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu tidak butuh lampu sama sekali. Kamu bisa gunakan lampu bercahaya kuning, agar ruangan bertambah hangat dengan tampilan yang lebih menyenangkan. Selain full wall window, kamu juga mengaplikasikan full wall mirror di pinggiran platform tempat tidur untuk menciptakan kesan segar dan lapang untuk kamar tidur minimalis kamu.

Pilihan Warna Yang Sesuai

Kamar Tidur Warna Kombinasi

Warna bisa merubah apapun sebagaimana pesan dari warna tersebut. Pemilihan warna juga penting dimengerti untuk mendekorasi ruangan. Apalagi ruangan gaya minimalis seperti kamar tidur kamu. Selain putih, kamu bisa mendesain kamar tidur minimalis kamu dengan tema monokrom. Tambahkan sentuhan warna cetar sedikit saja pada pemilihan mebel, seperti kursi putar misalnya. Atau bantal dekorasi juga bisa. Tujuannya agar ruangan bisa terlihat lebih hidup.

Selain monokrom, kamar tidur minimalis akan terasa sempurna dengan warna netral, hangat dan lembut, seperti earth tones atau warna bumi. Atau mau bikin kamar tidur kamu tampil bergaya? Bisa! Aplikasikan saja three tones atau tiga warna, seperti putih, abu-abu dan hitam. Monochrome dan sentuhan merah juga bisa masuk ke dalam kategori ini. Yang penting, pintar-pintar saja mengkombinasi warna. Pastikan jika mengaplikasikan warna yang sedikit terang atau berani, warna tersebut tidak banyak, karena bisa jadi justru bikin ruangan tersebut sumpek dan hilang kesan minimalisnya.

Baca Juga : Warna Cat Rumah Minimalis

Perhatikan Hiasan Dan Ornament

Ornamen Kamar Tidur Serasi

Niat hati pengen bikin kamar tidur minimalis lebih eye-catching gitu dengan menambahkan hiasan atau ornament. Tapi jika salah pilih justru bisa bikin petaka alias kamar tidur jadi aneh dan tidak cocok untuk kamar tidur dengan gaya minimalis yang harusnya simple dan nyaman. Oleh sebab itu, perlu banget nih kamu menghindari hiasan yang over. Misal seprai bermotif terlalu ramai atau ornament yang dapat memberi kesan ruangan bertambah padat dan berat. Kalaupun kamu suka motif kesukaan, kamu tetap perlu menyelaraskan dengan desain kamar tidur kamu. Intinya, jangan sampai deh style hiasan atau ornament justru bertabrakan dengan konsep minimalis dari kamar tidur kamu.

Kamar tidur minimalis juga bisa tampil beda tanpa harus mengesampingkan rasa nyaman. Pada intinya kamar tidur adalah tempat yang ekspektasinya menjadi tempat yang seratus persen kamu. Artinya kamu nyaman dan senang berada di dalamnya. Jadi, biarpun minimalis, kamu tetap perlu untuk memberikan dekorasi yang selaras agar menciptakan suasana nyaman tersebut. Caranya? Ya dengan menerapkan tips dari ide dan desain di atas. Mudah diterapkan dan yang pasti bisa bikin kamar tidur kamu tampil nyaman.