10 Wisata Kuliner Khas Banyuwangi Yang Paling Enak

Posted on

Banyuwangi tak hanya memiliki banyak tempat wisata alam yang spektakuler. Tapi di kota yang letaknya paling ujung timur dari Pulau Jawa ini, kamu juga bisa memanjakan perut dengan aneka kuliner lezat yang hanya bisa ditemukan di disini. Kalau bertandang ke kota ini, rasanya kurang mantap tanpa mencicipi makanan khas Banyuwangi yang dikenal dengan aneka ragam bumbu pedasnya.

Wisata tidak hanya memanjakan mata dan tubuh, tapi perut juga perlu diperhatikan. Apalagi jika perut sudah keroncongan tahap akut, jika tidak segera ditemukan solusinya, bisa-bisa acara kamu jadi berantakan. Jika kebetulan sedang berwisata di Banyuwangi, cus aja langsung ke tempat makan paling enak di kota Banyuwangi berikut ini;

1. Sego Cawuk Warung Mak Mantih – Rogojampi

Nasi Cawuk

Setelah seharian beraktivitas, pasti perut butuh asupan agar bisa kembali bertenaga. Buat kamu yang seharian ini keliling kota Banyuwangi untuk menikmati keindahan, kini saatnya kamu memanjakan perut di Warung Bu Mantih. Warung ini sangat terkenal dengan sego cawuknya yang rasanya mantap jiwa. Di sini kamu bakal disuguhi dengan kuliner khas Banyuwangi yang dibuat dari bahan dasar nasi. Tapi bukan sembarang nasi, karena nasi akan ditaburi dengan parutan kelapa, di tambah dengan kuah yang rasanya sungguh nikmat. Rasa nikmat kuah tersebut berasa dari bumbu-bumbu pilihan yang dijadikan sebagai bahannya.

Tidak hanya menikmati sego cawuk, kamu juga bisa memanjakan perut dengan menu pelengkap, seperti aneka lauk ikan, telur, pepes dan lain sebagainya. Saking terkenalnya wisata kuliner khas Banyuwangi ini, kamu jangan sampai datang lebih dari jam 11.00 siang. Kenapa? Karena biasanya pada jam-jam tersebut, lauknya sudah habis. Wah, jadi penasaran seperti apa rasa nikmatnya mencicipi sego cawuk warung Bu Mantih ini. Datang saja ke Jalan Wahid Hasyum, Prejengan, Rogojambi. Lokasinya strategis, karena berada dekat dengan Stasiun Rgojampi.

2. Rujak Soto Mbok Mbret

Rujak Soto

Pernah nggak mbayangin mencicipi kuliner rujak sekaligus soto? Kalau belum, coba deh kamu datang ke Warung Mbok Mbret yang berada di Jalan Raya Jember No, 72, Benculuk, Cluring, Banyuwangi. Di sini kamu bisa mencicipi 2 macam kuliner dalam satu piring. Kulinernya sendiri bernama rujak soto, karena memang salah satu wisata kuliner khas Banyuwangi ini memadukan dua jenis makanan ke dalam satu piring, yaitu rujak yang disiram dengan kuah soto.

Tampilan bentuknya tergolong unik. Soal rasa, jangan ditanya, pasti enak. Secara warung Mbok Mbret ini sangat terkenal di sini. Kuah soto dilengkapi dengan daging, telur puyuh dan babat. Jadi, selain enak, pasti sehat dan asupan nutrisi untuk tubuh kamu terpenuhi. Soal harga juga cukup terjangkau. Satu porsi cukup Rp 20.000 saja. Sepadan kok sama rasa dan pelayananya.

3. Sego Tempong Mbok Wah

Sego Tempong

Tahu nggak arti tempong itu apa? Kalau kamu orang Banyuwangi pasti tahu kalau arti tempong itu adalah tampar. Diberi nama sego tempong atau nasi tampar, karena rasanya benar-benar nampar abis alias eunak tenan. Warung yang berada di Jalan Gembrung No 22, Bakungan, Glagah, Banyuwangi ini sangat fenomenal dan legendaris, karena telah terkenal sejak zaman dahulu kala. Setiap hari banyak sekali konsumen yang datang untuk memanjakan perut dengan menu andalan sego tempong ini.

Sebenarnya sego tempong mirip dengan nasi campur, yaitu nasi putih yang disajikan bersama dengan aneka lauk pauk dan sambal tempong. Selain sego tempong, di Warung Mbok Wah ini kamu juga bisa mencicipi kuliner seafood yang yahud, dari mulai cumi hingga kepiting. Harganya murah meriah, kok. Cukup merogoh kocek Rp 7.000, kamu sudah bisa kenyang makan sego tempong dengan ikan asin, teri jengki, sambal dan sayuran rebus. Jadi bisa banget nih buat menu andalan waktu travelling ke Banyuwangi.

4. Sego Bungkus Bu Poer

Orang Indonesia, terutama jawa memang nggak bisa lepas dari yang namanya sego alias nasi. Di Banyuwangi sendiri terdapat wisata kuliner khas yang menawarkan sensasi makan nasi. Hanya saja kombinasinya yang berbeda. Nah sego bungkus Bu Poer ini sangat recommended buat kamu yang sedang nyari tempat wisata kuliner khas Banyuwangi yang rasanya enak. Catat alamatnya, yaitu di Jalan PB Sudirman.

Meskipun namanya sego bungkus atau nasi bungkus, tapi kamu tidak harus membawa pulang dan menikmatinya di rumah, kok. Dinamakan demikian, karena nasi yang disajikan dibungkus menggunakan daun pisang. Uniknya lagi, kamu bisa lho milih menu nasinya, seperti nasi putih biasa, nasi kuning, nasi merah dan nasi jagung. Mau milih lauk dan oseng juga bisa, dari mulai aneka olahan ikan, ayam hingga gudeg. Komplit sekali, kan? Harganya juga murah, kisaran Rp 12.000.

5. Pecel Pitik Desa Kemiren

Di Banyuwangi terdapat satu desa yang terkenal dengan wisata kuliner khas Banyuwangi, yaitu pecel pitik atau pecel ayam. Kalau kamu penggemar kuliner pecel ayam, bisa deh datang ke dusun Krajan, Desa Kemiren, Glagah. Dusun ini dihuni oleh masyarakat Suku Osing asli Banyuwangi. Di sini kamu bisa mencicipi pecel pitik yang dimasak masih secara tradisional dengan teknik turun temurun dari nenek moyang mereka.

Sebenarnya, pecel pitik ini dibuat untuk kepentingan adat. Jadi kalau kamu mau mencicipi kuliner ini, datang saja pas ada acara perayaan adat masyarakat Banyuwangi. Makanan ini mirip dengan pecel ayam yang biasa kamu temui di kota asal, yaitu berupa ayam kampong yang diurap menggunakan bumbu dan ditaburi dengan parutan kelapa. Rasanya gurih-gurih mantap pokoknya.

6. Rawon Bu Atik

Jawa Timur terkenal dengan rawonnya. Kuliner satu ini mudah ditemukan di wilayah jawa bagian timur, tak terkecuali Banyuwangi. Di Banyuwangi, terdapat sebuah warung yang terkenal dengan rawonnya yang bercita rasa enak tiada dua. Namanya Rawon Bu Atik. Alamatnya berada di Jalan Ahmad Yani No.83. Rawon sendiri merupakan kuliner berupa potongan daging yang disiram dengan kuah.

Meskipun warnanya gelap, namun rasanya enak sekali. Apalagi jika dikombinasi dengan nasi putih yang putih dan hangat. Mantap jiwa rasanya. Rawon pun ada macamnya. Di Warung Bu Atik ini, kamu bisa memilih menu, dari mulai rawon biasa, rawon paru, rawon empat, hingga rawon buntut goreng. Rawon yang tersedia di sini biasanya disajikan bersama sambal, kerupuk dan lalapan kecambah sebagai menu pelengkap.

7. Mi Kuah Warung Kepiting

Banyuwangi terkenal dengan wisata bahari yang tentu saja memiliki pasokan seafood yang melimpah. Jika biasanya kamu makan mi ayam, kali ini kalau ke Banyuwangi, coba deh rasakan kenikmatan mencicipi mi kuah warung kepiting. Seperti namanya, warung ini menjadikan kepiting sebagai menu andalannya.

Kepiting disajikan bersama dengan mi yang sebelumnya telah diracik menggunakan bumbu rahasia dan khusus. Mi dan kepiting akan menghasilkan kuliner dengan cita rasa yang enak tiada dua. Kalau nggak suka kepiting, kamu bisa memilih menu lain yang tidak kalah enak. Penasaran seperti apa sensasi rasa mi kuah kepiting ini? Datang saja ke Jalan Kepiting No 29 B, Banyuwangi. Tempat parkir dan lokasinya luas, sehingga kamu bisa seru-seruan wisata kuliner bersama keluarga ataupun teman-teman di sini.

Ternyata, selain wisata alam, Banyuwangi juga memiliki wisata kuliner khas yang beraga dan rasanya enak. Cocok nih sebagai destinasi liburan. Liburan pasti akan terasa sempurna dengan kuliner khas yang rasanya enak dan menggugah selera. Kalau ke sini, jangan lupa mampir ke beberapa tempat wisata kuliner khas Banyuwangi di atas, Dijamin enak dan nggak rugi sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *