Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasi Ketombe Yang Paling Efektif

Posted on

Ketombe merupakan salah satu problem klasik yang acapkali membuat banyak orang geli serta merasa risih. Bagaimana tidak? kulit kepala yang mati, kering dan terkelupas itu sering mengotori baju atau jas dengan sendirinya.

Tak heran jika keadaan seperti ini membuat banyak orang merasa tidak percaya diri, terlebih saat mereka berada di depan umum. Beberapa orang bahkan nekat memakai shampoo khusus untuk membasmi ketombe, namun mereka tidak juga memperoleh hasil yang memuaskan. Nah, jika Anda termasuk salah satu dari mereka, tak ada salahnya jika Anda menerapkan cara menghilangkan ketombe dengan trik tradisional dan tanpa efek samping di bawah ini.

Rambut Berketombe

Apakah Penyebab Munculnya ketombe ?

Ketombe dapat muncul pada kulit kepala yang disebabkan oleh beberapa hal berikut :

  • Terjadinya iritasi pada kulit berminyak.
  • Jamur atau Ragi (malassezia).
  • Kondisi kulit kering.
  • Sensitif terhadap suatu produk shampo

Bahan Herbal Untuk Mengatasi Ketombe

Setelah mengetahui penyebab ketombe seperti yang telah dijelaskan diatas, maka kini sampai pada tahapan untuk mencegah ataupun mengatasi permasalahan ketombe tersebut. Tentunya ini memerlukan perawatan secara rutin agar dperoleh hasil maksimal. Penggunaan bahan herbal dapat dilakukan jika tidak terdapat kontraindikasi dengan kulit anda.

Baca Juga : Cara Meluruskan Rambut

Daun Sirsak

Tanaman ini mempunyai kandungan acetogenin dalam daunnya. Dimana senyawa aktif tersebut ditengarai mampu menetralisir racun lantaran ia dibekali dengan kemampuan sitotoksik atau membunuh racun. Aktivitas pembuangan racun ini tidak terlepas dari dihambatnya transport ATP atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk memperbanyak diri.

Acetogenin ini akan menempati reseptor dinding sel dan menghancurkan ATP di dinding mitokondria. Namun ternyata Anda juga dapat menjumpai cara menghilangkan ketombe dengan tanaman herbal ini. Tumbuk daun sirsak yang sudah dicuci bersih sampai lembut hingga menyerupai masker. Oleskan pada rambut dengan rata. Biarkan sampai kering dan bilas dengan air.

Lemon

Punya kadar antioksidan yang tinggi, lemon yang disebut-sebut dapat melakukan detoksifikasi ini juga ampuh sekali dalam mengusir ketombe yang menyebalkan. Anda bisa dengan mudah memperoleh lemon, baik di supermarket maupun di pasar tradisional. Tapi Anda pun harus memastikan bahwa lemon yang Anda beli masih segar dan mempunyai kualitas yang baik.

Buah yang juga dapat menangani masalah rambut rontok ini cukup Anda cuci sampai bersih, kemudian belah hingga menjadi dua atau empat bagian. Aplikasikan lemon pada area kulit kepala secara keseluruhan. Cara menghilangkan ketombe ini hampir mirip seperti saat Anda memakai hairmask. Tunggulah sampai beberapa menit dan cuci rambut Anda.

Lidah Buaya

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman berkhasiat yang satu ini bukan?. Murah dan bisa dengan mudah Anda jumpai, lidah buaya yang menyimpan karbohidrat, protein, kalsium, vitamin A, B1, C, dan fosfor ini punya kemampuan menghitamkan rambut, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, hingga menumpas habis ketombe yang sering membuat Anda kehilangan mood.

Pisahkan daging dengan kulit lidah buaya, kemudian haluskan. Balurkan sampai menyeluruh hair mask alami yang telah anda racik tersebut. jangan lupa untuk memijat pelan agar sampai ke kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air sampai benar-benar bersih.

Jeruk Nipis

Terbilang masih satu keluarga dengan lemon, buah asam yang memiliki cita rasa khas ini nyatanya punya kadar vitamin C, B1, B2, B5, Karbohidrat, protein, serat, kalsium, lemak, magnesium, seng, kalium, gula dan zat besi ini juga piawai sekali membereskan masalah ketombe pada kulit kepala Anda.

Patut Anda ketahui bahwa keberadaan vitamin C pada jeruk nipis ini akan mendorong pertumbuhan akar rambut dan mengendalikan kerontokan. Sementara bagi Anda yang sedang bingung mencari cara menghilangkan ketombe yang simple, Anda bisa mengambil sari buah ini. Campur dengan air sesuai selera, lalu mengoleskannya pada kulit kepala. Terapkan dengan rutin agar hasil yang Anda tuai memuaskan.

Cuka

Kedengarannya memang aneh bukan saat Anda mengetahui kalau cuka ternyata juga punya keahlian mengatasi ketombe. Meski terdengar ekstrim, namun langkah ini sudah dibuktikan oleh banyak orang. Hanya saja anda tetap perlu waspada dan hati-hati agar Anda tidak terkena efek sampingnya. Cukup siapkan 1 sendok teh cuka pada mangkuk atau wadah sejenis. Usapkan merata pada permukaan kulit kepala. Tunggu beberapa saat dan Anda dapat mencucinya dengan air bersih. Agar usaha Anda ini berbuah manis, lakukan perawatan alami ini dua kali dalam seminggu. Pastikan cuka yang Anda pakai tidak terlalu banyak.

Garam

Bumbu dapur sekaligus komponen cara menghilangkan ketombe yang selalu tersedia di rumah Anda. Ya, beruntunglah anda karena anda tak harus melakukan treatment mahal agar ketombe Anda hilang. Manfaatkan bumbu dapur ini dengan sebaik mungkin dan rasakan kelebihan yang Anda dapatkan tanpa harus membuang budget berlebih. Bahkan, Anda nyaris tak harus membuang waktu dan uang Anda untuk mencoba panduan yang terakhir ini.

Garam mempunyai sifat scrub dimana bahan ini dapat mengangkat kulit mati yang ada di kepala. Sediakan garam seperlunya, langsung gosokkan pada daerah kulit kepala. Diamkan sebentar sampai Anda yakin telah mengantongi manfaatnya. Lalu basuh kepala Anda menggunakan air mengalir. Mudah sekali kan?

Shampo Anti Ketombe

Solusi terakhir ini adalah cara paling mudah untuk mengatasi ketombe. Namun tentunya harus memilih produk mana yang paling cocok dengan kondisi kulit kepala anda.

Yakin masih mau nyerah dengan ketombe yang membuat Anda gundah? Segera buktikan dan gasak nilai plus yang menguntungkan bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *