6 Cara Mencegah Dan Menghilangkan Karang Gigi Sebelum Ke Dokter

Tampil sempurna di setiap kesempatan adalah impian semua orang. tak ayak jika dengan motivasi ini mereka mau melakukan segala cara. Ya, terlebih kalau mengingat penampilan yang rapi, baik, serta good looking juga menentukan karir seseorang ke depannya. Baik pria maupun wanita, mereka tentu menangkap kondisi ini sebagai sesuatu yang berbeda-beda.
Nah, bicara soal penampilan, mempunyai karang gigi merupakan hal yang sangat mengganggu bukan? Plak akibat kotoran yang menempel pada gigi ini kemudian akan mengeras dan membentuk kerak menyerupai karang. Adapun penyebabnya ialah makanan yang anda telan dan masuk pada sela-sela gigi. Sikat gigi yang sudah menjangkau tempat yang sulit juga menjadi pemicu mengapa plak berkembang pada gigi Anda. Namun, Anda tak perlu khawatir. Beberapa cara menghilangkan karang gigi di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Menggosok Gigi Secara Rutin

Mau atau tidak, menyikat gigi tetaplah jadi solusi yang murah dan mudah yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Hanya saja Anda mesti lebih giat dan teliti dalam memilih pasta maupun sikat yang nantinya akan Anda gunakan. Pilihlah sikat gigi dengan bulu agak kasar dan desain yang memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih dalam bagian yang sulit dicapai.
Jangan lupa untuk membeli sikat gigi yang dibekali dengan flouride karena berkhasiat untuk mencegah dan mengurangi plak pada gigi. Anda juga harus mengetahui cara menghilangkan karang gigi dengan menguasai teknik sikat gigi yang benar. Yakni dengan membentuk bulatan kecil dari bawah ke atas, buka dari kiri ke kanan serupa menggosok pakaian.

Kulit Jeruk

Jika biasanya Anda langsung menaruh bahan alami ini ke tempat sampah selepas mengambil daging buahnya. Maka bagi Anda yang menginginkan gigi bersih dari plak sebaiknya Anda berpikir dua kali agar Anda tidak menyesal nantinya. Kulit jeruk kaya akan vitamin C yang mampu menumpas organisme dan menghilangkan plak. Kulit buah yang menyimpan bau khas ini juga berfungsi memutihkan gigi dan meredam bau mulut yang kerap membuat Anda tidak percaya diri saat Anda berhadapan dengan banyak orang. Gunakan bagian dalam dari kulit jeril lalu gosokkan pada kulit gigi.

Flosing

Selanjutnya adalah cara menghilangkan karang gigi dengan flosing. Flosing merupakan metode pembersihan sisa makanan yang ada pada sela gigi menggunakan benang. Adapun benang yang dipakai ialah yang masih steril dan dikhususkan untuk teknik ini. Anda dapat dengan mudah memperoleh benang tersebut di supermarket, apotek, atau toko terdekat. Flossing umumnya dilakukan setelah seseorang selesai makan.
Agar hasil yang anda peroleh lebih memuaskan, anda bisa berkumur dengan obat kumur antibakteri. Bentuknya yang cair dapat mengenai rongga mulut yang mana kemudian akan mencegah kuman serta tidak menimbulkan plak.

Cengkeh dan Air Lemon

Pernahkah Anda berpikir untuk apa anda mencoba cara menghilangkan karang gigi dengan biaya yang mahal jika sebetulnya Anda pun bisa melakukan hal serupa dengan budget yang lebih murah?. Sebagai contohnya adalah herbal cengkeh dan lemon ini. Pertama, Anda bisa memulai dengan menyiapkan 4-5 butir cengkeh lalu menghaluskannya dengan ditumbuk. Tambahkan 1 sdm perasan air lemon, aduk sampai rata. Oleskan ramuan tersebut pada gigi anda. Lalu gosok dengan sikat gigi biasa dan lakukan dengan konsisten.

Baking Soda

Bahan ini bahkan Anda bisa menemukannya di dapur Anda sendiri. Terlebih jika Anda tipe orang yang gemar membuat kue dan memasak. Baking soda meski fungsi utamanya ialah membuat roti mengembang namun juga punya kemampuan lain yaitu membasmi plak yang bersarang di dalam gigi. Satu sendok baking soda dicampur dengan sedikit air hingga membentuk adonan yang menyerupai pasta. Kemudian ambil sikat gigi Anda dan jadikan baking soda sebagai pasta giginya. Aplikasikan dengan rutin agar cara menghilangkan karang gigi ini bisa menuai hasil yang maksimal. Jika teratur, gigi Anda akan menjadi putih dan bersih dari plak.

Apel

Apel ternyata punya nilai plus yang bisa Anda andalkan untuk menghilangkan karang gigi. Konsumsi apel secara rutin dapat menghindarkan Anda dari plak dan membuat gigi menjadi lebih sehat. Rajinlah menggosok gigi dan kurangi memakan makanan yang punya kadar gula dan tepung banyak. Panganan seperti ini akan membuat Anda mudah terkena plak. Di samping mampu melancarkan pencernaan, mengunyah apel juga membantu Anda menjauhi karang gigi, sehingga secara otomatis sisa-sisa makanan yang menempel pada bagian sulit dapat diatasi.
Perbanyak konsumsi air putih agar karang tidak mudah berkembang jika mulut dalam keadaan kering dan sisa makanan pun dapat segera dilarutkan. Air putih juga dapat Anda gunakan untuk berkumur setelah Anda selesai makan. Tetaplah waspada dan budayakan hidup sehat agar karang gigi tidak merusak mood Anda.