10 Kebun Binatang Terbaik Di Dunia Untuk Destinasi Wisata Keluarga

Siapa bilang jalan-jalan ke kebun binatang itu basi dan cuma cocok untuk anak-anak dan para orang tua doang? Sama sekali tidak dong! Atau lebih tepatnya tergantung kebun binatangnya. Kalau jalan-jalannya ke kebun binatang yang keren, bagus dan fasilitas lengkap, pasti betah dan bikin liburan jadi seru. Nggak percaya? Coba deh jalan-jalanya ke kebun binatang terbaik di dunia berikut ini. Baca deskripsinya saja bikin pengen langsung ke sana.

1. Chester Zoo (Chester, United Kingdom)

Chester Zoo

Ketika kamu melihat arsitektur bangunan dari kebun binatang satu ini, yakin kamu bakal takjub sekali melihatnya. Bagaimana tidak? Kebun binatang ini memiliki struktur atap yang futuristik dan tentu saja unik, karena terbuat dari kaca yang bakal mengkilap sempurna pada siang hari. Tentu saja bukan hanya dari segi bangunan yang dinilai sehingga layak dinobatkan sebagai kebun binatang terbaik di dunia. Di sini kamu bisa melihat jenis binatang langka dan paling dilindungi di dunia, seperti harimau siberia, buaya sepit, anak cheetah dan lain sebagainya. Bahkan kamu juga akan disuguhi dengan sebuah gua yang berisi kelelawar yang banyak.

2. Berlin Zoological Garden

Berlin Zoological Garden

Terletak di Berlin, Jerman, kebun binatang ini terkenal dengan atraksi dan pemberian makan hewan. Jadi tidak hanya jalan-jalan keliling kebun binatang saja, di sini kamu bisa memberi makan hewan sekaligus melihat atraksi seru, lucu dan menggemaskan hewan-hewan di sini. Selain menjadi kebun binatang terbaik di dunia, Berlin Zoological Garden ini menjadi kebun binatang tertua di dunia, khususnya di Jerman, karena telah berdiri sejak 1844. Tentu saja banyak spesies hewan yang dilestarikan di sini.

3. San Diego Zoo

San Diego Zoo

San Diego Zoo telah berdiri sejak 100 tahun yang lalu dan dinobatkan menjadi kebun binatang terbaik di dunia. Kebun binatang ini telah meraih banyak penghargaan sejak tahun 1958. Jadi tidak perlu diragukan lagi soal fasilitas, manajemen pengelolaan, kenyamanan dan lain sebagainya, pasti TOP. Pengen melihat koala, panda, siamang atau orang utan berkeliara di hutan buatan di kebun binatang ini? Bisa banget! Siapkan aja budget Rp 740 ribu, kamu sudah bisa masuk ke sini.

Pernah nggak kamu mimpi pengen bermalam di kebun binatang? Kalau iya, kamu bisa mewujudkan mimpi kamu di sini. Pasalnya San Diego Zoo menawarkan pertualangan tanpa tidur. Artinya kamu akan diajak untuk menghabiskan malam di kebun binatang dengan aktivitas tur dan kemping, lengkap dengan api unggun. Ih, pasti seru dong ya!

4. Loro Parque (Puerto de la Cruz, Spanyol)

Loro Parque Zoo

Kalau punya kesempatan jalan-jalan ke Spanyol, jangan lewatkan deh buat main ke kebun binatang kebanggaan Spanyol. Tepatnya berada di Puerto de la Cruz, kebun binatang ini akan menyajikan kamu berbagai kegiatan seru. Selain berkeliling ria, kamu juga bisa melihat atraksi di Penguin Planet, kandang burung Katandra Treetops dan Lion’s Kingdom. Cukup Rp 590 ribu saja kok tiket masuknya. Tidak mahal lah ukuran kebun binatang terbaik sekelas di dunia. Nggak akan nyesel ke sini.

5. Vienna Zoo atau Tiergarten Schonbrunn (Wina, Austria)

Tiergarten Schonbrunn

Kebun binatang yang terletak di Wina, Austria ini berada di kawasan UNESCO World Heritage Site of the Schonbrunn Palace. Itulah mengapa namanya dikenal juga dengan Tiergarten Schonbrunn atau Vienna Zoo. Selain dikenal sebagai salah satu kebun binatang terbaik di dunia, Vianna Zoo juga dikenal sebagai kebun binatang tertua di dunia, karena dibangun pada tahun 1752. Apa yang menarik di sini? Banyak! Kamu bisa menjelajahi taman dengan Panorama Train, melihat panda raksasa dan juga mempelajari hal-hal eksklusif di sini. Tidak hanya mengenai koleksi hewan, tapi juga tumbuhan.

6. Wroclaw Zoological Gardens (Polandia)

Wroclaw Zoological Gardens

Menakjubkan adalah salah satu daya tarik kebun binatang milik Polandia ini. Bagaimana tidak? Kebun binatang yang terletak di Wroclaw bertempat di tepi sungai Oder dengan pemandangan yang spektakuler bak lukisan. Kebun binatang ini dibangun sekaligus dibuka pertama kali pada tahun 1965, sehingga menjadi salah satu kebun binatang tertua di dunia. Kamu penggemar kuda poni? Datanglah ke sini, karena di sini kamu tidak hanya bisa melihat kuda poni, tapi juga menungganginya.

7. Prague Zoo (Republik Ceko)

Prague Zoo

Jalan-jalan ke kebun binatang paling seru emang bareng orang-orang tercinta. Bisa teman, keluarga atau rombongan rekan kerja. Nah, jika kamu punya rombongan minimal 5 orang dan pengen menjelajah ke kebun binatang terbaik di dunia, jangan ragu datang ke Republik Ceko, tepatnya ke Prague Zoo. Cukup Rp 500 ribu aja per rombongan. Di sini kamu bisa puas menjelajah kebun binatang, lengkap dengan aktivitas menyaksikan aneka satwa, seperti kera, beruang kutub, gorilla, harimau, salamander raksasa Cina dan lainnya.

8. St. Louis Zoo (Saint Louis, Missouri)

St. Louis Zoo

Siapa yang tidak mau jalan-jalan ke kebun binatang secara gratis? Apalagi menjelajah ke kebun binatang yang termasuk ke dalam deretan kebun binatang terbaik di dunia. Dijamin pasti banyak yang tidak menolak. Yups! Bukan omong kosong, masuk ke St. Louis Zoo ini gratis, tis, tis. Cukup merogoh kocek untuk bayar jasa parkir aja. Itupun kalau kamu ke sana bawa kendaraan pribadi. Kalau naik kendaraan umum, seratus persen gratis dong. Selain jalan-jalan dan menjelajah, kamu bisa menyaksikan beragam pinguin lucu nan menggemaskan di sini. Badak dan aneka satwa lain juga pastinya ada. Nggak nyesel deh masuk ke sini.

9. Singapore Zoo

Singapore Zoo

Kalau kejauhan pergi ke Eropa, datang saja ke Singapura. Negara tetangga kita ini juga punya kebun binatang yang termasuk ke dalam jejeran kebun binatang terbaik di dunia. Namanya Singapore Zoo.  Kebun binatang ini telah berdiri sejak tahun 1973. Ada satu aktivitas yang paling unik dan tidak ditemukan di kebun binatang lain selain di sini, yaitu moment sarapan bersama orang utan. Ih, seru pasti! Tiketnya juga tidak semahal kebun binatang di eropa atau amerika. Cukup merogoh kocek Rp 350 ribu aja kok.

10. Toronga Zoo (Sydney, Australia)

Toronga Zoo

Selain Singapura, tetangga kita Australia juga punya kebun binatang yang keren. Kalau kamu jalan-jalan ke sana pasti betah deh. Tidak hanya dapat melihat koala dan kanguru saja, di sini kamu bisa menyaksikan kurang lebih 4000 hewan dan berinteraksi dengan mereka. Tidak hanya itu, kamu juga bisa lho menikmati aktivitas seru dan unik, seperti menjadi penjaga kebun binatang dalam waktu sehari, menaiki kereta gantung dan menjelajah ke Hutan Lemur.

Kebun binatang tidak hanya akan menyajikan kamu aneka satwa, tapi kebun binatang yang keren pasti didukung dengan fasilitas yang bagus, pemandangan yang spektakuler dan aktivitas yang seru. Tujuannya tentu biar bikin pengunjung betah dan pulang dapat pengalaman berharga nan mengesankan di sini. Dari deretan kebun binatang terbaik di dunia tersebut, mana aja nih yang pengen kamu kunjungi? Atau kamu udah pernah ke sini?

Ummu Nadia

Professional Blogger Concern Bidang Jurnalistik & Humaniora. Alumni Fakultas Sastra Universitas Airlangga Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *