4 Kolam Renang Terbesar Di Dunia Ini Dilengkapi Wahana Menarik, Apa Saja ?

Menghabiskan waktu senggang atau liburan bersama keluarga, orang terkasih ataupun teman adalah hal yang sangat menyenangkan. Apalagi kalau kamu mengisinya dengan kegiatan yang nggak cuma bikin happy tapi juga sambil berolahraga. Salah satu solusi bagi kamu yang ingin dapat dua keuntungan berwisata dan berolahraga sekaligus, kamu bisa memilih liburan di kolam renang. Pasti kegiatan ini sangat menyenangkan dan menyehatkan jiwa raga.

Sebelum berenang, ada baiknya kamu mencari referensi tempat renang mana saja yang sekiranya bisa jadi pilihan yang cocok. Salah satu tujuannya yaitu agar dapat mencoba tempat baru dengan wahana yang berbeda sehingga tidak membosankan. Bila kamu adalah salah satu orang yang gemar bertravelling keliling dunia, kamu bisa mencoba sensasi kolam renang terbesar di dunia. Ini pasti akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan seumur hidup.

Mendengar kata terbesar pasti kita sudah membayangkan kolam renang tersebut berukuran sangat besar dengan kedalaman yang berbeda dan dilengkapi berbagai wahana. Kamu bisa mencoba satu persatu wahana yang ada dan mungkin berkhayal sedang berenang di lautan atau danau karena ukurannya yang super besar. Berikut ini adalah beberapa kolam renang terbesar di dunia yang bisa kamu coba. Siapa tahu suatu hari nanti kamu bisa pergi ke tempat itu dan merasakan sensasi sebenarnya.

San Alfonse del Mar, Chili

San Alfonse del Mar
San Alfonse del Mar

Kolam renang San Alfonse del Mar sangat terkenal di dunia karena telah dinobatkan oleh Guinness Book of World Record pada tahun 2006 menjadi kolam renang terbesar di dunia. Kolam ini tepatnya terletak di Algarrobo, Chili dengan luas totalnya adalah 8 hektar dan panjangnya mencapai 1.013 meter. Dengan kolam yang seluas itu, air yang dibutuhkan untuk mengisinya adalah 250 juta liter.

Kamu pasti membayangkan dari mana air yang digunakan untuk mengisi kolam renang tersebut karena jumlahnya yang sangat banyak. Ternyata, air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan kolam renang ini berasal dari Samudera Pasifik. Tapi jangan salah sangka dan berfikir airnya akan lengket karena mengandung garam ya. Air yang digunakan tentu saja sudah mengalami proses filterisasi agar jernih.

Pembangunan kolam renang ini juga memakan biaya yang sangat banyak yaitu sebesar $400.000 per hektar. Kolam renang sebesar ini pasti juga membutuhkan perawatan yang ekstra agar tetap terjaga kebersihannya tentu saja. Untuk hal ini, biaya pengelolaan dan perawatannya membutuhkan biaya sebanyak $4000. Biaya yang dikeluarkan tentu saja sebanding dengan fasilitas dari kolam renang tersebut. Jadi kamu nggak usah kaget bila harga tiket masuknya juga terbilang mahal.

Kolam renang ini sangat terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Negara Chili. View yang terhampar juga sangat mengagumkan karena kolam renang ini letaknya berdampingan dengan pantai. Jadi tak mengherankan bila suasananya santai dan menenangkan seperti kita berada di pantai. Sambil bersantai seusai renang, pengunjung bisa menikmati birunya air laut atau berjalan-jalan di sekitarnya.

Seagaia Ocean Dome, Jepang

Seagaia Ocean Dome
Seagaia Ocean Dome – Brilio.Net

Kolam renang terbesar di dunia selanjutnya adalah Seagaia Ocean Dome yang terletak di Negara Jepang. Bila di Chili kolam renangnya outdoor, kali ini di negara Jepang memiliki kolam renang terbesar dengan konsep indoor. Letak tepatnya ada di daerah Miyazaki, Jepang dan kolam renang ini telah masuk di Guinness Book of World Records sebagai kolam renang berkonsep indoor yang terbesar di dunia.

Walaupun indoor, kolam renang ini di design mirip seperti pantai dan terkesan sangat unik. Hal ini karena adanya background lautan, ombak dan pasir yang akan membuat pengunjung berkhayal sedang berada di pantai sungguhan. Nggak cuma itu aja, ada juga hal ekstrem yang bisa kamu coba di sini layaknya di lautan lepas. Di kolam ini tersedia wahana surfing dengan area yang disediakan seluas 30.000 meter persegi.

Konsep kolam renang ini memang indoor, namun jangan khawatir bila musim hujan datang karena atapnya sudah di design khusus. Jadi saat hujan turun, atap akan tertutup otomatis dan akan terbuka lagi saat hujan sudah reda. Fasilitas yang istimewa lainnya adalah karena suhu airnya dapat diganti hingga mencapai 28 derajat celcius. Kecanggihan teknologi ini yang digunakan ini adalah nilai plus dari tempat ini. Sehingga tidak mengherankan bila pengunjungnya mencapai 1,25 juta orang per tahun.

Baca Juga : Akuarium Terbesar Di Dunia

Crystal Lagon, Indonesia

Crystal Lagon

Mungkin sebagian dari kita beranggapan bahwa kolam renang terbesar di dunia hanya ada di luar negeri saja. Jangan salah sangka karena ternyata Indonesia juga memiliki kolam renang terbesar di dunia yaitu Crystal Lagon. Walaupun tidak sebesar kolam renang yang lainnya, setidaknya kolam renang Crystal Lagon ini adalah kolam renang terbesar di kawasan Asia Tenggara. Tepatnya terletak di Lagoi, Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

Luas tempat ini mencapai 6,3 hektar dengan design yang unik dan mengesankan. Bagian tepi kolamnya di design landai dan dihiasi dengan fiber yang mirip dengan pasir pantai di bagian lantainya. Dengan luasnya kolam renang ini, kamu bisa leluasa beraktivitas mencoba berbagai wahana. Beberapa wahana yang bisa kamu coba diantaranya adalah Aqua Glide Sailing, Kayaking, Water Tricycle, Jetovator dan lain sebagainya.

Mumpung kolam yang satu ini ada di Indonesia, sempatkanlah berkunjung untuk menikmati sensasinya saat kamu berada di Riau. Ini pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dan menyenangkan. Kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga memiliki kolam renang sebesar ini.

World Waterpark Edmonton, Kanada

World Waterpark Edmonton

World Waterpark Edmonton juga menjadi salah satu kolam renang terbesar di dunia dan sangat unik sekali konsepnya. Keunikannya adalah kolam renang ini letaknya di dalam pusat perbelanjaan West Edmonton Alberta di kota Kanada. Jadi kamu dapat berenang seusai berbelanja atau yang mengantar berbelanja bisa menghabiskan waktu untuk berenang agar tidak bosan menunggu.

Kolam renang ini dilengkapi dengan fasilitas yang tak kalah menariknya seperti menara untuk melakukan bungee jump yang tergantung di atasnya. Selain itu ada pula ombak buatannya yang tinggi gelombangnya mencapai 85 meter. Ini sangat menakjubkan dan fantastis layaknya berada di pantai sungguhan. Untuk mengisi kolam renang sebesar ini dibutuhkan kurang lebih 2,7 juta gallon air.

Salah satu diantara kamu pasti ada yang sedang membayangkan kolam renang di pusat perbelanjaan ini ada di Indonesia. Apalagi bagi kamu cowok yang sering diminta mengantar dan menunggu atau bahkan jadi tukang bawain barang pacar kalian dan merasa bosan berjam-jam menunggu. Semoga Indonesia juga segera memiliki kolam renang semacam ini ya beberapa tahun lagi.

Nah, inilah 4 kolam renang terbesar di dunia yang bisa kamu kunjungi suatu saat. Pasti pengalaman berwisata di kolam renang tersebut akan menjadi hal yang tidak akan terlupakan sepanjang masa. Buat kamu yang udah nggak sabaran pengen ngrasain sensasinya, boleh mencoba dari yang terdekat dulu yang ada di negara kita sendiri.