10 Manfaat Lobak Ini Sangat Baik Untuk Kesehatan, Baca Selengkapnya

Lobak adalah jenis sayuran yang bentuknya hampir serupa dengan wortel. Nah, jenis lobak sendiri cukup beragam, ada yang berwarna ungu, merah, dan putih. Untuk lobak putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat tersebut tentunya karena banyaknya nutrisi yang terkandung pada lobak, mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, zat besi, fosfor, asam folic, beta carotene dan masih banyak lagi. Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi lobak secara langsung tanpa diolah, alias masih dalam keadaan mentah. Bisa pula diolah menjadi masakan yang lezat, seperti sup. Lantas, apa saja manfaat lobak bagi kesehatan tubuh? yuk simak jawaban lengkapnya di bawah ini!

Mengobati Jamur

Pertumbuhan jamur yang tak terkendali bisa diatasi dengan lobak. Hal ini karena adanya enzim mirosinase, amylase, esterases, serta diastase yang efektif membunuh jamur. Selain membunuh jamur, lobak juga mampu melenyapkan virus dan zat berbahaya dalam tubuh. secara tidak langsung penyakit yang disebabkan oleh jamur dan virus pun akan terlawan oleh lobak putih.

Menyembuhkan Ambeien

Siapa yang tak terganggu dengan penyakit ambeien? Penyakit yang satu ini memberi rasa ketidaknyamanan bagi penderita, oleh karena itu sembuhkanlah segera dengan lobak. Ya, manfaat lobak selanjutnya adalah menyembuhkan ambeien. Bagi penderita ambeien, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi jus lobak putih 2 kali sehari. Dengan begitu, sistem pencernaan menjadi lancar dan ambeien teratasi.

Menurunkan Berat Badan

Nah, bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan atau diet, konsumsilah lobak. Ya, lobak adalah salah satu sayuran yang sangat dianjurkan dalam program diet. Hal ini karena dengan mengonsumsi lobak maka perut Anda terasa cepat kenyang. Jangan khawatir, meski memberi rasa cepat kenyang, namun lobak sangat rendah kalori dan karbohidrat, jadi program diet Anda tetap berjalan.

Sebagai Penawar Racun

Sebagai penawar racun? Ya, manfaat lobak selanjutnya adalah sebagai penawar racun, terutama bagi yang overdosis obat. Jadi, jika tidak ada kelapa muda yang sebagai penawar racun, Anda bisa menggantinya dengan lobak. Efek yang timbul setelah mengonsumsi lobak adalah memuntahkan obat atau racun yang masuk ke dalam tubuh. Jika sudah dimuntahkan, tentunya tidak akan berdampak buruk pada tubuh manusia.

Mengatasi Batu Ginjal

Batu ginjal bisa disembuhkan sekaligus dicegah dengan mengonsumsi lobak putih. Cara ini cukup simple, namun efeknya memang luar biasa. Agar hasil lebih optimal, konsumsilah lobak putih dalam bentuk jus. Nah, bagi penderita batu ginjal, sangat dianjurkan mengonsumsi jus lobak putih setiap pagi sebelum makan. Tidak perlu banyak-banyak, cukup dengan setengah gelas jus lobak saja maka batu dalam ginjal akan larut melalui air seni.

Melancarkan Buang Air Kecil

Jika Anda mengalami masalah dalam buang air kecil, maka konsumsilah lobak. Lobak putih mengandung banyak cairan, sehingga akan memperbanyak produksi air seni. Tidak ada pula rasa sakit saat buang air kecil akibat peradangan berkat lobak. Nah, dalam hal ini, lobak juga akan membersihkan organ-organ dalam, seperti usus, ginjal, hingga urin.

Menyembuhkan Demam

Manfaat lobak yang paling sederhana adalah menyembuhkan demam. Ya, demam pada usia anak-anak maupun usia dewasa akan reda jika Anda mengonsumsi lobak. Jika demam tersebut dikarenakan peradangan, maka akan lebih cepat reda tentunya. Cara mengonsumsi lobak untuk menurunkan demam sangat simple, yakni dengan dijadikan jus yang ditambahkan sedikit garam. Minumlah setidaknya 2 kali sehari agar demam cepat reda.

Menyembuhkan Jerawat

Selain menyembuhkan berbagai penyakit organ dalam, ternyata lobak putih pun bisa mengatasi jerawat. Hal ini karena terkandung vitamin B kompleks, vitamin C, zinc, dan fosfor di dalam lobak yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Tak hanya menghilangkan jerawat saja, namun kulit wajah Anda pun akan lebih lembab, terbebas dari kulit kering. Untuk mendapat manfaat lobak yang satu ini, Anda bisa mengolahnya menjadi jus lalu diaplikasikan ke wajah sebagai pembersih alami. Gunakanlah kapas untuk mempermudah pengangkatan bakteri dari pori wajah.

Mengatasi Rambut Ketombe

Permasalahan rambut seperti rambut berminyak, mudah rontok, dan ketombe membuat Anda tidak nyaman bukan? Nah, rambut berketombe bisa Anda atasi dengan mudah menggunakan lobak. Produksi minyak pada rambut kepala akan terkontrol dan sebum tidak akan keluar berlebihan. Anda bisa mengolahnya untuk dijadikan masker rambut dengan cara dihaluskan kemudian dicampur dengan sedikit air. Memang baunya kurang sedap, namun dijamin tidak ada lagi permasalahan di rambut, khususnya ketombe.

Banyak sekali bukan manfaat lobak untuk kesehatan tubuh? bahkan selain bisa menyembuhkan berbagai penyakit organ dalam, lobak juga bisa mengatasi permasalahan jerawat dan rambut ketombe, yakni dengan cara menutrisi kulit wajah dan rambut kepala dari luar. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dimakan mentah, dijadikan jus, atau diolah menjadi makanan lezat, misalnya sup. Sangat mudah bukan?