10 Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

Meningkatkan Kecerdasan Otak ~ Keberadaan otak adalah salah satu bagian dari tubuh makhluk hidup yang sangat penting. Terutama untuk manusia yang pasti membutuhkan otak yang sehat untuk berfikir jernih, menangkap rangsangan dari luar dengan baik, kemudian memberikan ‘perintah’ ke seluruh anggota tubuh untuk melakukan sesuatu. Karena sifatnya yang maha penting inilah, maka sudah sepantasnya jika otak perlu diperhatikan dan ditingkatkan. Otak yang cerdas akan menghasilkan rasa dan tindakan yang sehat dan manfaat. Untuk itulah setiap orang sangat perlu untuk senantiasa meningkatkan kecerdasan otak
Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak
Memangnya bisa kecerdasan otak ditingkatkan sementara saat ini kamu telah lepas dari masa kanak-kanak yang notabene merupakan masa pertumbuhan dalam segi fisik dan otak? Tentu saja bisa, asalkan kamu terapkan cara meningkatkan kecerdasan otak berikut ini;

1. Memunculkan ide-ide dan menuliskannya sesegera mungkin

Otak Cerdas
Ternyata memunculkan ide atau gagasan bisa bikin otak tambah encer, lho. Hal ini terbukti, karena dengan kamu memunculkan ide-ide, maka otak akan bekerja. Semakin banyak bekerja, otak akan semakin terasah. Apalagi otak memang memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengolah ide-ide dan menghasilkan penemuan-penemuan dari suatu permasalahan yang ada.
Bagaimana cara meningkatkan kecerdasan otak dengan brainstorming ini? Caranya sangat simple, kamu cukup meluangkan waktu sekitar 15 menit per hari untuk mencari ide. Bawa atau pegang alat yang bisa kamu gunakan untuk menangkap ide yang nantinya akan muncul, seperti kertas, buku catatan atau ponsel juga bisa. Nah, setelah ide muncul, jangan lupa untuk mencatat ide-ide yang kamu hasilkan tersebut.
Hal ini sangat penting, karena ide yang dihasilkan oleh otak bisa hilang begitu cepat. Akan lebih baik lagi jika kamu langsung menuangkannya ke dalam sebuah karya tulisan. Percayalah, jika kamu rutin melakukannya, otak akan semakin terlatih untuk mengkomunikasikan gagasan, sehingga gagasan tersebut dapat ditindaklanjuti menjadi sesuatu yang sangat penting.

2. Banyak membaca dan sering mengupdate informasi, kemudian menuliskannya ulang (rewrite)
Banyak membaca, apalagi membaca cepat juga terbukti bisa meningkatkan kecerdasan otak. Dengan membaca pula, kamu bisa mengupdate informasi, sehingga kamu akan menjadi pribadi yang banyak wawasan, ilmu dan bahkan ide-ide kreatif. Membaca cepat juga dapat melatih otak untuk mengingat informasi-informasi yang didapat dari bacaan tersebut melalui alam bawah sadar.
Tidak hanya mengajarkan syaraf mata untuk bergerak cepat, namun membaca cepat juga dapat melatih otak untuk merekap setiap informasi yang masuk dengan cepat juga. Saat ini ada banyak macam cara yang bisa kamu lakukan untuk mengupdate informasi. Selain melalui media cetak seperti buku, Koran dan majalah, kamu juga bisa membaca cepat sekaligus mengupdate informasi melalui situs, web/blog atau sosial media yang tersebar di internet.
Tidak hanya itu, kamu juga perlu menulis ulang atau rewrite informasi atau pengetahuan apa yang kamu dapatkan dari membaca tersebut. Faktanya, ‘rewrite your knowledge’ juga bisa meningkatkan kecerdasan otak, lho. Jika kamu menuliskan ilmu atau informasi yang telah kamu kuasai, percayalah bahwa ilmu atau informasi tersebut akan jauh lebih membekas di otak dan nggak gampang ilang.

3. Berfikir dengan cara “out of the box”
Berfikir dengan cara “out of the box”, unik atau lain dari pada yang lain juga bisa meningkatkan kecerdasan otak, lho. Hal ini sangat rasional, karena jika otak dibiarkan untuk brfikir bebas, maka otak tersebut akan mampu bekerja lebih baik. Coba deh biarkan otak kamu berfikir bebas untuk memikirkan suatu topic, kemudian lihatlah bagaimana otak akan bekerja dan menghasilkan sesuatu yang pasti akan membuat kamu bergumam bahwa ternyata otak bisa menghasilkan sesuatu yang tidak pernah kamu duga sebelumnya. Selain itu, berfikir out of the box juga dapat melatih otak untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif. Coba deh, buktikan dan lihat apa yang akan kamu dapat. Pasti nggak nyangka banget.

4. Mengganti kegiatan ‘useless’ dengan kegiatan ‘useful’
Tahukah kamu bahwa ternyata melakukan kegiatan yang ‘useless’, seperti menonton tv ternyata dapat membuat otak kamu menjadi dangkal, lho. Karena alasan itulah, maka banyak orang sukses membocorkan salah satu tips suksesnya adalah dengan tidak menonton tv. Menonton tv sangat tidak baik jika dilakukan terus menerus dengan porsi yang berlebihan.
Sebaliknya, orang sukses dan cerdas akan lebih tertarik membaca buku atau apapun yang bisa dibaca dan menghasilkan ide daripada menghabiskan waktu di depan layar televisi. Bahkan menurut penelitian, membaca buku berjenis fiksi mampu melatih otak untuk berimajinasi. Imajinasi yang dihasilkan tersebut bisa menambah kecerdasan otak secara signifikan. Jadi, mulai sekarang jika ingin kualitas kecerdasan otak meningkat, kamu perlu mengganti waktu menonton tv dengan membaca buku, ya.

5. Melakukan hal-hal baru setiap hari
Otak juga bisa lelah dan jenuh. Apalagi jika melakukan hal-hal yang itu-itu saja, pasti otak akan merasa bosan dan bahkan malas lagi untuk berfikir. Tentu hal tersebut tidak mau kamu alami, kan? Ada cara meningkatkan kecerdasan otak yang sangat mudah dan murah dilakukan, yaitu melakukan hal-hal baru setiap hari. Dengan melakukan kegiatan yang unik dan baru, maka otak kamu akan berkembang dan refresh, karena otak akan dituntut untuk memikirkan hal-hal baru tersebut.
Tidak perlu melakukan hal-hal baru yang membutuhkan waktu dan biaya yang banyak. Kamu bisa melakukannya, misalnya saja ngobrol dengan orang yang memiliki wawasan yang luas juga terbukti ampuh dapat meningkatkan kecerdasan otak. Tidak hanya itu, manfaat dari ngobrol tersebut juga dapat memperluas relasi dan juga menemukan hal-hal baru lho, termasuk ilmu yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan kecuali dengan cara seperti ini.

6. Mengkonsumsi makanan yang sehat untuk otak
Kesehatan otak juga sangat penting untuk dipikirkan, karena otak yang sehat pastilah otak yang mampu untuk berfikir cerdas. Makanan yang dimaksud di sini bukan hanya makanan dalam bentuk fisik, tapi mental atau rohani juga. Contoh makanan sehat untuk otak dalam bentuk fisik, seperti ikan laut yang kaya akan omega 3. Sementara makanan sehat dalam bentuk mental atau rohani, misalnya mendekatkan diri kepada Tuhan Y.M.E, bermain games yang sekaligus dapat mengasah otak, juga refreshing melalui travelling.
Buat kamu yang muslim, membaca dan menghafalkan Al-Qur’an dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan otak. Atau cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan bersyukur dan berdoa kepada Tuhan, agar senantiasa diberi kesehatan dan kenikmatan hidup. Salah satunya adalah kenikmatan memiliki otak yang cerdas.
Ternyata cukup mudah ya untuk memiliki otak yang senantiasa cerdas. Bahkan cara-cara tersebut tergolong murah dan bisa dilakukan siapa saja. Termasuk kamu tentunya. Jadi tunggu apa lagi, segera terapkan tips dan cara meningkatkan kecerdasan otak tersebut, biar masa depan kamu cerah dan hari-harimu juga menyenangkan.