10 Wisata Kuliner Khas Kota Semarang Yang Wajib Kamu Coba !

Posted on

Siapa yang hobi makan boleh angkat tangan, hehe. Buat kamu yang sedang berkunjung ke Semarang dan hobi makan, jangan lupa untuk melakukan wisata kuliner khas kota Semarang. Tahukah kamu bahwa pada tahun 2015, Kementerian Pariwisata menetapkan Semarang sebagai salah satu destinasi kuliner unggulan. Ada banyak kuliner legendaris di Semarang yang banyak diburu wisatawan karena memiliki kelezatan yang sulit ditemukan di tempat lain. Penasaran? Berikut adalah daftar 10 wisata kuliner khas kota Semarang yang wajib kamu coba.

1. Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok

Bila ditanya salah satu kuliner khas Semarang pasti kebanyakan orang akan menjawab lumpia. Ya, kuliner turunan dari Tiongkok ini memang sangat legendaris dan disukai baik oleh warga lokal maupun wisatawan yang berkunjung. Isian dari lumpia Semarang ini adalah rebung, telur dan daging ayam dicampur udang. Disajikan dengan acar timun cabai dan irisan daun bawang segar, pasti akan membuat air liur menetes ketika menyantapnya. Dari sekian banyak penjual lumpia di Semarang, terdapat generasi tertua yang menjual lumpia  Semarang yang ada di Gang Lombok. Kios ini dekat dengan Klenteng Tay Kak Sie yang juga merupakan kelenteng tertua di Semarang. Tersedia pilihan lumpia basah dan lumpia basah yang bisa kamu nikmati ditempat atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Baca Juga : 10 Objek Wisata Terbaik Di Semarang

2. Bandeng Juwana Elrina

Bandeng Juwana Elrina

Selain lumpia, menu kuliner lain khas Semarang adalah bandeng presto. Salah satu resto bandeng presto yang sangat terkenal di kalangan wisatawan dan memiliki citarasa yang enak adalah Bandeng Juwana Elrina. Resto ini menyediakan aneka olahan bandeng seperti bandeng presto, bandeng srani, gulai bandeng, sate bandeng, bakso bandeng, pepes bandeng, nasi goreng bandeng dan lain sebagainya. Dengan harga yang terjangkau, tempat ini merupakan surga bagi kamu yang menyukai olahan kuliner bandeng.  Resto ini berada di Jalan Pandanaran no. 57 Semarang.

3. Kampung Laut

Kampung Laut

Nah buat kamu pecinta makanan laut, Kampung Laut bisa menjadi pilihan tempat kuliner yang menarik di Semarang. Berbagai jenis hidangan laut yang segar dan lezat selalu mampu membuat pengujung ingin datang kembali ke tempat ini. Porsi makanan di sini juga besar sehingga cocok untuk dimakan bersama keluarga atau teman-teman. Kampung laut terletak di Jalan Anjasmoro, Tawang Mas. Dengan mengusung konsep pedesaan yang memiliki banyak saung bambu dibangun di atas air membuat banyak wisatawan maupun warga lokal tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

4. Tahu Gimbal Supeno

Tahu Gimbal Semarang

Tidak seperti namanya, tahu gimbal bukan berbentuk rambut yang gimbal. Racikan tahu gimbal adalah menu tahu yang digoreng lalu dicampur dengan potongan lontong, tauge, irisan kubis mentah, telur rebus dan gimbal. Nah gimbal adalah nama lain dari bakwan udang. Campuran bahan-bahan itu lalu diguyur dengan saus kacang petis udang yang nikmat. Harganya pun sangat terjangkau, dengan 10 ribu rupiah kamu sudah bisa mencicipi seporsi tahu gimbal khas Semarang ini. Tahu Gimbal Supeno terletak di Jalan Taman Menteri Supeno No. 1

5. Nasi Gandul

Nasi Gandul Semarang

Buat kamu yang ingin makan kuliner unik di Semarang, coba mampir ke Nasi Gandul Pak Memed yang terletak di Jalan Dr. Cipto 12A. Seporsi nasi gandul berisi nasi yang ditambah daging, jeroan sapi, serta telur ayam lalu disiram kuah kecoklatan. Lezat tiada tara! Ciri khas dari Nasi Gandul Pak Memed adalah cara penyajiannya menggunakan daun pisang dan dimakan menggunakan suru (sendok dari daun pisang). Resep racikan bumbu kuah kaldu dan lauknya yang tidak berubah, tetap lezat meskipun sudah puluhan tahun berdiri.

6. Kue Lekker Paimo

Lekker Paimo

Setelah membahas makanan berat, sekarang kita beralih ke jajanan ringan. Salah satu kuliner khas Semarang adalah kue leker. Kuliner kaki lima ini memiliki bentuk mirip martabak tetapi berukuran tipis dan lebih kecil. Salah satu tempat untuk menikmati kue leker yang terkenal enak adalah Leker Paimo yang berada di Jalan Karanganyar No 37 (depan SMA Kolese Loyola).  Ada berbagai jenis pilihan topping untuk rasa kue leker yang diinginkan, mulai dari topping manis hingga topping asin. Cobalah pesan leker telur sosis keju mozarella yang merupakan salah satu menu favorit pengunjung. Tapi harus bersabar jika ingin mendapatkan leker ini karena antriannya sangat panjang hingga berjam-jam, sudah terbayangkan betapa larisnya Leker Paimo ini.

7. Pisang Plenet Pak Tuko

Pisang Plenet Semarang

Dalam Bahasa Jawa ‘plenet’ berarti ditekan atau dipipihkan. Jadi pisang plenet adalah pisang bakar yang ditekan hingga pipih, lalu diberikan aneka topping. Kamu bisa menemukan salah satu kuliner legendaris ini di kawasan Kampoeng Semawis yaitu warung tenda Pisang Plenet Pak Tuko. Cita rasa pisang disini sangat lezat karena masih dipanggang dengan tungku pembakaran arang. Pisang Plenet Pak Tuko menyediakan berbagai jenis topping seperti rasa cokelat, kacang, keju, gula putih halus, dan lain-lainnya. Warung tenda ini sudah berdiri sejak 1960 dan menjadi jajanan murah meriah favorit anak muda Semarang hingga kini.

8. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik Semarang

Cuaca panas di Kota Semarang pasti membuat tenggorokan terasa haus. Apabila kamu mencari kuliner segar di Semarang, coba es puter yang murah dan enak, Es Puter Cong Lik. Es puter ini dikenal sebagai salah satu kuliner legendaris di Semarang. Usaha ini dirintis sejak 1984 dan hanya menempati warung tenda sederhana dan masih menggunakan alat-alat pembuat es manual. Namun soal rasa jangan ditanya, Es Puter Cong Lik memang tiada duanya. Selain menggunakan bahan-bahan alami, mulai dari gula, santan dan buah-buahan, Es Puter Cong Lik semakin istimewa dengan pilihan topping yang menggugah selera. Ingin mencobanya? Langsung saja mampir ke Es Puter Cong Lik di Jalan Ahmad Dahlan A No 11.

9. Wedang Tahu Pak Amad

Wedang Tahu Semarang

Jika ingin menikmati kuliner hangat di malam hari, wedang bisa menjadi pilihan terbaik. Salah satu wedang khas Semarang yang wajib kamu coba adalah wedang tahu. Wedang tahu ini merupakan minuman yang terbuat dari campuran jahe dan gula jawa dengan isi kembang tahu dan sari kedelai. Tekstur lembut dari kembang tahu berpadu dengan wedang hangat sangat cocok dinikmati ketika tubuh terasa dingin. Wedang tahu biasanya mudah ditemukan di warung tenda pinggir jalan. Salah satu wedang tahu favorit warga Semarang yaitu Wedang Tahu Pak Amad yang berada di samping Nasmoco Gombel di Jalan Bukit Raya. Warung lesehan ini menyajikan seporsi wedang tahu dengan harga 5000 rupiah saja. Murah bukan.

10. Kampoeng Semawis

Jajanan Pasar Semawis

 

Berwisata kuliner di Semarang memang tiada habisnya. Menjelang malam, kamu harus mencoba aneka jajanan pasar maupun makanan tradisional di pasar malam Kampoeng Semawis. Tempat ini buka hari Jumat – Minggu mulai pukul 18.00. Kampoeng Semawis berada di Jalan Semawis, kawasan Pecinan. Di sepanjang jalan ini terdapat kios-kios kaki lima yang menjual berbagai kuliner seperti lumpia, siomay, sosis bakar, churros, kebab, es teler, wedang ronde dan lainnya. Pastinya kamu akan menemukan berbagai makanan dan minuman favoritmu dengan harga murah meriah di sini.

Nah daripada terus penasaran membayangkan semua kuliner-kuliner tadi, yuk liburan ke Semarang dan jangan lupa ajak keluarga atau teman-teman untuk wisata kuliner khas kota Semarang ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *