10 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh

Posted on

Jika durian adalah “Raja Buah”, maka manggis mendapatkan julukan si “Ratu Buah”. Manggis sendiri merupakan sejenis pohon abadi yang berasal dari Semenanjung Malaya dan tumbuh dengan tinggi mencapai 7-25 meter. Namun yang unik dari manggis adalah selain buahnya yang enak dikonsumsi, ternyata kulit manggis sendiri memiliki banyak khasiat. Bahkan manfaat kulit manggis tersebut berdasarkan sebuah temuan pada abad ke-16 dari seorang penjelajah hutan asal Perancis yang bernama Laurent Garcin.

Kemudian pada tahun 1993 dilakukanlah sebuah penelitian di Gifu Pharmaceutical University, Jepang. Dari penelitian-penelitian tersebut, akhirnya ditemukan bahwa kulit manggis tersebut dapat menghasilkan senyawa-senyawa xanthone yang bersifat anti bakteri, anti mikroba, dan lain-lain serta senyawa lainnya seperti:

  • Antosianin, merupakan sekelompok pigmen yang mampu berperan sebagai antioksidan dan biasanya terdapat pada tanaman, khususnya sayur, bunga, dan buah.
  • Tanin, merupakan senyawa dengan aktivitas antioksidan yang tinggi yang mampu menghambat enzim penyebab diare hingga tumor.
  • Anti Inflamasi, dengan bantuan ekstrak etanol, kulit manggis mampu menangkal radikal bebas dan menghambat sel-sel kanker.

Selain senyawa tersebut, manfaat kulit manggis yang mampu mengatasi depresi dan mencegah kanker juga mengandung Anti Mikroba, Anti Kanker, serta beberapa nutrisi seperti lemak, protein, karbohidrat, asam fenolat dan air.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi dan senyawa kimia baik dalam kulit manggis, ternyata kulit manggis juga sangat bermanfaat sebagai perawatan kecantikan. Nah, berikut beberapa manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah.

Kulit Manggis
Kulit Manggis

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam kesehatan karena sistem imun tersebut yang akan melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan. Maka dari itu, dengan kandungan senyawa xanthone yang bersifat anti oksidan dan anti inflamasi mampu menjaga sistem imun dan menangkal radikal bebas.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kulit manggis berikutnya yakni untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegahnya dari berbagai masalah jantung atau kardiovaskuler. Dengan kandungan antosianin, kulit manggis mampu berperan sebagai antioksidan yang baik untuk mencegah terjadinya kardiovaskuler, neuronal, dan lain-lain.

Mengobati Diare

Sebelum menghentikan diare dengan obat-obatan, tak ada salahnya jika Anda mencoba mengatasi dengan kulit manggis yang mengandung senyawa tanin yang mampu berperan sebagai anti-diare.

Mencegah Kanker dan Tumor

Tak hanya untuk masalah kesehatan ringan, manfaat kulit manggis juga sangat baik dalam mencegah tumor dan penyakit mematikan, kanker. Bahkan dengan senyawa xanthone yang bersifat anti proliferasi dan apoptosis, kulit manggis disinyalir mampu mengobati kanker yang masih dalam stadium awal untuk mencegah lanjut stadium.

Mencegah Diabetes

Untuk mencegah diabetes menyerang organ tubuh lain dan memicu munculnya penyakit baru seperti stroke dan penyakit jantung, bagi Anda yang menderita diabetes, sebaiknya mulai rutin mengonsumsi kulit manggis 3 kali sehari agar kadar gula dalam darah Anda kembali normal.

Menghilangkan Kerutan Pada Kulit Wajah

Selain mampu menjaga keelastisan kulit dan meremajakan kulit, manfaat kulit manggis dengan kandungan antioksidan dan anti inflamasinya mampu menghilangkan kerutan pada kulit wajah Anda.

Mencegah Penuaan Dini

Dengan berbagai faktor seperti sering terpapar sinar UV dan gaya hidup yang kurang sehat, terkadang kulit wajah menjadi terlihat lebih tua dari usia sebenarnya atau biasa disebut dengan penuaan dini. Penuaan dini tersebut biasanya ditandai dengan munculnya garis-garis halus pada wajah dan berubahnya warna kulit menjadi lebih gelap. Nah, untuk mencegah dan mengatasi penuaan dini tersebut, Anda bisa rutin mengonsumsi kulit manggis atau menjadikannya sebagai salah satu perawatan kecantikan.

Mencerahkan Kulit

Kulit Asia, terutama Indonesia memang tidak semuanya cerah atau putih, oleh karena itu banyak para wanita yang berusaha dalam mencerahkan wajah dengan berbagai cara. Bahkan terkadang ada yang rela merogoh kocek banyak untuk mencerahkan kulit. Namun sayangnya tidak semua perawatan tersebut aman untuk digunakan. Maka dari itu, untuk menghindari bahaya akibat bahan kimia berbahaya, Anda bisa menggantinya perawatan tersebut dengan kulit manggis. Dengan kandungan nutrisi dan zat anti inflamasi serta antioksidan, kulit manggis mampu mencegah kulit gelap karena radikal bebas dan paparan sinar UV.

Menghaluskan Kulit

Manfaat kulit manggis untuk kecantikan juga sangat baik dalam melembabkan dan menghaluskan kulit. Dengan kandungan lemak tak jenuh dan kandungan mineral di dalamnya, kulit manggis mampu mempertahankan kelembaban kulit dan menghaluskan serta melembutkan kulit. Dalam memanfaatkan kulit manggis, Anda bisa mengonsumsinya dengan berbagai olahan sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Berikut beberapa cara mengolah kulit manggis yang praktis dan mudah:

Diolah Jadi teh

Mengolahnya hanya dengan merebusnya
Mengolahnya menjadi jus kulit manggis
Mengolahnya menjadi ekstrak kulit manggis

Meski manfaat kulit manggis sangatlah beragam, namun bagi Anda yang tidak menyukai rasa kulit manggis tersebut Anda bisa mencampurnya dengan madu agar lebih manis. Kini dari pada Anda membuang kulit manggis setelah mengonsumsi buahnya, sebaiknya Anda juga sekaligus memanfaatkan kulitnya untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *