Manfaat Buah Kolang Kaling Untuk Kesehatan Pencernaan Dan Menu Diet

Kolang-kaling menjadi salah satu buah yang cukup dikenal di masyarakat Indonesia. Buah ini juga sering disebut dengan nama buah atap dan menjadi buah digemari oleh masyarakat luas. Sama seperti buah pada umumnya, kolang-kaling juga memiliki beragam manfaat. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa manfaat kolang kaling untuk kesehatan tubuh.

Dalam penelitian disebutkan bahwa kolang-kaling termasuk salah satu buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Di dalam buah ini terdapat kandungan air yang cukup tinggi. Selain air, kolang-kaling juga mengandung protein, karbohidrat, ragam vitamin dan gelatin. Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari buah ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Ada cukup banyak manfaat kolang-kaling yang bisa didapatkan dengan konsumsi yang teratur. Dengan banyaknya manfaat tersebut tentu bisa disimpulkan bahwa kolang-kaling termasuk buah yang sebaiknya masuk pola konsumsi harian. Beberapa manfaat kolang kaling yang secara umum baik untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

Memperkuat Tulang
Osteoporosis menjadi ancaman kesehatan yang nyata. Gangguan kesehatan yang disebabkan oleh rapuhnya tulang ini akan mengancam, terutama bagi seseorang yang berusia lanjut. Ketika seseorang terkena osteoporosis, maka ia akan kehilangan keseimbangan tubuh dan kemampuan alat geraknya berkurang.

Nah, kolang-kaling memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kandungan kalsium pada kolang-kaling bisa dijadikan agen yang cukup ampuh untuk memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Dengan kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi, buah ini bisa dijadikan alternatif konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium selain susu.

Menu Diet
Apakah Anda memiliki masalah berat badan dan sedang dalam program diet? Nah, jika Anda ingin menurunkan berat badan Anda secara cukup signifikan, maka kolang-kaling bisa menjadi salah satu menu diet yang dapat Anda konsumsi. Dalam buah ini terdapat beragam nutrisi penting yang bisa menyokong program yang Anda jalankan.

Nah, dalam buah ini terdapat kandungan karbohidrat dengan jumlah yang lumayan. Karbohidrat dalam kolang-kaling bisa diandalkan untuk memberikan rasa kenyang sehingga menunda lapar. Tidak hanya itu, ada pula kandungan antioksidan di dalam kolang-kaling yang akan meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak.

Mengatasi Radang Sendi
Manfaat lain dari kolang-kaling adalah bisa diandalkan sebagai agen mengatasi radang sendi yang terjadi. Salah satu manfaat kolang kaling ini menjadi alasan kenapa cukup banyak masyarakat yang mengkonsumsi buah yang satu ini. Nah, perlu diketahui bahwa di dalam kolang-kaling terdapat kandungan galactomannan.

Kandungan galactomannan yang ada di dalam kolang-kaling ini akan menjadi agen yang begitu ampuh untuk meredakan nyeri sendi, terutama untuk seseorang yang memang sudah lanjut usia. Nah, dalam hal ini, untuk mengatasi nyeri sendi, Anda hanya perlu mengkonsumsi kolang-kaling secara langsung tanpa tambahan gula ataupun pewarna.

Melancarkan Pencernaan
Pencernaan yang lancar adalah hal penting untuk terciptanya kesehatan tubuh. Sebagaimana diketahui bahwa cukup banyak masalah kesehatan muncul dikarenakan tidak lancarnya pencernaan di dalam tubuh. Nah, salah satu manfaat yang bisa didapat dari kolang-kaling adalah bahwa buah ini bisa melancarkan pencernaan.

Di dalam kolang-kaling terdapat kandungan serat dengan jumlah yang cukup tinggi. Kandungan serat di dalam kolang-kaling ini akan memberikan nutrisi yang cukup bagi tubuh secara umum. Selain bisa diandalkan untuk menjaga pencernaan agar tetap sehat, serat pada kolang-kaling ini bisa diandalkan guna mengatasi diare yang muncul.

Menjaga Stamina
Salah satu manfaat kolang kaling yang cukup penting untuk tubuh adalah buah ini bisa menjaga stamina tubuh agar tetap prima. Bagi Anda yang mengalami masalah pada stamina, terutama Anda yang mudah lelah, kolang-kaling adalah salah satu solusi yang tepat. Dengan konsumsi yang teratur, kolang-kaling bisa menjadi agen yang tepat untuk menjaga stamina.

Di dalam kolang-kaling terdapat cukup banyak kandungan nutrisi yang baik. Buah ini memiliki beragam nutrisi, seperti fosfor, mineral, kalsium, zat besi dan lainnya. Kandungan-kandungan itulah yang membuat kolang-kaling baik untuk stamina. Nah, konsumsi buah ini secara teratur, jika perlu setiap hari, untuk mendapatkan manfaat kolang kaling dengan maksimal.

Mencegah Alergi
Fakta lain terkait manfaat kolang kaling yang bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan adalah buah ini bisa digunakan untuk mencegah alergi. Kolang-kaling dengan beragam jenis nutrisi nya bisa menjadi agen yang cukup ampuh untuk mengatasi alergi, terutama bagi Anda yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap bahan makanan tertentu.

Nah, dari beberapa ulasan di atas bisa dilihat bahwa ada cukup banyak manfaat kolang kaling yang bisa Anda dapatkan. Dengan adanya banyak manfaat tersebut, tidak salah rasanya jika Anda mengkonsumsi buah ini setiap hari. Temukan beragam menu kolang-kaling yang unik untuk pola konsumsi yang tidak hanya sehat namun juga nikmat. Semoga bermanfaat.