10 Makanan Khas Kediri Paling Terkenal, Cocok Buat Oleh-Oleh

Kamu punya rencana berkunjung ke Kediri? Kediri merupakan salah satu kota istimewa di provinsi Jawa Timur. Kalau kamu lihat di peta, kota ini berada di sebelah utara Tulungagung dan memiliki jarak sekitar 130 km dari ibukota provinsi Jawa Timur, yaitu Surabaya. Di kota ini juga lahir Gudang Garam yang merupakan salah satu industri rokok terbesar di Indonesia. Selain itu, Kediri juga dikenal luas akan produksi gulanya.

Ketika kamu berwisata ke kota ini, maka kamu akan menemukan keunikan di dalamnya. Seperti kota-kota di Indonesia lainnya, Kediri juga menyimpan berbagai potensi dalam bidang pariwisata yang terdiri dari wisata bernuansa alam, religi, dan sejarah. Satu lagi ada potensi kuliner khas yang sayang banget jika kamu lewatkan. Kuliner khas Kediri ini akan sulit kamu temukan di kota lain.

Satu hal yang tak boleh ketinggalan saat berkunjung ke luar kota adalah mencicipi makanan khasnya. Ketika kamu sudah sampai Kediri, siap-siap untuk berburu makanan. Daripada kamu menyesal saat sudah kembali ke kota asal nanti.

1. Sate Bekicot

Makanan khas Kediri yang pertama adalah bekicot. Tentunya bekicot yang sudah diolah lho ya, bukan yang masih mentah. Tidak hanya di Prancis, Kediri pun juga punya makanan olahan dari bekicot. Salah satu olahannya yaitu sate. Sate bekicot di kota ini sering disebut sebagai sate nol dua. Kamu bisa menemukannya di daerah Desa Djengkol, sekitar 10 km dari Simpang Lima Gumul.

Selain sate bekicot, kamu juga bisa mendapati olahan bekicot lain, berupa keripik, oseng-oseng dan krengsengan. Masalah harga pun kamu tak usah khawatir. Di sini, kamu bisa menikmati sate bekicot dengan harga mulai dari 15 ribu rupiah saja per porsinya. Dalam satu porsi sate isinya bisa sampai 50 tusuk. Sudah murah, mengenyangkan lagi.

2. Tahu Takwa

Tahu Kediri

Makanan khas Kediri selanjutnya adalah Tahu Takwa. Mungkin kamu akan merasa heran mengapa tahu dinamai Takwa. Tahu ini sangat khas karena warnanya yang menarik, yaitu berwarna kuning terang. Teksturnya pun begitu lembut sehingga membuat kamu ketagihan untuk mencobanya. Bentuknya sendiri kotak, sama dengan tahu lainnya dan lebih ramping.

Warna kuning yang terdapat dalam tahu ini memakai kunyit kok, bukan pewarna buatan. Jadi kamu tak perlu khawatir akan dampak yang ditimbulkan. Tahu Takwa ini juga bisa diolah menjadi berbagai makanan. Bisa sebagai campuran sayur atau digoreng. Yang pasti, jangan sampai ketinggalan ya untuk mencicipinya. Masukkan tahu ini ke daftar kuliner khas Kediri yang harus kamu cicipi.

3. Pecel Tumpang

Buat kamu penggemar pecel, jangan lupa juga untuk mencoba pecel khas Kediri. Pecel ini dinamai Pecel Tumpang atau Nasi Pecel Sambal Tumpang. Apa itu Sambal Tumpang? Jadi, masyarakat Kediri memang punya kebiasaan untuk menyantap Pecel dilengkapi dengan Sambal Tumpang. Sambal Tumpang merupakan sambal yang berbahan dasar dari tempe busuk.

Mungkin bagi kamu, jika menemukan tempe busuk akan langsung dibuang. Tapi bagi masyarakat Kediri, tempe busuk ini bermanfaat untuk menambah nafsu makan. Bahan-bahan untuk membuat sambal tumpang diantaranya adalah bawang putih, bawang merah, garam, tempe busuk, dan bumbu pelengkap lainnya. Cara menyajikan Nasi Pecel pun tak jauh berbeda dengan Pecel yang lain. Nasi putih yang masih hangat ditimpa dengan berbagai macam sayur di daun pisang yang dipincuk, kemudian di siram dengan bumbu sambal tumpang.

4. Soto Kediri

Kuliner selanjutnya yang tak boleh kamu lewatkan adalah Soto Kediri. Dinamakan Soto Kediri pastinya punya keistimewaan tersendiri, sama halnya dengan Soto Kudus atau Soto Lamongan yang punya karakter sendiri. Ciri khas dari Soto Kediri adalah kuahnya terbuat dari santan, hampir mirip dengan Soto Betawi. Lengkap dengan suwiran ayam, tauge dan juga mie yang semakin menambah kenikmatannya. Soto ini sangat cocok untuk sarapan maupun makan siang.

Di beberapa tempat yang menjual Soto Kediri ini juga menambahkan kerupuk emping, lauk pendamping seperti ayam bakar, dan lainnya. Kesegaran dari Soto Kediri ini tak akan dapat kamu lupakan.

5. Nasi Goreng Arang

Biasanya ketika membeli nasi goreng, kamu akan diberikan nasi goreng yang dimasak dengan menggunakan kompor gas. Berbeda dengan nasi goreng arang Kediri ini. Sesuai dengan namanya, pembuatan nasi goreng tidak menggunakan kompor gas, melainkan kompor tungku berbahan bakar arang. Nasi goreng yang dimasak dengan arang ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama dalam penyajiannya, tapi rasanya justru lebih nikmat.

Salah satu penjual nasi goreng arang yang terkenal di Kediri adalah Mbah Man. Banyak pengunjung yang rela antri di sini demi mendapatkan nasi goreng lezat yang kaya cita rasa. Pembuatannya pun tanpa menggunakan bahan penyedap. Mbah Man mencampurkan bumbu-bumbu rempah yang semakin menambah kenikmatan nasi gorengnya.

6. Stik Tahu

Jika tadi ada Tahu Takwa yang menjadi makanan khas Kediri, sekarang ada camilan berupa Stik Tahu. Kediri juga dikenal sebagai kota tahu. Jadi tak heran bila banyak makanan olahan tahu. Stik Tahu ini bahan dasarnya tentu saja tahu. Rasanya gurih dan cocok dijadikan sebagai camilan.

Kalau kamu sudah sampai Kediri, jangan lupa bawa Stik Tahu sebagai oleh-olehnya. Camilan ini punya rasa yang membuat ketagihan dan kamu akan sulit menemukannya di daerah lain.

7. Sate Emprit

Satu lagi olahan sate yang sangat khas dari Kediri, yaitu Sate Emprit. Emprit adalah nama burung yang dalam bahasa Indonesia berarti burung pipit. Burung ini mempunyai ukuran yang mungil, sehingga untuk dijadikan sate bisa tanpa memotong dagingnya alias dibakar secara utuh. Tidak seperti daging ayam yang telah dibakar dagingnya tetap berwarna putih, kalau burung emprit ini dibakar warna dagingnya akan berubah kecokelatan.

Sate burung emprit mempunyai aroma yang khas, tapi tidak menimbulkan bau amis. Karena ukurannya mungil, maka bumbunya akan mudah merasuk sehingga menciptakan cita rasa yang gurih. Sate emprit ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan lalapan seperti irisan bawang merah, tomat dan mentimun.

8. Carang Mas

Kamu butuh oleh-oleh khas Kediri selain Stik Tahu? Beli saja carang mas. Makanan atau camilan ini terbuat dari ubi jalar. Bentuknya bulat, warnanya kecokelatan dan rasanya perpaduan manis dan gurih. Harganya pun juga terjangkau.

Kamu bisa dengan mudah menemukannya di beberapa toko makanan atau toko oleh-oleh. Teksturnya yang renyah ini membuat kamu ingin selalu nambah. Kamu bisa membelinya dalam kemasan plastik maupun toples.

9. Gethuk Pisang

Nah, jika kamu ingin camilan yang sedikit mengenyangkan, beli juga gethuk pisang. Gethuk pisang dari Kediri ini mempunyai ciri khas khusus yang membedakannya dengan gethuk lain. Jika biasanya gethuk terbuat dari singkong, maka gethuk pisang ini terbuat dari buah pisang. Warnanya kecokelatan dan rasanya agak manis.

Kemasannya pun terbilang unik, karena dibungkus dengan daun pisang dan berbentuk seperti lontong. Camilan ini juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena termasuk awet dan bisa disimpan dalam waktu cukup lama.

10. Mangga Podang

Kali ini bukan berupa makanan berat atau camilan yang merupakan kuliner khas Kediri. Melainkan buah. Kediri juga mempunyai buah khas, yaitu Mangga Podang. Mangga ini sebenarnya mempunyai bentuk yang sama dengan buah Mangga kebanyakan. Ciri khasnya terletak di warna kulit buahnya yang kuning dan memiliki semburat pink di sebagian maupun seluruh buahnya. Warnanya yang cantik itu juga sesuai dengan rasa dan aroma yang legit.

Mangga ini banyak kamu temukan di pinggiran jalan selama menuju atau keluar dari Kediri. Harga per kilonya mulai dari 5 ribu – 12 ribu rupiah, tergantung musimnya. Buah ini akan berlimpah di musim kemarau, karena pohonnya yang tak tahan dengan intensitas air pada musim hujan.

11. Soto Kediri

Itulah beberapa kuliner khas Kediri yang wajib kamu coba sebelum menyesal. Kamu akan tahu potensi istimewa dari Kediri, selain pariwisatanya. Selamat mencoba dan menikmati.