11 Manfaat Buah Kurma Yang Wajib Diketahui Untuk Kesehatan Anda

Meski tidak berasal dari Indonesia, namun rasanya tidak ada orang Indonesia yang asing dengan buah yang satu ini. Kurma, buah yang asalnya dari Tanah Arab ini memang dari dulu sudah sangat terkenal memiliki banyak manfaat, terlebih memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Muslim karena menjadi buah yang sangat direkomendasikan oleh Nabi Muhammad.

Bagi Anda yang suka mengonsumsi buah ini, ada kabar baik bagi Anda, karena ternyata ada banyak sekali manfaat kurma, baik untuk menjaga kesehatan tubuh hingga mengobati beberapa penyakit. Bagi Anda yang sudah penasaran, berikut beberapa manfaat kurma yang sebaiknya Anda tahu.

Melancarkan Buang Air Kecil
Pernah merasa sulit untuk buang air kecil meskipun sudah banyak mengonsumsi air putih? Seperti yang Anda tahu, keluarnya air seni memang penting bagi tubuh karena bisa membawa beberapa racun bersamanya. Nah, jika Anda sudah mulai sulit untuk buang air kecil, disarankan agar Anda mengonsumsi buah kurma sebanyak 5 butir setiap harinya.

Menjaga Kesehatan Tulang
Tulang memang menjadi salah satu organ yang sangat penting, karena organ ini memiliki tugas untuk menyangga tubuh. Bisa dibayangkan bukan bagaimana keadaan tubuh jika salah satu tulang bermasalah? Cara paling mudah untuk menjaga tulang Anda ialah dengan memaksimalkan manfaat kurma, karena memang kurma memiliki kemampuan untuk hal tersebut. Mengapa demikian? Karena buah kurma memiliki cukup banyak kandungan kalsium yang memang dibutuhkan bagi kesehatan tulang Anda.

Mengatasi Gangguan Usus
Kurma juga ternyata memiliki kandungan bernama nikotin yang bisa membersihkan organ usus. Hal ini tentu sangat berguna untuk mencegah dan mengatasi gangguan usus yang sering kali disebabkan oleh menumpuknya sisa-sisa makanan kurang sehat yang sulit untuk dicerna.

Membantu Menaikkan Berat Badan
Memiliki tubuh langsing memang sering kali menjadi lifegoals untuk sebagian orang, namun bagaimana jika sudah terlalu kurus? Tidak lagi perlu khawatir, karena ternyata manfaat kurma yang selanjutnya ialah bisa untuk menaikkan berat badan secara sehat. Kalori yang ada di dalam buah kurma memang cukup tinggi, namun tidak akan membuat orang yang mengonsumsinya menjadi terlalu gemuk.

Membantu Mengatasi Anemia
Semakin kesini, semakin banyak orang yang terkena penyakit anemia karena kesibukan mereka yang seakan tiada habisnya. Kabar baiknya, buah kurma juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa membantu Anda mengatasi anemia secara sehat dan alami.

Menambah Stamina
Masih berhubungan dengan urusan pekerjaan dan kelelahan, manfaat kurma selanjutnya ialah untuk menambah stamina. Anda yang memiliki pekerjaan segudang biasanya memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi suplemen atau suntik vitamin demi menjaga stamina. Namun, kini ada cara yang lebih mudah dan murah, yakni hanya dengan rutin mengonsumsi buah kurma saja. Anda bisa mengonsumsinya sebagai snack atau dessert ketika makan siang atau makan malam.

Bisa Mengobati Diare
Diare memang menjadi penyakit atau gangguan kesehatan yang cukup umum bagi masyarakat Indonesia, itulah mengapa biasanya mereka terbiasa membeli obat warung yang terkadang tidak jelas kapan kadaluarsanya. Nah, daripada Anda mengonsumsi obat tersebut, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi buah kurma saja. Hal ini dikarenakan buah kurma memiliki potassium di dalamnya, dimana zat tersebut sangat baik dan ampuh untuk menyembuhkan diare. Selain itu, pada buah kurma juga terdapat serat baik yang bisa memulihkan perut dan organ pencernaan setelah sembuh dari diare.

Baik Untuk Ibu Hamil
Anda yang sedang dalam keadaan hamil juga sebaiknya mengetahui manfaat kurmayang satu ini. Tidak hanya akan membuat kondisi ibu hamil lebih sehat dan fit, kurma juga akan membantu janin yang ada di dalam kandungan sehingga juga bisa lebih sehat.

Menjaga Kesehatan Mata
Nutrisi dan vitamin yang ada di dalam buah kurma juga ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, misalnya untuk mencegah dari masalah mata yang paling umum yakni mata minus. Sebaiknya, Anda mengonsumsi buah ini setiap hari secara teratur dan tidak perlu dalam jumlah yang terlalu banyak.

Bisa Mengobati Radang
Radang sebenarnya efek alami pada tubuh ketika tubuh sedang dalam keadaan yang kurang fit, sehingga bisa dikatakan sebagai gangguan kesehatan yang cukup umum bagi manusia. Namun, tentu keadaan yang satu ini akan sangat mengganggu karena biasanya akan menghalangi aktivitas Anda. Ternyata, buah kurma juga bisa mengobati radang secara alami, sehingga sebelum Anda mencari obat kimia, Anda bisa mencoba mengobatinya dengan mengonsumsi buah kurma terlebih dahulu.

Membantu Mencegah Kanker
Siapa yang tidak merasa takut jika mendengar penyakit yang satu ini? Namun, ternyata manfaat kurma yang terakhir mampu untuk mencegah datangnya penyakit ini. Daripada memiliki risiko yang cukup besar untuk terjangkit kanker, akan lebih baik untuk mencegahnya dengan sering mengonsumsi buah kurma bukan?

Dengan kesebelas manfaat kurma tadi, kini semakin besar alasan Anda untuk lebih sering mengonsumsi buah kurma meski sedang tidak dalam Bulan Ramadhan bukan? Pastikan juga Anda mengonsumsi buah kurma yang keadaannya masih baik ya.